Spesies Paus Terunik..!!! Inilah Deretan 5 Spesies Paus Terunik Yang Belum Banyak Diketahui


Disini kami memiliki informasi Spesies Paus Terunik dari yang memiliki sebutan Paus Bungkuk hingga yang bertanduk, dunia bawah laut hingga kini masih menyimpan beragam rahasia mengenai kehidupan dan para penghuninya bahkan sebagian besar kawasan laut masih belum tersentuh sama sekali oleh manusia.

Diantara jutaan jenis penghuni laut paus adalah salah satu hewan yang paling menarik untuk dipelajari, selain ukuran yang luar biasa besar mereka juga punya sejumlah keunikan. Diantaranya memiliki keunikan yang akan membuatmu kagum beberapa contohnya seperti Spesies Paus berikut ini.

1. Paus Sperma


Paus Sperma dengan nama latin Physeter Macrocephalus merupakan besar dalam kelompok bergigi sekaligus merupakan hewan bergigi didunia. Paus Sperma mempunyai 20 - 26 pasang gigi kerucut pada rahang bawah mereka, setiap gigi bisa mempunyai berat sampai 1 KG. Paus Sperma dinamakan demikian karena bawah putih susu spermaseti yang terdapat pada bagian kepala Paus Sperma.

Kepala Paus Sperma yang besar menjadi ciri khas spesies ini terutama pada jantan kepala Paus Sperma bisa mencapai 1/3 panjang badannya. Nama spesies Macrocephalus diambil dari bahasa Yunani yang berarti kepala besar, kulit punggung Paus Sperma berkerut dan berbeda dengan kulit halus pada kebanyakan paus besar lain.

Paus Sperma memiliki ukuran yang sama antara jantan dan betina saat lahir, Paus Sperma mengalami demorfisme saat dewasa dengan jantan dewasa berukuran hingga 20,5 menter dan beratnya mencapai 57 kg atau 30% hingga 50% lebih panjang dan 3x lebih besar dari betina.

Paus Sperma dapat hidup 70 tahun atau lebih, Paus Sperma termasuk spesies yang kosmopolitan dilaut terbuka. Paus Sperma dapat ditemukan dihampir parairan laut dengan kedalaman lebih dari 1.000 meter yang tidak tertutup es kecuali dilaut hitam dan mungkin laut merah.

2. Paus Narwhal


Paus Narwhal Sea Unicorn laut dengan nama latin Monodon Monoceros ini tinggal diperairan artik atau kutub utara, tanduk pada Paus Narwhal ini disebut para ilmuan sebagai gading. Gading tersebut tidak tumbuh keluar dari dahinya melainkan dari mulutnya, gading Paus Narwhal ini memang bukan tanduk melainkan gigi depannya.

Paus Narwhal memiliki bentuk tubuh seperti mamalia laut lainnya, ia bertubuh besar panjang Paus Narwhal bisa mencapai 3,9 - 4,5 meter, sementara berat tubuhnya mencapai 907 - 1587 kg mereka juga berenang dalam kawanan besar yang disebut dengan pot.

Gadingnya yang berbentuk spiral ini biasanya hanya dimiliki Paus Narwhal jantan, namun kadang-kadang ada juga Paus Narwhal betina yang punya gading. Gadingnya itu bisa tumbuh sangat panjang dengan panjang 3 meter dan berat 10 kg, namun gadingnya ini sangat unik karena memiliki tekstur dan tidak melengkung seperti Gajah.

Tanduk spiral Narwhal yang misterius ternyata berfungsi sebagai sensor raksasa yang membantunya mengetahui kualitas air dan untuk mencium Narwhal lainnya. Jika tanduk Narwhal patah ia tidak bisa menumbuhkan tanduk baru dan lapisan dentin yang keras akan tumbuh menutupi bagian tanduk yang patah.

3. Paus Bungkuk


Paus Bungkuk tidak benar-benar bertubuh bungkuk mereka mendapatkan nama itu dari kebiasaannya melengkungkan badan saat melompat keluar dari air. Itulah salah satu keunikan dari Paus Bungkuk karena sangat aktif berakrobat di permukaan air tidak seperti jenis paus lain, selain itu Paus Bungkuk juga unik karena memiliki ukuran sirip yang sangat besar.

Nama ilmiah mereka yaitu Megaptera Novaeangliae berarti si sayap besar dari New England, nama itu diberikan karena ukuran siripnya itu. Seperti paus biru, paus bungkuk juga memakan hewan-hewan kecil seprti kril dan plankton.

4. Paus Beluga


Paus Beluga merupakan spesies dari keluarga monodontidai dan masih 1 family dengan Paus Narwhal yang memiliki tanduk, paus putih yang banyak ditemukan didaerah kutub utara, memiliki panjang 5 meter dan kepala berbentuk melon. Bulatan ini merupakan organ berlemak yang membantu proses ekolokasi yakni proses dimana hewan menggunakan gema sebagai panggilan untuk menemukan dan mengidentifikasi objek.

Selain dikenal dengan nama Beluga spesies ini juga sering dijuluki sebagai kenari laut atau burung kenari dari lautan, ini karena mereka bisa mengeluarkan lengkingan bersuara tinggi suara mirip decakan mirip pluit sampai suara mengempit. Menariknya Paus Beluga juga seperti manusia yang berbicara menggunakan pita suara, mamalia laut ini sama sekali tidak memiliki pita suara seperti kita.

Beluga memiliki warna dominan putih dan menjadi ciri khasnya dibanding paus lain namun warna ini memiliki fungsi yang penting yaitu untuk membaur dengan lingkungan sekitar. Saat Beluga berenang dilapisan es kutub warna tersebut bertindak sebagai bentuk kamuflase inilah yang membuat mereka terhindar dari pemangsa seperti Beruang Kutub atau Paus Orca. Saat lahir bayi Beluga tidak berwarna putih melainkan abu-abu.

5. Paus Orca


Salah satu mamalia laut yang mudah kita kenali adalah Paus Orca atau Orcinus Orca. Paus Orca memiliki warna yang sangat khas yaitu hitam dan putih ukurannya pun sangat besar. Paus Orca dikenal juga sebagai paus pembunuh, paus pembunuh diketahui memiliki kecerdasan yang tinggi itulah mengapa mereka mampu mengalahkan hiu yang hanya bertarung menggunakan insting.

Paus pembunuh merupakan Karnivora mereka makan ikan termasuk hiu putih, cumi, kepiting, lobster, anjing laut, singa lau, hingga paus termasuk paus sperma bayi, paus biru bayi.

About Tips dan Tutorial

Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, silahkan berkomentar yang baik dan relevan sesuai isi topik postingan yang di atas..

0 komentar:

Posting Komentar