Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP 100% Work

Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP 100% Work

Root Samsung J7, Root Samsung J7 Via TWRP, Root Samsung J7 2017, Root Samsung J7 2017 Via TWRP, Root Samsung J7 2017 Via Odin.

Untuk melakukan Root Samsung Galaxy J7 2017 sebenarnya sangatlah mudah untuk dikerjakan, hanya saja membutuhkan ketelitian dan kejelian Anda dan cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer ataupun tanpa komputer. Untuk melakukan root menggunakan komputer sebelumnya hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal TWRP terlebih dahulu ataupun bisa melaui odin dan untuk meroot tanpa menggunakan komputer bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi tambahan seperti KingRoot, FramaRoot, atau aplikasi sejenis lainnya.

Sebelum Anda melakukan Root untuk Smartphone Android, Anda harus siap mengetahui segala kemungkinan terburuknya. Jika Anda masih ragu-ragu untuk Root Samsung Galaxy J7 lebih disarankan urungkan saja niat Anda atau Anda bisa meminta jasa konter untuk mengerjakannya agar resiko terburuk dapat ditanggung oleh pihak konter, namun jika Anda sudah merasa yakin bahwa cara ini akan berhasil Anda bisa langsung meyimak penjelasannya dibawah ini tentang Cara Root Samsung Galaxy J7 2017.

Untuk root dan pemasangan TWRP harus dengan menggunakan komputer dan bisa dilakukan untuk semua merek HP Android Samsung hanya Anda harus menggunakan aplikasi odin untuk menjalankannya, lebih disarankan lebih baik menggunakan odin versi terbaru namun jika ternyata mengalami kegagalan coba menggunakan versi odin dibawahnya. Karena tidak semua odin cocok dengan semua tipe android samsung.

Namun jika tetap mengalami kegagalan dalam pemasangan TWRP ada kemungkinan file TWRP tersebut tidak cocok dengan seri Samsung J7 nya.


Root Samsung Galaxy J7 2017


1. Instal TWRP terlebih dahulu


Untuk menginstal TWRP atau Custom Recovery bisa dilakukan menggunakan odin, sebelum menginstal TWRP Anda harus terlebih dahulu mendownload semua file-file yang dibutuhkan.



2. Aktifkan OEM Lock dan USB Debbuging

Untuk mengaktifkan kedua langkah ini hal yang harus Anda lakukan adalah:


  1. Buka pengaturan.
  2. Selanjutnya geser kebawah dan cari tulisan About Device / Tentang Perangkat.
  3. Klik pada bagian Software Info / Info Perangkat Lunak.
  4. Selanjutnya ketuk pada bagian Build Number / Nomer Versi sebanyak 5 kali atau 7 kali ketukan.
  5. Selanjutnya kembali pada bagian pengaturan.
  6. Lalu geser ke bawah dan cari tulisan Developer Option / Opsi Pengembang.
  7. Selanjutnya tinggal aktifkan OEM Unlock dan USB Debbugingnya.

3. Matikan smartphone hingga dalam keadaan mati / off

Matikan smartphone samsung Anda hingga kedalam keadaan mati total. Selanjutnya tinggal masuk ke dalam mode download dengan menggunakan tombol POWER + HOME + VOLUME BAWAH secara bersamaan sampai smartphone Anda terasa bergetar dan muncul tampilan baru, selanjutnya tekan tombol VOLUME ATAS untuk melanjutkan, setelah itu akan muncul tampilan gambar robot android, dan selesai berhasil masuk ke dalam mode download.

4. Jalankan odin

Setelah smartphone Anda telah berhasil masuk ke dalam mode download, selanjutnya buka aplikasi odin yang ada di dalam komputer Anda dengan menggunakan Run as Administrator.

