Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK Lewat Voting Komisi III DPR

Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK Lewat Voting Komisi III DPR

Irjen Pol Firli Bahuri terpilih menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023, Firli yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Selatan terpilih bersama 4 calon pimpinan KPK lainnya melalui pemungutan suara di Komisi III DPR RI Jumat dini hari tadi.

Melalui mekanisme pemungutan suara anggota Ketua Komisi III DPR telah resmi memilih 5 pimpinan KPK periode 2019-2023, dalam rapat yang digelar pada kamis malam hingga jumat dini hari 56 anggota Komisi III melingkari 5 dari 10 nama calon pimpinan KPK yang diajukan Presiden.

Hasilnya 5 nama memperoleh total suara tertinggi yaitu Irjen Pol Firli Bahuri 56 suara, Alexander Marwata 53 suara, Nurul Ghufron 51 suara, Nawawi Pomolango 50 suara, dan Lili Pintauli Siregar 44 suara.

Selanjutnya Komisi III akan mengirimkan surat kepada Ketua DPR untuk mengagendakan Paripurna penetapan pimpinan baru KPK, sebelum diserahkan kembali pada Presiden untuk dilantik. Irjen Pol Firli Bahuri adalah mantan Deputi penindakan KPK yang saat ini sedang menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Firli juga pernah mengemban sejumlah jabatan penting salah satunya sebagai ajudan Wakil Presiden Budiyono.

Alexander Marwata adalah pimpinan KPK pertama yang telah terpilih untuk dua periode beruntun, mantan Hakim Ad Hoc Pengadilan Tipikor Jakarta ini tercatat memiliki harta kekayaan hampir 4 Miliyar Rupiah. Lili Pintauli Siregar melanjutkan keberadaan perempuan dalam jajaran pimpinan KPK wanita kelahiran Tanjung Pandan Sumatera Selatan ini juga pernah menjabat sebagai Komisioner LPSK selama dua periode beruntun. dan hakim yang menjabat Wakil Ketua KPK yang baru adalah Nawawi Pomolango, Nawawi pernah memvonis 8 tahun penjara kepada Mantan Hakim MK dan menghukum Ketua DPD 4,5 tahun penjara dalam kasus suap.

Nurul Ghufron saat ini masih menjabat Dekan Fakultas Universitas Jember yang pernah menulis karya ilmiah dengan Pidana Korupsi, total harta kekayaan berdasarkan LKHPN adalah 1,8 Miliyar Rupiah.

0 Komentar