7 Olahan Makanan Dibakar Bikin Lapar

7 Olahan Makanan Dibakar Bikin Lapar

Hidangan makanan yang diolah dengan cara dibakar bukan lah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Makanan nikmat ini mudah ditemui di restoran besar hingga kaki lima, mulai dari sate, ayam bakar, ikan bakar, hingga makanan laut.

Menggunakan alat bakar tradisional hingga alat panggangan yang canggih.

Tak hanya di Indonesia makanan yang dibakar pun menjadi favorit. Masing-masing daerah atau negara punya keunikan dan ke khasan dalam sajiannya. Tak jarang penjual menu bakar-bakaran ini membuat masakannya langsung di depan pembeli, sampai-sampai bikin orang lain melihatnya pun jadi ikut keroncongan.

1. Carne Asada Taco, Mexico


Carne Asada Taco, Mexico

Siapa yang tidak doyan daging panggang, makanan enak ini ternyata bisa lebih nikmat kalau ditambah bumbu latin dan diolah menjadi Taco. Carne Asada Taco hidangan khas Negeri Mexico.

Carne Asada dalam bahasa Mexico adalah daging sapi panggang yang diiris tipis, biasanya orang Mexico memakannya langsung atau dijadikan taco dengan kulit tortilla.

Daging sapi bagian dada di marinasi dahulu bersama berbagai macam bumbu dan rempah serta daun seledri cincang. Setelah itu dibakar diatas alat bakar dengan api dari arang atau bisa juga dibakar dengan alat panggang di kompor, setelah matang daging diiris tipis kemudian ditaruh diatas kulit tortilla bersama salsa tomat, buah guacamole dan keju cotija.

2. Haloumi Cheese Grill, Siprus


Haloumi Cheese Grill, Siprus

Biasanya keju dijadikan bahan pelengkap hidangan bakar-bakaran, tapi di Siprus justru keju menjadi bahan utama. Haloumi merupakan jenis keju putih dari Siprus berupa campuran susu domba dan kambing, rasanya ringan dan asin seperti Keju Mozarella.

Haloumi sering kali dibandingkan dengan Mozarella karena kedua keju tersebut tahan terhadap panas sehingga dapat dipanggang dengan tetap mempertahankan bentuknya.

Di Siprus keju Haloumi dipotong-potong dan dipanggan dengan alat panggang untuk daging.

Sering kali hidangan Haloumi ditambahkan daun mint sebagai penyedap. Selain menambah rasa, daun mint secara tradisional digunakan sebagai pengawet.

Sebagai varian Keju Haloumi Panggang juga bisa dijadikan salad, cukup tambahkan perasan lemon, horenso baby spinach, bawang bombay, tomat cerry, dan olive oil.

3. Beef Suya, Nigeria


Beef Suya, Nigeria

Rasanya sajian daging potong yang ditusuk kemudian dibakar banyak sekali ragam dan jenisnya dibeberapa negara. Hidangan ini begitu populer di masyarakat Indonesia dengan nama sate yang juga memiliki variasi rasa dan ke khasan di berbagai daerah.

Sama halnya dengan sate di Indonesia, hidangan daging yang ditusuk begitu populer di wilayah Afrika Barat namanya Beef Suya dari Nigeria.

Sederhananya Beef Suya adalah daging sapi yang dipotong-potong , ditusuk, kemudian dibakar. Bedanya dengan sate olahan daging ini direndam berbagai rempah dan bubuk paprika atau bubuk cabai.

Selain rempah, olahan daging ini akan direndam dengan kacang, minyak beraroma, dan jahe kering.

Setelah dimarinasi dengan semua bahan tadi baru lah Beef Suya ini dibakar. Selain daging sapi masyarakat Nigeria kerap menggunakan daging ayam, kambing, dan ikan laut.

Sebagai penambah selera Suya disajikan dengan tambahan lada kering dan irisan bawang.

4. Giant Scallops Griller, Jepang


Giant Scallops Griller, Jepang

Seafood di Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang adalah hidangan favorit warga lokal, selain memiliki protein tinggi makanan laut memiliki kenikmatan tersendiri jika disajikan secara mentah maupun diolah.