5. Hubungkan smartphone ke dalam komputer

Selanjutnya sambungkan smartphone samsung menggunakan kabel data original ke komputer, tunggu sampai odin selesai mendeteksi hp samsungnya. Jika hp samsungnya sudah terdeteksi oleh odin lalu instal file TWRPnya seperti pada langkah dibawah ini.


  1. Klik pada bagian AP lalu cari file TWRP yang tadi sudah Anda download.
  2. Selanjutnya klik pada bagian Start.
  3. Selanjutnya tunggu saja sampai proses pemasangan TWRP Samsung Galaxy J7 berhasil, mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama.

6. Pemasangan TWRP berhasil

Selanjutnya jika muncul tulisan PASS yang berwarna hijau tepat dibagian atas maka pemasangan TWRP sudah berhasil. Selanjutnya lepas hp samsung Anda dari komputer.

7. Masuk ke mode recovery atau TWRP

Setelah pemasangan TWRP sudah dipastikan berhasil biasanya hp samsung tersebut akan merestart secara otomatis, namun jika hp samsung Anda tidak merestart silahkan matikan hp samsung Anda kedalam keadaan mati / off, selanjutnya nyalakan kembali hp samsung Anda sambil menekan tombol POWER + HOME + VOLUME ATAS secara bersamaan.

Jika sudah berhasil masuk kedalam mode recovery selamat Samsung Galaxy J7 Anda sudah berhasil terinstal TWRP.

8. Pemasangan SuperSU

Setelah berhasil masuk ke dalam mode TWRP Samsung Galaxy J7 selanjutnya tinggal melakukan pemasangan SuperSU untuk melakukan rooting samsung j7, untuk pemasangan SuperSU ada 2 cara. Cara pertama bisa menggunakan mode recovery dan cara kedua bisa menggunakan aplikasi odin yang ada di komputer Anda.

#1. Melalui TWRP atau mode recovery


  1. Selanjutnya simpan file SuperSU.zip yang tadi sudah di download ke dalam memori internal atau memori eksternal yang ada di dalam Samsung J7 Anda.
  2. Masuk terlebih dahulu ke mode recovery dengan cara yang sudah dijelaskan diatas.
  3. Selanjutnya pilih menu instal yang terdapat pada layar TWRP lalu instal file Flashable-SuperSU-v2.82.zip yang tadi sudah Anda simpan ke dalam hp samsung Anda.
  4. Selanjutnya geser ke kanan pada Swipe to confirm flash dan tunggu sampai prosesnya berlangsung, mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama.
  5. Selanjutnya setelah prosesnya selesai back ketampilan home TWRP dan pilih Wipe Dalvik/Cache lalu geser ke kanan untuk Swipe.
  6. Setelah prosesnya selesai lalu pilih Reboot to system, biasa proses ini akan berlangsung selama 10 menit sampai 15 menitan.
  7. Done, pemasangan SuperSU berhasil.

#2. Melalui odin


  1. Matikan hp samsung Anda kedalam keadaan mati.
  2. Selanjutnya masuk ke dalam mode download, caranya sama seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas.
  3. Sambungkan HP Samsung J7 Anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB original.
  4. Buka odin di komputer dengan Run As Administrator.
  5. Klik pada bagian AP lalu pilih file CF Auto Root yang tadi sudah Anda download.
  6. Selanjutnya klik Start.
  7. Tunggu sampai prosesnya selesai hingga muncul tulisan PASS yang berwarna hijau.
  8. Maka smartphone Anda akan melakukan Reboot secara otomatis, namun jika tidak merestart secara otomatis, harus Anda restart sendiri secara manual.
  9. Tunggu sampai hp samsung Anda menyala, biasanya proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama antara 10 menit sampai 15 menitan.
  10. Done

9. Selamat HP Samsung Galaxy J7 2017 Anda sudah berhasil terpasang TWRP dan Root

Untuk melakukan pengecekan apakah Samsung J7 Anda sudah berhasil terinstal atau belum Anda bisa melakukan pengecekan melalui Root Chekers.

0 Comments