Download Rom Xiaomi Mi A2 Android 10 Latest Update (v11.0.5.0)

Download Rom Xiaomi Mi A2 Android 10 Latest Update (v11.0.5.0)

Rom Xiaomi M2 A2 Android 10, Xiaomi Mi A2, Android 10 Xiaomi Mi A2, Update Android 10 Xiaomi Mi A2.

Xiaomi kini sekarang telah mulai meluncurkan Android 10 yang stabil untuk Android Mi A2. Jika Anda masih belum mendapatkan notifikasi pemberitahuan OTA, maka Anda dapat mendownload Pembaruan Xiaomi Mi A2 Android 10, berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk menginstalnya secara manual.

Xiaomi Android One series telah menjadi sangat sukses setelah sejak dirilisnya Mi A1 pada tahun 2017 lalu, lalu diikuti oleh Mi A2 dan A2 Lite pada tahun 2018, dan Mi A3 pada tahun 2019 kemarin. Faktor utama yang berkontribusi adalah pengalaman terbaik untuk untuk Androidnya dan pembaruan perangkat lunak regulernya.

Mi A2 dan A2 Lite dibekali dengan Android Oreo dan dapat menerima pemberitahuan update ke Android Pie pada tahun 2019 lalu. Lalu pada tahun 2020 ini, sekarang pabrikan Xiaomi sudah meluncurkan upgrade OS kedua untuk Device Xiaomi yang disebut sebagai Android 10.

OEM Xiaomi telah menerbitkan kode sumber Android 10 untuk Handphone Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi A3 hanya beberapa hari yang lalu, yang merupakan indikasi yang jelas bahwa pembaruan akan segera terjadi. Dan baru kemarin, pabrikan asal Xiaomi mulai meluncurkan Android 10 untuk Mi A2 sebagai pembaruan OTA. Pembaruan ini disertai dengan Software Build Number V11.0.5.0.QDIMIXM, Security Patch Januari 2020, dan OTA berukuran sekitar 1,3 GB. Untuk mengecek pembaruan bisa dilihat dari Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem di ponsel Xiaomi milik Anda.

Karena peluncuran akan berlangsung secara bertahap, mungkin membutuhkan waktu sebelum tersedia untuk setiap pengguna Xiaomi. Jika Anda ingin mencoba melakukan pembaruan sistem sekarang, maka Anda dapat download Xiaomi Mi A2 Android 10 Fastboot Image atau file paket zip OTA dan instal secara manual. Tetapi sebelum menlanjutkan ketahap tersebut, mari kita lihat apa saja fitur baru yang dibawa oleh pembaruan ini ke Handpone Anda.


Apa yang baru di Android 10 untuk Xiaomi Mi A2?


Android-10-on-Xiaomi-Mi-A2

Mari kita mulai dengan fitur yang paling dinanti dari Android 10, yaitu “System-wide Dark Theme”. Tema gelap atau mode gelap telah dimulai sejak satu tahun terakhir. Ketika Ponsel Xiaomi dinyalakan, fitur ini dapat mengubah warna UI sistem lengkap dengan menjadi warna yang lebih gelap. Ini juga tidak hanya memberi Anda pengalaman visual yang lebih ringan saat menggunakan ponsel di lingkungan yang kurang cahaya, dan dapat juga menghemat kapasitas baterai Anda.

Google sudah memperbaharui hampir di semua aplikasi untuk mendukung fitur ini. Apa yang membuatnya lebih baik adalah bahwa Tema Gelap Android 10 juga meluas ke aplikasi pihak ketiga, dimana pengembang dapat dengan mudah membangun Tema Gelap untuk aplikasi mereka menggunakan API atau memungkinkan OS untuk menerapkannya secara paksa. Bagaimanapun, Anda bisa menikmati warna-warna gelap itu di aplikasi favorit Anda sekarang.

Fitur utama berikutnya yang ditawarkan oleh Android 10 adalah peningkatan gesture-navigation. Google memperkenalkan kembali konsep navigasi berbasis gesture dengan Android Pie. Tetapi dengan pembaruan ini, sistem navigasi selanjutnya telah dioptimalkan dan dipoles untuk pengalaman yang lebih mudah. Anda dapat dengan mudah menjelajahi sistem dan dengan cepat mengakses aplikasi terbaru menggunakan gesture, kembali ke layar Home dan membuka aplikasi terbaru menggunakan tarikan.

Dengan Android 10, Google telah menambahkan fitur menarik lainnya yang memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin. Saya membahan tentang "Smart Reply" dalam notifikasi pemberitahuan. OS akan memindai penggunaan Anda dan memberi Anda balasan yang telah dipersonalisasi dan menyarankan tindakan yang sesuai untuk setiap pesan yang masuk. Ini akan sangat memudahkan Anda untuk mengirim pesan tanpa harus selalu membuka aplikasi pesan tersebut.

Sekarang kita beralih ke "Live Captions". Fitur baru ini di Android 10 memanfaatkan pembelajaran device di perangkat untuk media, text, video, podcast, musik, dan masih banyak lagi. Bagian terbaiknya adalah untuk dapat menggunakan fitur ini, dapat berfungsi tanpa adanya sambungan internet.


Google juga telah membuat peningkatan yang signifikan untuk keamanan ponsel dan privasi dengan Privasi dan Kontrol Lokasi baru. Ini dapat memberi Anda lebih banyak perintah atas izin yang digunakan oleh aplikasi dan layanan di ponsel Anda. Singkatnya, dengan adanya pembaruan ini telah membawa banyak fitur baru untuk ponsel Xiaomi, Anda akan merasakan semua fitur Android 10. Untuk mengetahui daftar lengkap perubahan dan fitur lainnya bisa menguncungi situs web resmi Android 10.

Sekarang setelah Anda mengetahui semua fitur baru yang tersedia pada Android 10 yang akan Anda nikmati, sekarang kita menuju untuk download Xiaomi Mi A2 Android 10 update dan ikuti langkah-langkahnya untuk menginstalnya secara manual.


Download-and-Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-Update


Lakukan hal ini terlebih dahulu, sebelum melakukan Upgrade OS Xiaomi Mi A2 ke Android 10


Pastikan Anda memebuhi semua persyaratan yang telah tercantum di bawah ini, sebelum Anda membuka link download dan intruksi yang sudah diberikan.


  • Backup terlebih dahulu semua data-data yang terdapat pada ponsel Xiaomi Mi A2 Anda sebelum melakukan upgrade OS ke Android 10, untuk menginstal pembaruan OS secara manual di ponsel Anda terkadang dapat menyebabkan hilangnya data. Atau dalam langkah disini, Anda harus menghapus semua data. Dalam situasi berhasil atau tidaknya, Anda harus membuat backup-an data.
  • Charger terlebih dahulu ponsel Xiaomi Anda sampai daya baterai cukup memadai untuk melakukan Upgrade ke Android 10, hal ini dapat membantu mencegah baterai ponsel habis mendadak saat di tengah-tengah proses.
  • Cara pertama:
    • Cara menginstal ADB dan Fastboot, ikuti langkah berikut:
      • Buka folder tempat ADB dan Fastboot diinstal, kemudian tahan tombol SHIFT dan KLIK KANAN pada ruang kosong di dalam folder tersebut. Selanjutnya pilih "Open PowerShell windows here"
  • Cara kedua menggunakan TWRP Recovery, harus diinstal terlebih dahulu di ponsel Xiaomi Mi A2 Anda.


Download Frimware Update Xiaomi Mi A2 Android 10



Frimware Android 10 untuk Xiaomi Mi A2 tersedia sebagai unofficial fastboot image dan full OTA package. Yang pertama, dapat digunakan untuk menginstal pembaruan pada ponsel Mi A2 yang belum di root atau yang sudah di root menggunakan fastboot. Yang terakhir, bagaimanapun, hanya untuk pengguna ponsel Mi A2 yang sudah terinstal TWRP Recovery pada ponsel. Pastikan Anda download file frimware sesuai dengan cara yang sesuai dengan yang diatas.


Fastboot Image





Full OTA Package





Cara Instal Android 10 Update di Xiaomi Mi A2



Karena ada 2 jenis file firmware yang berbeda, maka ada dua cara yang berbeda untuk menginstal Update Xiaomi Mi A2 Android 10 secara manual. Cara pertama dapat dilakukan oleh siapapun dengan ponsel yang sudah di root atau belum. Cara kedua adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh pengguna Xiaomi Mi A2 dengan menggunakan TWRP Recovery.


Cara Pertama: Flash Android 10 Fastboot Image



1. Download Android 10 Fastboot Image for Xiaomi Mi A2.
2. Ekstrak file tersebut yang berformat Zip.
3. Copy semua file tersebut, lalu pastekan di dalam folder Android SDK yang tadi sudah terinstal.
4. Buka tampilan Fasboot dengan cara yang sudah di jelaskan di atas.
5. Sekarang, matikan ponsel Mi A2 Anda sepenuhnya.
6. Tahan tombol VOLUM BAWAH dan POWER secara bersamaan, untuk masuk ke mode fastboot.

Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-Fastboot-Image-01

7. Sambungkan ponsel Xiaomi Anda ke dalam PC dengan menggunakan kabel Original Xiaomi.
8. Masukan perintah berikut untuk memastikan apakah Ponsel Xiaomi Mi A2 Anda sudah terdeteksi oleh PC.

fastboot devices

9. Perintah tersebut harus menampilkan ID device bersamaan dengan pesan "fastboot".
10. Sekarang masukan perintah berikut dalam urutan yang disebutkan untuk memflash partisi file image dan menginstal Update Xiaomi Mi A2 Android 10.


fastboot flash bluetooth_a bluetooth.img
fastboot flash bluetooth_b bluetooth.img
fastboot flash devcfg_a devcfg.img
fastboot flash devcfg_b devcfg.img
fastboot flash dsp_a dsp.img
fastboot flash dsp_b dsp.img
fastboot flash modem_a modem.img
fastboot flash modem_b modem.img
fastboot flash xbl_a xbl.img
fastboot flash xbl_b xbl.img
fastboot flash pmic_a pmic.img
fastboot flash pmic_b pmic.img
fastboot flash rpm_a rpm.img
fastboot flash rpm_b rpm.img
fastboot flash tz_a tz.img
fastboot flash tz_b tz.img
fastboot flash hyp_a hyp.img
fastboot flash hyp_b hyp.img
fastboot flash keymaster_a keymaster.img
fastboot flash keymaster_b keymaster.img
fastboot flash cmnlib64_a cmnlib64.img
fastboot flash cmnlib64_b cmnlib64.img
fastboot flash cmnlib_a cmnlib.img
fastboot flash cmnlib_b cmnlib.img
fastboot flash abl_a abl.img
fastboot flash abl_b abl.img
fastboot flash boot_a boot.img
fastboot flash boot_b boot.img
fastboot flash system_a system.img
fastboot flash system_b system.img
fastboot flash vendor_a vendor.img
fastboot flash vendor_b vendor.img
fastboot flash mdtp_a mdtp.img
fastboot flash mdtp_b mdtp.img
fastboot flash mdtpsecapp_a mdtpsecapp.img
fastboot flash mdtpsecapp_b mdtpsecapp.img

11. Terakhir, masukan perintah berikut untuk menghapus partisi DDR dan akan merestart ponsel Anda.

Cara kedua: Flash Android 10 Full OTA Package menggunakan TWRP


Note: Untuk memflash Full OTA Package akan membatalkan root ponsel Anda, mengganti TWRP dengan stok pemulihan, dan mengenkripsi ponsel Anda. Untuk mempertahankan semua hal ini, Anda harus mengikuti beberapa instruksi tambahan setelah memflash OTA, seperti yang tercantum di bawah ini. Ini juga akan menghapus semua data ponsel Anda, jadi pastikan Anda telah membuat backup-an data tersebut.

1. Download Xiaomi Mi A2 Android 10 Full OTA zip package.
2. Download juga Magisk, TWRP installer, dan Encryption Disabler di bawah ini.
3. Copy kedua file tadi kedalam penyimpanan memori eksternal atau internal ponsel Anda.
4. Matikan ponsel Anda ke dalam keadaan mati total.
5. Boot Mi A2 Anda ke dalam Mode Recovery TWRP dengan menahan tombol VOLUME ATAS dan TOMBOL POWER secara bersamaan.
6. Selanjutnya Anda harus Clear Cache, Cache Dalvik / ART, Data, dan Sistem.
7. Selanjutnya buka menu "Instal" dalam Mode Recovery TWRP dan pilih file Package Android 10 (miui_JASMINEGlobal_V11.0.4.0.QDIMIXM_545aa0d958_10.0.zip).

Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-OTA-Update-01
 
8. Selanjutnya Swipe tombol pada layar untuk memulai proses menginstal Update Android 10 pada Xiaomi Mi A2.
9. Penting: Sekarang, ubah slot ponsel Anda yang saat ini aktif menjadi slot yang saat ini tidak aktif. Untuk melakukan ini, buka menu "Reboot" di TWRP dan periksa slot yang saat ini aktif. Jika "a", maka atur ke "b", atau juga sebaliknya.

Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-OTA-Update-02
 
10. Setelah Anda berhasil mengganti slot, ketuk tombol "Recovery" di menu "Reboot" untuk merestart ulang Mi A2 Anda menjadi Recovery TWRP.
11. Sekarang, buka menu "Instal" dan pilih file zip Forced-Encryption Disabler zip file (Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_01.19.2020.zip).

Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-OTA-Update-03
 
12.Ketuk tombol "Add more ZIP" dan pilih file zip Magisk (Magisk-v20.3.zip) untuk menambahkannya ke antrian instalasi.

Install-Xiaomi-Mi-A2-Android-10-OTA-Update-04
 
13. Terakhir, Swipe tombol di layar untuk memflash file zip tersebut.
14. Setelah Anda berhasil memflash file tersebut ketuk tombol "Reboot System".

Xiaomi Mi A2 Anda kini sekarang harus masuk ke OS Android 10 yang sudah berhasil di update. Jadi, lanjutkan dan mulai menjelajahi semua fitur baru yang tersedia di Android 10, seperti Dark Theme di seluruh sistem, navigasi, improved gesture-navigation, Smart Reply, dan masih banyak lagi.

Jadi, Anda baru saja dapat download dan menginstal Update Xiaomi Mi A2 Android 10 secara manual. Jika Anda memilki pertanyaan tentang petunjuk dalam langkah-langkahnya, silahkan kirim komentar di bawah ini.

0 Comments