4 Hewan Yang Memiliki Julukan Hewan Vampir


Bila bicara mengenai vampir dan drakula yang terlintas adalah makhluk mistis yang konon suka menghisap darah manusia. Namun nyatanya vampir tidak nyata hanya sebuah cerita rakyat saja. Tapi beberapa hewan di dunia mendapat sebutan vampir karena punya ciri-ciri yang mirip vampir.

Adapun hewan yang paling terkenal tentu adalah kelelawar vampir yang memang memiliki kebiasaan menghisap darah hewan. Namun ternyata tak semua hewan yang mendapat julukan vampir adalah penghisap darah. Inilah beberapa contoh hewan tersebut.

1. Cumi-Cumi Vampir


Cumi-cumi adalah hewan laut yang termasuk dalam kelas sepalopoda cumi-cumi merupakan hewan yang unik karena memiliki kaki dikepalanya atau yang sering kita sebut dengan tentakel. Tapi ada yang berbeda dari cumi-cumi yang satu ini dari jenis cumi-cumi yang sering kita lihat. Yaitu cumi-cumi vampir yang memiliki nama ilmiah Vampyroteuthis Infernalis, yang bisa di artikan sebagai cumi-cumi vampir dari neraka, kenapa cumi-cumi ini disebut seperti itu..??

Karena hewan ini hidup di kedalaman laut hingga 600 - 900 meter di bawah permukaan laut, nah wilayah perairan ini sangat dalam dengan kadar oksigen yang sedikit selain itu disana juga sangat gelap dan dingin. Penampilan cumi-cumi ini memang unik dan mungkin agak menyeramkan, namun sebenarnya mereka disebut vampir bukan karena menghisap darah.

Umur panjangnya lah yang membuat cumi-cumi ini mendapat sebutan cumi-cumi vampir itu karena vampir konon bisa hidup untuk waktu yang sangat lama, jika kebanyakan cumi-cumi atau gurita hanya hidup sampai 2 tahun sedangkan cumi-cumi vampir bisa hidup hingga lebih dari 8 tahun. Itu karena cumi-cumi ini bergerak sangat lambat sehingga bisa menghemat banyak energi.

2. Semut Drakula


Semut drakula memang terdengar seperti semut yang gemar menghisap darah dan mungkin bisa berubah menjadi kelelawar, Mendapat sebutan semut drakula bukan tanpa alasan mereka memang suka menghisap darah dari larvanya sendiri. Tidak hanya di juluki sebagai semut drakula ternyata ilmuan yang melakukan penelitian terhadap semut drakula justru menemukan kelebihan hal yang lainnya.

Semut drakula mempunyai struktur bentuk rahang yang mirip dengan gigi drakula, semut langka ini mempunyai kecepatan gerak yang luar biasa bukan gerakan kaki yang dimaksud namun gerakan rahang mereka yang membuat ilmuan takjub. Semut drakula dikenal sebagai Mystrium Camillae dapat mematahkan rahangnya 5.000 kali lebih cepat dari kedipan mata manusia pada 320 km/jam.

Gerakan itu yang menjadikannya sebagai gerakan hewan tercepat di planet ini, mereka dapat ditemukan di Australia, Afrika tropis, dan Asia Tenggara. Para peneliti mengatakan makhluk penghisap darah yang kecil ini mampu menjalankan rahang bawahnya dengan menekan ujungnya bersama-sama, lalu menggerakan dengan tekanan internal yang terlepas ketika satu capitan melintas dan kemudian satu capitan lainnya mirip dengan capitan jari manusia.

3. Kepiting Vampir


Hewan yang satu ini pun diberi nama vampir, hewan ini adalah kepiting bermata kuning bernama Geosesarma Dennerle dan Geosesarma Hagen. Kepiting vampir ini pertama kali ditemukan di area tepian sungai di pulau Jawa, Indonesia. Antena ini mempunya fungsi yang vital mereka menggunakannya sebagai alat komunikasi kepada kepiting lain.

Ini merupakan suatu tahapan evolusi yang menarik bahkan ketika kita menemukannya didaerah lain mereka mempunyai warna yang berbeda pula.

4. Rusa Vampir


Hewan unik ini juga dikenal sebagai rusa vampir yang biasa disebut Kashmir musk deer (Moschus cupreus) namun meraka tidak akan bersembunyi didalam bayangan untuk mencari mangsa dimalam yang gelap, sama seperti rusa lainnya mereka adalah herbivora. Ia bertaring namun bukan pemakan daging lain halnya dengan hewan-hewan lain yang melindungi diri dari serangan pemangsa menggunakan tanduk, gading, atau tempurung. Namun tidak dengan rusa air yang memiliki taring untuk melindungi diri dari hewan lainnya.

About Tips dan Tutorial

Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, silahkan berkomentar yang baik dan relevan sesuai isi topik postingan yang di atas..

0 komentar:

Posting Komentar