Cara Root Realme 3 Pro Via TWRP Recovery (Work 100%) Terbaru 2020

Cara Root dan Pasang TWRP Realme 3 Pro Via TWRP Recovery

Root Realme 3 Pro, Jika Anda mempunyai ponsel Realme 3 Pro dan ingin melakukan kostumisasi Rom bawaan yang terdapat pada ponsel ini. Anda tepat telah berkunjung ke halaman situs ini, karena dibawah ini akan dibagikan Cara Root Realme 3 Pro dengan menggunakan TWRP Recovery. Dibawah postingan ini juga telah di cantumkan link download dan semua syarat yang harus Anda dilakukan.

Sebelum kita memulai ke langkah-langkahnya, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Root Android.


Apa Itu Root Android?


Menurut wikipedia root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar (Smartphone) yang berbasis dengan sistem Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi biasa dikenal sebagai "Akses Root", proses ini memberikan semua akses ke dalam hak administratif.

Proses melakukan root ini dilakukan untuk mendapatkan hak akses penuh yang telah dibatasi oleh pabrik perangkat lunak pada beberapa smartphone. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasan untuk dapat mengganti sistem aplikasi dan pengaturannya, untuk menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android biasa. Pada Android, proses melakukan root juga membantu penghapusan dan pengganti sistem  operasi secara penuh.

Nah, kira-kira seperti itu penjelasan "Apa Itu Root Android", setelah Anda sudah mengetahui arti dari Root, sekarang Anda juga harus mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari Root.



Kelebihan Root



  1. Dapat menghapus aplikasi bawaan pada ponsel.
  2. Dapat membuat baterai HP Android lebih hemat dan tahan lama.
  3. Dapat meningkatkan kinerja HP Android, agar menjadi lebih ringan.
  4. Dapat membuat pemakaian dan kapasitas memori internal jauh lebih besar.
  5. Dapat mengedit Custom Rom Android agar lebih keren dan menarik.

Nah, untuk Kelebihan Root Android sudah dijelaskan seperti apa yang tertulis diatas, bagaimana apakah Anda tertarik ingin melakukan Root Realme 3 Pro agar ponsel Android Anda dapat bekerja secara maksimal.

Sebelum kita mulai ke tahap download link dan melakukan cara root android realme 3 pro, sekali lagi kita ketahui terlebih dahulu tentang Kekurangan Root.


Kekurangan Root



  1. Dapat membuat garansi hilang, jika ponsel android Anda belum berusia satu tahun.
  2. Bisa terjadi kesalahan sistem, seperti:
    • Error.
    • Bootloop.
    • Softbrick.
    • Hardbrick.
  3. Menurunnya keamanan ponsel dan terancam Malware.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap dengan kekurangan yang terjadi setelah melakukan Root Realme 3 Pro. Jika Anda sudah siap akan semua resiko yang terjadi saat dalam proses Intalasi Root Realme 3 Pro, sekarang kita mulai ke dalam tahap instalasi Root Realme 3 Pro Via TWRP Recovery.


Syarat-Syarat Sebelum Melakukan Root dan Install TWRP Recovery



  1. Ponsel Realme 3 Pro sudah keadaan terunlock bootloader terlebih dahulu.
  2. Komputer atau PC Anda sudah terinstal driver ADB dan Fastboot.
  3. Dan pastikan driver USB Realme 3 Pro juga telah berhasil terinstal di dalam komputer Anda.
  4. Pastikan USB Debugging dan OEM Unlock sudah dalam keposisi ENABLE, untuk mengubah pengaturan ini, bisa Anda temukan di dalam pengaturan > opsi pengembang atau developer.
  5. Terakhir, pastikan baterai ponsel Realme 3 Pro dalam kondisi diatas 50%.


Download File-File Yang Dibutuhkan Untuk Root dan Pasang TWRP Realme 3 Pro



  1. Download file TWRP terbaru dari situs resmi dan pindahkan ke dalam folder hasil ekstrak platforms-tools.
  2. Download file Magisk dari situs resmi dan pindahkan ke dalam ponsel Anda.


Cara Pasang TWRP Realme 3 Pro


1. Sambungkan ponsel Realme 3 Pro ke PC dengan menggunakan kabel USB Original lalu buka program ADB. Dengan cara masuk ke folder platforms-tools kemudian buka CMD.

2. Sekarang reboot ponsel Realme 3 Pro ke mode fastboot dengan menggunakan perintah sebagai berikut.


Adb reboot bootloader

3. Pastikan Anda memberikan izin USB Debugging yang muncul di layar smartphone ini.

4. Setelah berada dalam mode fastboot, lakukan flash image TWRP yang sebelumnya sudah anda download dengan menggunakan perintah sebagai berikut.


fastboot flash recovery twrp-3.3.3.1-1-RMX1851.img

5. Jika letak file TWRP berada dalam folder lain, maka gunakan perintah yang lebih lengkap untuk menunjukkan posisi file TWRP berada dengan menggunakan perintah sebagai berikut.


fastboot flash recovery /lokasi/file/twrp-3.3.3.1-1-RMX1851.img

6. Selanjutnya reboot ponsel dengan menggunakan perintah sebagai berikut.


fastboot reboot


Cara Root Realmi 3 Pro


Setelah melakukan proses pemasangan TWRP pada ponsel Android Realme 3 Pro berhasil, kini sekarang Anda dapat melakukan ke tahap root. Cara ini cukup mudah, hanya dengan menggunakan file ZIP Magisk yang tadi sudah Anda download. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan Mode TWRP Recovery yang tadi sudah berhasil Anda lakukan.

1. Sambungkan ponsel android anda ke PC dengan menggunakan kabel USB Original, lalu gunakan perintah dibawah ini untuk masuk ke Mode TWRP Recovery.


adb reboot recovery

2. Selanjutnya pilih menu INSTALL dari menu TWRP.

3. Navigasikan ke file ZIP Magisk dan pilih file zip tersebut dan swipe untuk melakukan proses.

4. Setelah prosesnya selesai, pilih REBOOT SYSTEM untuk melakukan reboot ponsel Anda.

5. Kini sekarang ponsel Realme 3 Pro Anda sudah berhasil di root, untuk melakukan pengecekan apakah root-nya sudah berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi "root checker" dapat Anda download di dalam Play Store.

Nah, bagaimana cukup mudah bukan untuk melakukan Root dan Pasang TWRP Realme 3 Pro Via TWRP Recovery. Jika Anda mengalami masalah atau kendala saat proses root atau pemasangan TWRP, Anda bisa berkomentar dibawah ini.

0 Comments