5 Kuliner Meleleh Yang Dapat Menggoda Iman Dan Takwa


Wisata kuliner menjadi kegiatan favorit hampir seluruh lapisan masyarakat mencoba berbagai jenis makanan mulai dari makanan asin, pedas, hingga manis selalu bisa memanjakan lidah. Berbagai jenis olahan kulinerpun semakin hari semakin berkembang salah satunya berbagai jenis kuliner meleleh, melihatnya saja sudah sukses membuat perut kamu mendadak lapar.

Mau tau menu makanan meleleh apa saja, siap-siap iman dan takwa kamu tergoda yaa.

1. Nasi Goreng Mozzarella


Kalau tiba-tiba tengah malam terasa lapar para penjual nasi goreng dapat menjadi juru selamat perut, salah satu menu favorit orang Indonesia ini punya aneka jenis ada Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Ayam, dan sekarang yang lagi hits Nasi Goreng Mozzarella.

Jenis keju Mozzarella selalu bikin sukses tampilan makanan menjadi menggiurkan dan semakin lezat. Ngomong-ngomong soal Nasi Goreng di Indonesia, Nasi Goreng juga ada di beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Singapore, Jepang, bahkan Korea Selatan.

Meskipun dengan bumbu dan penyajian yang beragam bahan utamanya yaa sama-sama nasi. Jadi salah satu menu andalan Nasi Goreng sudah ada ribuan tahun lalu yaitu sekitar tahun 4000 sebelum masehi, makanan ini bukan berasal dari Indonesia melainkan makanan tradisional masyarakat Tionghoa.

Ide memasak Nasi Goreng dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan dingin, mereka mencoba memasak kembali nasi dingin dan menambahkan bumbu-bumbu agar rasanya lebih enak. Tak disangka Nasi Goreng sangat digemari karena kelezatan rasanya resep masakan Nasi Gorengpun tersebar.

Dengan adanya ide membuat Nasi Goreng ini nasi yang sudah dingin bisa diolah kembali dengan baik dan pemborosan beras saat itu sudah ada solusinya.

2. Burger Dengan Keju Meleleh


Liat keju lumer diatas Burger dijamin sukses bikin perut mendadak kroncongan, penggunaan keju dalam penyajian Burger selalu berhasil menambah cita rasa gurih dan memuaskan. Kejunya pun kian beragam terbaru ada cheese Burger disiram dengan cheese fondue. Fondue bukan hanya cokelat ada juga berupa keju leleh gurih dan dicelup keaneka makanan sehingga menjadi satu sajian yang sangat menggiurkan.

Istilah Fondue sendiri berasal dari bahasa Prancis berarti cair atau leleh maka dari itu Fondue biasa ditempatkan didalam wadah atau pot yang diberi pemanas lilin atau api dibagian bawah wadah. Gurihnya cita rasa Cheese Fondue membuat restoran burger di Australia membuat menu unik yaitu Double Cheese Burger disiram Cheese Fondue.

Kalau dilihat bentuknya terlihat aga berbeda dengan Cheese Burger pada umumnya satu kentang goreng tebal biasa tersaji disi Burger sengaja dimasukan kedalam roti sebelumnya dilubangi terlebih dahulu dibagian tengah roti. Setengah bagian kentang goreng sengaja dibiarkan mengembul dibagian atas roti Burger sehingga bentuknya tampak seperti sebuah mahkota Burger, kemudian disiram dengan Cheese Fondue tepat dibagian tengah Cheese Burger.

Berbicara mengenai Burger ternyata makanan dari Amerika hampir populer diseluruh belahan dunia ini punya beberapa fakta unik loh, siapa sangka setelah perang dunia usai ternyata Pemerintah Amerika mengganti nama Hamburger.

3. Piscok Lumer


Keju Mozzarella makanan manis juga punya lelehan yang begitu menggoda iman, buat kamu yang hobi jajan pasti pernah mencicipi nikmatnya pisang dengan lelehan Cokelat seperti ini berinovasi yang membuat rasanya semakin enak. Jika Piscok awalnya menggunakan cokelat dalam bentuk meses beberapa tahun belakangan Piscok mulai menggunakan selai cokelat.

Begitu kamu mulai memakan Piscoknya siap-siap merasakan sensai lelehan cokelatnya yang luar biasa enaknya untuk kamu.

4. Klepon Lumer


Makanan yang sudah ada puluhan tahun silam kudapan makanan tradisional, kue unik yang berbentuk bulat ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yang kemudian menjadi istimewa. Hijaunya warna Klepon melambangkan kesejahterahan dan kesuburan seperti halnya masyarakat indonesia yang digambarkan sebagai rakyat sejahtera menempati tanah-tanah subur ditumbuhi pepohonan hijau.

Dikenal dengan nama Klepon akan tetapi dibeberapa daerah seperti di Sumatera Barat mengenal kue basah ini dengan sebutan onde-onde, padahal nama onde-onde ini merupakan jenis lain dari jajanan tradisional khas Indonesia juga. Meski sama-sama berbentuk bulat dan memiliki isian Klepon dan Onde-Onde nyatanya dua jenis kue yang berbeda.

Kalau Klepon terbuat dari tepung ketan berwarna hijau dengan taburan kelapa parut plus isian gula meleleh ketika digigit.

5. Kue Balok Choco Lava


Bicara soal kudapan cokelat lumer nan menggiurkan Choco Lava sudah paling hits dan sekarang Choco Lava punya cokelat lumer, jika Choco Lava berasal dari Amerika dan bermula akibat pembuatan kue yang gagal saingannya merupakan inovasi dari kue tradisonal dari Jawa Barat.

Jika biasanya kue balok terlihat berwarna kuning gading kini ada varian baru punya kelembutan mirip dengan kue pukis sekarang ada kue balok Lumer. Kalau kuenya dibelah dua cokelatnya langsung lumer keluar, kue balok lumer sempat viral beberapa waktu lalu harga makanan ini juga sangat terjangkau dengan harga 10 ribu rupiah kamu bisa mendapatkan 4 potong Kue Balok.

Makan 1 buah Kue Balok dapat membuat kamu kenyang sebab Kue Balok mengandung banyak kalori yang membuat terasa padat saat dikunyah, Kue Balok mendapat julukan Jibeuh yang berarti Hiji Oge Sebeuh berarti Satu Pun Kenyang. Meski Kue Balok cokelat lumer baru muncul di tahun 2009 Kue Balok itu sendiri sudah berusia puluhan tahun bahkan sudah ada sejak masa Kolonial Belanda.

Saat itu seorang juru masak dari Indonesia bekerja pada orang Belanda untuk membuat ransum, ia membuat sebuah kue padat, tahan lama, dan mengenyangkan. Di Bandung kue ini mulai banyak dikenal dengan nama Kue Balok sekitar tahun 1950, waktu itu Kue Balok menjadi menu sarapan pavorit pedagang dan tukang becak.

0 Komentar