Salah satu bentuk olahan terkenal memanjakan perut adalah tepanyaki, teknik memasak dengan panggangan datar ini dilakukan persis di depan pelanggan. Mulai dari lobster, cumi, hingga kerang.

Khusus Kerang Giant Scallops memiliki tempatnya sendiri di hati warga lokal maupun turis mancanegara. Kerang Scallops bakar ini sangat populer di Jepang, bisa ditemukan di kedai-kedai streetfood disekitar jalanan Jepang.

Pembuatannya juga sangat sederhana, Scallops akan dibakar langsung jika ada pesanan tanpa menggunakan banyak bumbu. Harga satu buah Giant Scallops sekitar 500 yen atau dikisaran 60 ribu rupiah.

Dari berbagai kedai streetfood yang menyajikan Giant Scallops, beberapa diantaranya menggunakan potongan keju sebagai penambah rasa.

Mulanya kerang dibersihkan dan bagian putihnya di potong-potong dadu, diberi bumbu serta potongan keju. Lalu dibakar diatas bara arang.

5. Thai Pla Muek, Thailand


Thai Pla Muek, Thailand

Thailand terkenal sebagai negeri kuliner, mulai dari jajanan pinggir jalan, kedai street food hingga restoran kelas atas menyajikan makanan yang kaya akan rasa.

Rempah dan marinasi bumbu menjadi kunci kenikmatan masakan thailand, salah satu wajib kamu coba jika berkunjung kesini adalah Pla Muek.

Sebagai hidangan bakar-bakaran Pla Muek menjadi buruan kuliner sejati. Pla Muek alias cumi bakar akan mudah dijumpai diberbagai tempat, apalagi kalau kamu berburu streetfood.

Untuk pengolahannya, cumi-cumi besar yang fresh ini dibersihkan kemudian ditusuk. Sebelum di bakar diatas arang. tusukan cumi tadi direndam dengan saus rahasia masing-masing kedai.

Umumnya saus rendaman dibuat dari sari jeruk nipis, kecap ikan, dan saus pedas yang membuat cumi menggugah selera.

Dalam penyajian lainnya, cumi besar ini akan dipotong-potong setelah dibakar dan ditambah berbagai dedaunan sebagai penghilang rasa amis pada olahan laut.

6. Whole Stuffed Trout, Andorra


Whole Stuffed Trout, Andorra

Bagi anda penyuka olahan ikan, jangan lewatkan hidangan satu ini. Whole Stuffed Trout yang berasal dari Andorra. Di perairan tawar Andorra kawanan ikan Trout sangat banyak sehingga menjadi konsumsi warga lokal secara turun temurun sejak abad pertengahan.

Namun cara masak yang favorit adalah dengan cara dibakar.

Ikan Trout utuh dibelah, dibersihkan, serta dihilangkan duri-durinya, lalu dibakar dengan alat bakaran atau alat panggangan. Setelah kulitnya menjadi krispi dan bagian dalamnya matang, masukkan bahan-bahan isiannya.

Biasanya di isi dengan bawang bombay, lemon segar, dan lada. Ada juga yang menambahkan sayur-sayuran.

7. Korean BBQ Lettuce Wrap, Korea Selatan


Korean BBQ Lettuce Wrap, Korea Selatan

Yang doyan nonton film drama atau film korea pasti familiar dengan hidangan yang satu ini. Apalagi kalau bukan Korean BBQ Lettuce Wrap atau orang Korea suka menyebutnya dengan sambab. Sam artinya membungkus, bab artinya nasi.

Masyarakat Korea punya cara tersendiri dalam menikmati sajian daging panggang. Biasanya Sambab adalah daging panggang dan kombinasi samyang yang pedas, atau kimci dan bisa ditambahkan bawang mentah, cabai hijau, dan nasi.

Dibungkus dengan sayur daun segar seperti selada atau daun perilla. Potongan daging dibakar atau dipanggang dengan alat bakar, kemudian siapkan lembaran daun selada atau daun perilla di tangan. Taruh daging panggang yang sudah matang, saus pasta cabai, nasi, kimci, atau makanan pendamping lainnya, dibungkus lalu disantap.

0 Comments