7 Peristiwa Reruntuhan Yang Menegangkan

7 Peristiwa Reruntuhan Yang Menegangkan

Tidak ada satu manusia yang tahu kapan sebuah bencana akan datang, sebagai manusia kita memang harus selalu berhati-hati. Namun kenyataannya bencana bisa datang tanpa terduga, seperti peristiwa beberapa reruntuhan berikut ini, yang kebanyakan terjadi akibat faktor alam walau ada juga yang karena ulah manusia.

Dan peristiwa-peristiwa tersebut banyak yang sempat terekam kamera. Berikut 7 peristiwa reruntuhan menegangkan.


1. Panggung Ambruk Di Tengah Penonton


1. Panggung Ambruk Di Tengah Penonton



Sebuah peristiwa tak terduga menimpa sebuah panggung konser di Indianapolis di Amerika Serikat. Agustus 2011 lalu sebuah grup band beraliran Country Sugarland akan mengadakan konser.

Namun secara tak terduga panggung yang akan menjadi tempat Sugarland tampil tiba-tiba ambruk.

Runtuhnya panggung tersebut diakibatkan hujan lebat dan angin kencang yang berkecepatan 90 hingga 100 km/jam. Hal itu tali yang menyangga lampu serta rangka besi yang dilengkapi perangkat penerangan itu pun rubuh, 4 orang dinyatakan tewas, namun ratusan orang lainnya yang umumnya terperangkap dibawah panggung yang runtuh berhasil diselamatkan.

Ribuan orang yang menyaksikan kejadian itu pun panik lalu berlarian menyelamatkan diri. Sebenarnya sebelum acara konser dimulai, badan pengamat cuaca setempat sudah memperingatkan akan adanya cuaca buruk. Namun entah mengapa acara itu tetap dilaksanakan.

2. Atap Stadion HFL Rubuh

2. Atap Stadion HFL Rubuh

Salah satu stadion yang juga merupakan markas Tim American Football Vikings yaitu Stadion Hubert H. Humphrey Metrodome atau yang lebih dikenal dengan nama Metrodome rubuh di bagian atapnya.

Hal tersebut terjadi bukan karena kesalahan konstruksi, melainkan karena tak kuat menahan salju setebal 17 Inch. Untung lah peristiwa yang menimpa Stadion yang terletak Minneapolis Amerika Serikat ini tidak menelan korban jiwa.

Metrodome merupakan salah satu stadion tertutup paling tua yang digunakan untuk kompetisi American Footbal yang di resmikan pada tahun 1982.

Tempat ini juga digunakan untuk pertandingan lain, seperti Baseball, Basket hingga sejumlah konser musik.


3. Hotel Ambruk Ke Dalam Sungai

3. Hotel Ambruk Ke Dalam Sungai
 
Bencana cukup dahsyat melanda Taiwan akibat Angin Topan Morakot yang mengakibatkan sejumlah sungai di Taiwan meluap, termasuk sungai yang berada di kota wisata Ci Fen.

Perlahan namun pasti, luapan air telah mengikis bangunan disekitar sungai hingga membuat sebuah bangunan hotel berlantai 6 ambruk ke sungai.

Peristiwa yang tidak memakan korban jiwa ini sempat mengagetkan masyarakat setempat. Sementara 300 tamu hotel yang menginap di hotel tersebut sudah berhasil di evakuasi ke tempat yang aman.

Topan memang secara reguler melanda China, Taiwan, Filipina, dan Jepang di setiap pertengahan tahun yang menghimpun kekuatan air laut yang hangat dari Samudera Fasifik atau Laut China Selatan sebelum akhirnya melemah didaratan.


4. Jembatan Tacoma Putus Dan Ambruk

4. Jembatan Tacoma Putus Dan Ambruk
 
Jembatan Tacoma yang berada di Kota Washington Amerika Serikat pernah rubuh. Jembatan yang memiliki panjang 854 meter ini di buka pada bulan juli pada tahun 1940.

Sebenarnya saat pengerjaan, kabarnya konstruksi jembatan sudah menunjukan tanda-tanda ketidakstabilan. Hal itu sudah dirasakan oleh para pekerjanya, walaupun aga bergoyang namun selama 6 bulan setelah di resmikan jembatan tersebut masih bisa digunakan, tapi tepat pada tanggal 7 november 1940 pukul 7 pagi waktu setempat jembatan Tacoma mengalami getaran akibat tiupan angin yang berkecepatan 56 - 70 km/jam.

Akibat tiupan angin kencang ini, jalan menuju jembatan Tacoma pun ditutup, lalu tak lama kemudian jembatan Tacoma berubah menjadi gelombang dengan amplitudo 8 meter.

Satu jam kemudian, jembatan indah ini roboh dan hancur. Tak ada korban manusia dalam peristiwa ini, namun seekor anjing dinyatakan mati


5. Apartemen Ambruk Menghantam Bangunan Lain

5. Apartemen Ambruk Menghantam Bangunan Lain

Sebuah bangunan apartemen tua berdiri di tengah kota Manila Filipina, entah apa yang menyebabkan bangunan tersebut ambruk. Namun sepertinya usia bangunan lah yang menjadi penyebabnya, sebelum rubuh bangunan itu perlahan-lahan semakin miring posisinya.

Hal tersebut diketahui banyak orang sehingga semua orang berusaha menghindar dari apartemen tersebut.

Mereka menjauh untuk menyelamatkan diri, tak lama kemudian bangunan itu ambruk dan menabrak bangunan lain dihadapannya. Aliran listrik disekitarnya sempat konslet, namun tidak menyebabkan kebakaran.

Pada peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa yang jatuh.


6. Runtuhan Es Hancur Di Antara Para Turis

6. Runtuhan Es Hancur Di Antara Para Turis
 
Gletser merupakan bongkahan raksasa es yang menyerupai gunung yang terbentuk bertahun-tahun bahkan berabad-abad akibat akumulasi salju.

Dan gletser indah yang satu ini ternyata menjadi pemandangan sangat menakjubkan bagi para turis. Banyak dari mereka yang sengaja berdiri cukup dekat untuk menikmati keajaiban alam tersebut.

Sejak awal suara pergerakan gletser sudah terdengar, namun sepertinya turis-turis itu tidak memperdulikannya, kemudian sebagian kecil gletser terjatuh ke dalam danau.

Tapi bagi para turis, pemandangan tersebut justru semakin membuat mereka penasaran. Namun nyatanya, itu lah awal dari bencana, tak lama kemudian gletser menakjubkan itu runtuh dan menyebabkan gelombang air pada danau.

Para turis pun banyak yang tidak sempat menghindar hingga terhempas kedalam danau, untunglah keajaiban terjadi, tak ada satu pun korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


7. Tanah Longsor Merobohkan Puluhan Pohon

7. Tanah Longsor Merobohkan Puluhan Pohon
 
Sebuah kejadian cukup mengenaskan terjadi di sebuah jalan. Sepertinya peristiwa itu sudah di prediksi sehingga akses ke jalan tersebut pun di blokir.

Dalam peristiwa yang sempat di rekam kamera itu memang tampak cuaca disekitarnya gelap dan angin bertiup cukup kencang, sampai-sampai sejumlah tiang listrik pun bergoyang-goyang.

Namun hanya dalam hitunga menit saja, tiba-tiba bukit yang berada di atas runtuh dan langsung menghantam jalanan.

Saking kuatnya kekuatan runtuhnya bukit itu, dari tiang listrik hingga sejumlah pohon besar ambruk tak tersisa.

0 Comments