Cara Clear Cache Adobe Premier Pro Tanpa Menggunakan Software Tambahan

Cara Clear Cache Adobe Premier Pro Tanpa Menggunakan Software Tambahan

Adobe Premier Pro, Clear Cache Adobe Premier, Cache Adobe, Clean Cache, Media Adobe, Media Cache Database Adobe, Komputer

Tahukah Anda kalau sebenarnya Adobe Premier Pro itu juga memiliki file-file cache yang tersimpan di dalam folder media database cache, dan apakah file cache tersebut dapat dihapus atau tidak. Untuk dapat mengetahui jawabannya yuk kita simak penjelasannya di bawah ini tentang Cara Clear Cache Adobe Premier Pro.

Setiap pengguna rutin aplikasi Adobe Premier mungkin diantara kalian ada yang pernah mengalami ngelagnya komputer Anda saat sedang membuka Adobe Premier. Hal tersebut terjadi bisa saja disebabkan karena terlalu banyak file cache yang sudah menumpuk di dalam folder media Adobe Premier tersebut, atau jika kalian masih memiliki kendala lain seputar Adobe Anda bisa membuka forum diskusi Adobe Support Community untuk bisa berdiskusi dengan para ahlinya.

Sebelum akan saya lanjutkan ke langkah-langkahnya, ada baiknya jika kita memahami juga tentang Media Cache / Cache Media yang terdapat pada Adobe Premier.


Apa itu file Cache Media Adobe Premier?


File Cache Media adalah pada saat mengimpor video atau audio ke dalam Adobe Premier Pro, maka ia akan langsung memproses versi file-file tersebut yang dapat diakses dengan mudah untuk kinerja yang lebih cepat. Maka itu disebut sebagai "Cache Media" file. File tersebut akan disimpan didalam folder File Cache Media. Selain itu juga, ada folder yang berisi tentang database yang menyimpan semua tautan ke masing-masing file Cache Media. Maka ini disebut sebagai "Basis Data Cache Media". Mereka semua berada pada folder Media Cache.




Lalu dimanakah file-file ini telah tersimpan?


Terkadang folder cache ini menjadi terlalu besar atau berisi file-file yang rusak, jadi Anda harus dapat mengetahui dimana harus mencari folder tersebut untuk dapat segera di hapus.

Lalu bagaimana cara membersihkan file cache media di Adobe Premier Pro?

Untuk membersihkan semua sampah cache media, Anda dapat menghapus file-file ini dengan mencari letak folder media cache secara manual.

Setelah berhasil menghapus file cache ini, Anda akan melihat ruang penyimpanan atau hardisk komputer Anda akan bertambah, hal tersebut disebabkan karena file cache media dapat mengambil ruang penyimpanan yang signifikan. Ada baiknya setelah Anda menyelesaikan suatu Project dalam Adobe Premier Pro segera lakukan penghapusan folder cache ini, agar ruang penyimpanan komputer Anda berkurang.

Nah, bagaimana apakah kalian sudah memahami Apa Itu Media Cache Adobe Premier Pro.

Sekarang mari kita lanjutkan ke langkah-langkahnya untuk menghapus file cache Adobe Premier Pro.

1. Buka terlebih dahulu Adobe Premier Pro yang ada di komputer kalian.
2. Setelah terbuka, lalu klik nama Project yang sudah kalian buat.
3. Selanjutnya, klik "edit" yang terletak di menu paling atas.
4. Lalu pilih Preferences, kemudia pilih Media.
5. Maka selanjutnya akan muncul tampilan baru.
6. Lalu pilih menu Media yang terletak disebelah kiri, selanjutnya perhatikan pada bagian sebelah kanan "Media Cache Database".
7. Dibawah tulisan "Media Cache Database" ada tulisan "Clean".
8. Sekarang klik pada bagian "Clean" tersebut untuk menghapus file-file cache yang telah tersimpan di dalam folder Adobe Premier.
9. Setelah prosesnya selesai, jangan lupa untuk mengklik "Ok" yang terletak dibawahnya.
10. Done, sekarang Anda telah berhasil menghapus file cache di Adobe Premier Pro.

Bagaimana, mudah kan caranya?

Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi untuk menginstal aplikasi tambahan hanya untuk menghapus Cache Adobe Premier.

Untuk kalian yang masih bingung caranya, kalian bisa melihat langkah-langkahnya dalam gambar atau video dibawah ini. Jika Anda ingin bertanya seputar Clear Cache Adobe Premier, kalian bisa memberi komentar pada kolom dibawah ini.

Clear Cache Adobe Premier Pro #1

Clear Cache Adobe Premier Pro #2

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar