Begini Desain Konsep Ibu Kota Baru Republik Indonesia


Bapak Presiden Jokowi sudah mengambil keputusan bahwa ibu kota Republik Indonesia yang baru akan dibangun dipulau Kalimantan. Realisasinya masih menunggu keputusan dengan pengambil kebijakan yang lain. Namum perpindahan ibu kota diyakini akan terjadi dalam waktu dekat. Setidaknya masih di era pemerintahan Bapak Presiden Jokowi periode kedua.

Hal ini semakin dikuatkan dengan beredarnya desain tata kota ibukota Republik Indonesia yang baru seperti yang telah diungkapkan oleh CNBC Indonesia. Meskipun masih belum diumumkan lokasi detailnya, namun lokasinya telah diprediksi di Kalimantan Timur.

Ibu kota baru ini nantinya akan jadi identitas bangsa. Konsep rancangan kota diambil dari perisai Pancasila.


Sebuah bahan paparan berjudul “Gagasan Rencana dan Kriteria Desai Ibu Kota Negara (IKN)” telah beredar. Dokumen tersebut berisi desain dari Ibu Kota Negara yang baru dan berlogo resmi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam konsep gagasan desain ibu kota tersebut, pembangunan ibu kota baru disesuaikan dengan identitas bangsa yakni Pancasila. Unsur Perisai di Pancasila dengan 5 sila jadi pusat kota yang membagi kota menjadi 5 simpang. Di bagian pusatnya terdapat Monumen Pancasila, hampir mirip dengan Monumen Nasional namun dengan dasar bintang segilima.


Ibu Kota Negara menjadi kota yang Compact, mengandalkan tekonologi informasi dan komunikasi untuk mencapai tujuan SGs.


Konsep kota yang dibangun adalah kota modern yang compact dan inklusif. Tata ruang sangat berorientasi dengan lingkungan dan sosial masyarakat. Tak lupa infrastruktur kota juga saling terintegrasi dengan transportasi publik. Kota juga dibangun dengan koneksi teknologi informasi. Ibu kota yang baru ini juga akan mengedepankan arsitektur yang sesuai dengan kearifan lokal dan arsitektur modern yang dibangun dengan material ramah lingkungan.

Kota ini diharapkan mampu menyeimbangkan aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan. Harapannya juga kota ini bisa jadi contoh dan acuan kota-kota di Indonesia pada umumnya. Ibu kota baru akan jadi kota cerdas dan berstandar Internasional.

Sebagai sentral ada Monumen Pancasila, lalu di bagian bawah (Selatan) akan dibangun Istana Presiden. Tak lupa danau buatan pun akan dibangun di kota ini.


Kalimantan yang dominan ruang terbuka hijau pun akan tetap dilestarikan dengan konsep Integrasi Ruang Hijau (Pepohonan) dan biru (Air). Kota ini nanti akan didominasi ruang terbuka hijau sekaligus beberapa danau sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan tersebut. Monumen Pancasila akan dibangun sebagai sentral kota, di mana lokasinya satu garis lurus dengan Istana Presiden.

Lalu dibagian sebelah kiri akan dibangun Perumahan Menteri yang bersanding dengan TNI dan POLRI. Belum diketahui kawasan yang diperuntukkan untuk pegawai pemerintah ataupun masyarakat umum.

# Begini Desain Konsep Ibu Kota Baru Republik Indonesia

About Tips dan Tutorial

Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, silahkan berkomentar yang baik dan relevan sesuai isi topik postingan yang di atas..

0 komentar:

Posting Komentar