Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP Recovery

Untuk melakukan Root Samsung J7 2017 sebenarnya sangatlah mudah untuk dikerjakan. Hanya saja membutuhkan ketelitian dan kejelian Anda dan cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer maupun tanpa komputer. Untuk melakukan root dengan menggunakan komputer, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstal TWRP terlebih dahulu. Dan jika Anda ingin melakukan root tanpa harus menggunakan komputer, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti KingRoot atau FramaRoot.

Untuk melakukan root pada ponsel Android, Anda harus mengetahui resiko kemungkinan terburuknya. Jika Anda masih belum yakin untuk melakukan root, kami sarankan batalkan saja niat Anda untuk melakukan proses rooting ini. Namun jika Anda sudah merasa yakin, Anda dapat melanjutkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Untuk melakukan Root dan Install TWRP, Anda harus menggunakan komputer dan cara ini dapat diterapkan pada semua tipe ponsel Samsung. Dalam langkah ini, kami akan menggunakan tools Odin versi terbaru. Namun jika Anda mengalami kegagalan selama proses berlangsung, kami sarankan Anda menggunakan versi Odin yang lain, dikarenakan tidak semua ponsel Samsung cocok dengan menggunakan satu versi Odin saja.

Note: Jika Anda masih mengalami kegagalan selama proses instalasi TWRP, ada kemungkinan file TWRP yang Anda gunakan tidak cocok dengan seri Samsung J7 milik Anda.

Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP Recovery

Untuk melakukan Root Samsung J7 2017 Tanpa PC hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstal Custom Recovery TWRP terlebih dahulu. Tanpa menggunakan TWRP Anda tidak dapat melakukan Root Samsung J7 2017.

1. Install Custom Recovery TWRP

Untuk menginstal TWRP dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Odin, dan Anda harus men-download terlebih dahulu semua file-file yang dibutuhkan untuk melakukannya.

  1. Samsung USB Driver
  2. Odin3_v3.12.3
  3. TWRP_3.2.1_1_SM-J730GM_16318
  4. SuperSU-v2.82.zip

2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

Untuk mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Selanjutnya cari About Device.
  3. Selanjutnya pilih Software Info.
  4. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number.
  5. Jika sudah, lalu kembali ke dalam menu Pengaturan.
  6. Lalu cari Developer Option.
  7. Selanjutnya tinggal aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.

3. Masuk ke Mode Download

Untuk dapat masuk ke dalam Mode Download, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. Matikan ponsel sampai kedalam keadaan mati, jika sudah lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power + Home sacara bersamaan.

Jika ponsel sudah sudah menyala, lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke dalam Mode Download. Setelah Anda melihat gambar robot Android, maka Anda sudah berhasil memasuki Mode Download.

4. Buka Odin

Setelah ponsel sudah berhasil masuk ke dalam Mode Download, lalu buka aplikasi Odin yang tadi sudah Anda download di komputer. Selanjutnya sambungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.

5. Sambungkan Ponsel ke Komputer

Setelah ponsel sudah terhubung di komputer, lalu buka aplikasi Odin dan tunggu sampai Odin telah berhasil mendeteksi ponsel. Jika ponsel sudah terhubung dengan Odin, maka Anda akan melihat tulisan ID:COM. Jika Anda tidak melihat tulisan tersebut, maka instal Samsung USB Driver terlebih dahulu di komputer Anda.

Jika ponsel sudah terhubung dengan Odin, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik pada bagian AP lalu cari file TWRP yang tadi sudah Anda download.
  2. Jika sudah lalu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP via Odin.
  3. Setelah prosesnya sudah selesai, maka Anda akan melihat tulisan PASS yang berwana hijau. Lalu reboot ponsel Anda kedalam Mode TWRP.

Sampai disini Anda telah berhasil menginstal Custom Recovery TWRP di Samsung J7 2017. Selanjutnya Anda tinggal melakukan langkah rooting.

6. Pemasangan SuperSU dan Root

Setelah Anda telah berhasil menginstal TWRP, selanjutnya boot ponsel Anda ke Mode Recovery untuk melakukan langkah rooting. Untuk dapat masuk ke Mode Recovery, pertama matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power + Home sacara bersamaan.

Setelah Anda berhasil boot ponsel ke dalam Mode Recovery, selanjutnya Anda tinggal melakukan pemasangan SuperSU untuk melakukan Root Samsung J7 2017. Untuk melakukannya Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pindahkan file SuperSU.zip yang tadi sudah Anda download ke dalam penyimpan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih menu Install yang terdapat di Menu Utama TWRP.
  3. Lalu cari file Flashable-SuperSU-v2.82.zip yang ada di dalam penyimpanan ponsel Anda.
  4. Jika sudah lalu Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangan TWRP dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  5. Setelah prosesnya selesai, lalu kembali ke Menu Utama TWRP dan pilih Wipe.
  6. Selanjutnya pilih Wipe Dalvik/Cache dan Swipe.
  7. Jika sudah, lalu Reboot ponsel Anda dengan memilih Reboot to system.
  8. Setelah melakukan reboot, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai ponsel benar-benar masuk kedalam system.
  9. Selesai.

Nah, dengan begitu Anda telah selesai melakukan Root Samsung J7 2017. Maka di ponsel Anda sekarang terdapat aplikasi SuperSu, itu menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root dengan menggunakan SuperSU.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar