Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Terhubung Di Jaringan Wifi Dengan Wireless Network Watcher


Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Terhubung Di Jaringan Wifi Kamu - Pada artikel hari ini Tips dan Tutorial akan membuat artikel tentang Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Terhubung Di Jaringan Wifi Kamu. Apakah internet Anda bergerak sedikit lebih lambat dari biasanya..?? Apakah Anda melihat petunjuk perangkat yang tidak dikenal di Windows Explorer, atau saat Anda mentransmisikan media ke TV..?? Jika Anda mencurigai tetangga mencuri Wi-Fi Anda, berikut cara memeriksa dan mematikannya.

Sebagai kasus misalnya seperti ini : Jadi, ada yang menonton streaming film dari jaringan internet saya, Anda mungkin berkata. Apa masalahnya..?? Bahkan jika Anda memiliki sedikit bandwidth untuk cadangan, Anda mungkin tidak ingin orang lain memasuki jaringan Anda tanpa ijin terlebih dahulu, terutama jika itu tidak aman. Jika seseorang memiliki akses ke jaringan Anda, maka mereka akan memiliki akses ke semua komputer di jaringan itu, dan itu berbahaya. Mereka dapat mengakses file yang secara tidak sengaja Anda bagikan, mereka dapat menginfeksikan semua perangkat komputer dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet Anda dengan malware, dan dalam situasi tertentu mereka bahkan dapat mencuri kata sandi Anda dan informasi pribadi lainnya.

Sebagai akibatnya, Anda harus berhati-hati untuk memastikan setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Anda adalah jaringan yang dapat Anda percayai. Tapi tenang saja, ada software gratis yang akan membantu Anda melihat semua orang yang terhubung di jaringan Wi-Fi Anda sekarang.

1. Lihat Siapa Saja Yang Berada Di Jaringan Anda


Pengguna Windows dapat mengunduh program portabel gratis yang disebut Wireless Network Watcher, dan pengguna Mac dapat mengunduh program gratis yang ini hanya saja nama programnya Who Is On My WiFi dari Mac App Store. Kedua alat ini akan memberikan daftar setiap perangkat yang saat ini terhubung ke jaringan Anda, sehingga Anda dapat mengidentifikasi perangkat yang Anda miliki.

2. Pengamat Jaringan Nirkabel


Untuk menggunakan Wireless Network Watcher, jalankan saja programnya, dan akan segera mulai memindai jaringan Anda. Ini akan memakan waktu satu atau dua menit, Anda akan tahu itu berfungsi jika sudut kiri bawah berbunyi, Setelah selesai, pesan itu akan hilang, dan Anda akan disajikan dengan daftar lengkap perangkat yang terhubung.

3. Temukan Pengguna


Daftar hasil mungkin terlihat sedikit samar, terutama jika Anda tidak sangat memahami teknologi, tetapi jangan khawatir. Anda dapat mengabaikan alamat IP dan daftar alamat MAC untuk saat ini. Jika Anda menggunakan Wireless Network Watcher, cukup fokus pada kolom Device Name dan Network Adapter Company.

Jika Device Name dan Network Adapternya tidak Anda kenali, Anda dapat mengklik dua kali pada perangkat yang tidak Anda kenali untuk menambahkan (Teks Pengguna) yang membantu Anda mengidentifikasi setiap perangkat, yang akan membantu Anda mempersempit semua item dalam daftar ini.

4. Siapa Saja Yang Terhubung Di WiFi Saya


Untuk menggunakan Who's On My WiFi, jalankan program dan pilih "Yes, set up continuous automatic scanning" dari jendela program Who's On My WiFi. Klik Lanjutkan di jendela berikutnya, dan aplikasi akan mulai memindai jaringan Anda untuk perangkat. Anda akan melihat pesan "Scanning" di sudut kanan atas saat berfungsi, jadi berikan waktu satu menit untuk melakukan hal tersebut.

5. Temukan Pengguna


Jika Anda menggunakan Who Is On My WiFi, kolom "Description" dan nama "Manufacturer" yang muncul di panel kanan saat Anda mengeklik item adalah yang Anda butuhkan. Kedua nilai ini akan memberi tahu Anda apa yang dimaksud dengan masing-masing perangkat.

Di Who Is On My WiFi, Anda tidak dapat memberikan nama khusus, tetapi Anda dapat memberikan label seperti "Desktop" atau "Tablet" dan menandainya sebagai "Known". Telusuri semua daftar dan tandai semua device yang Anda kenal.

6. Dapatkan Opini Kedua


Jika Anda beruntung, Anda akan dapat mengenali semua item di daftar tersebut, tetapi mungkin ada beberapa yang tidak memiliki cukup informasi. Setelah melalui daftar saya, misalnya, saya ditinggalkan dengan beberapa perangkat yang tidak mencantumkan nama dan produsen. Namun, saya bisa mendapatkan sedikit lebih banyak informasi dari antarmuka web router saya.

Buka halaman manajemen router Anda dengan mengetikkan alamat IP-nya di address bar browser Anda. Sesampai di sana, cari opsi yang terdengar seperti "Attached Devices" atau "Client List" Ini akan memberi Anda daftar serupa dengan Wireless Network Watcher, tetapi informasinya mungkin sedikit berbeda. Setelah referensi silang perangkat yang tidak dikenal di antara keduanya, saya menemukan salah satunya tercantum sebagai "AzureWave Technology, Inc" di antarmuka router saya, tetapi bukan Wireless Network Watcher. Sedikit Googling mengungkapkan bahwa ini adalah sistem penyiram Rachio saya, jadi saya bisa menandai itu dan melanjutkan.

7. Menghilangkan Alternatif


Jika Anda melihat perangkat lain yang tidak berlabel dalam daftar, periksa di sekitar rumah Anda untuk setiap gadget yang terhubung ke internet yang mungkin Anda lewatkan. Saya menyadari bahwa Amazon Echo saya tidak terdaftar, jadi setelah memeriksa aplikasi Alexa di ponsel saya, saya dapat mencocokkan alamat MAC-nya dengan salah satu item yang tidak berlabel di Wireless Network Watcher.

Jika semua berjalan dengan baik, Anda harus dapat mengidentifikasi setiap perangkat di jaringan Anda. Jika ada yang tersisa, dan Anda telah menyisir rumah Anda mencari perangkat lain yang terhubung ke internet dan tidak menemukan apa pun, ada kemungkinan seseorang di sekitar Anda mungkin menggunakan Wi-Fi Anda.

8. Menjaga Keamanan Jaringan Anda

Bahkan jika Anda menemukan bahwa tetangga mencuri Wi-Fi Anda, Anda tidak perlu memburu mereka dan memulai keributan, Anda hanya dapat memulai dengan perubahan dalam keamanan router. Kembali ke antarmuka web router dan temukan opsi untuk mengubah kata sandi Anda (biasanya di bawah bagian "Nirkabel" di suatu tempat). Jika Anda tidak memiliki kata sandi, Anda benar-benar harus mulai menggunakannya, dan itu harus kuat. Tanpa kata sandi, informasi pribadi Anda untuk diperebutkan oleh semua orang. Pilih WPA2 untuk jenis kata sandi, karena jauh lebih sulit untuk dipecahkan daripada WEP yang sudah ketinggalan zaman.

Jika WPS dihidupkan, Anda harus mematikannya, karena fitur ini mempermudah orang untuk memecahkan kata sandi Wi-Fi Anda. (Jika Anda ingin membiarkan tamu di Wi-Fi Anda tanpa memberi mereka akses ke perangkat dan informasi Anda, Anda selalu dapat mengaktifkan jaringan tamu router Anda.)

Jika Anda sudah memiliki kata sandi, mungkin itu lemah dan mudah ditebak tetangga Anda, mengubahnya menjadi sesuatu yang baru seharusnya cukup untuk mengusirnya. Tentu saja, Anda juga harus mengautentikasi ulang semua perangkat Anda, tetapi Anda harus bisa sedikit lebih tenang mengetahui bahwa semua perangkat di jaringan Anda adalah milik Anda.

0 Komentar