3 Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 10

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimum untuk Windows 10 memerlukan sebuah driver yang dapat di signature secara digital. Fitur ini biasanya sangat berguna jika Anda mengkhawatirkan keselamatan komputer Anda dari ancaman seperti malware, akan tetapi terkadang Anda ingin menginstal driver atau software yang tidak membutuhkan izin signature secara digital, dan kali ini saya telah membuatkan tutorial tentang Disable Driver Signature.

Sebagai pengingat, Windows 10 sejak awal sudah memiliki fitur ini, untuk mengharuskan Anda sebagai pengguna untuk menginstal driver atau software yang sudah tersigned secara digital.

Fitur ini pun sangat berguna jika Anda ingin melindungi PC Anda dari berbagai ancaman apapun, akan tetapi dari beberapa produsen tidak membuat driver yang memerlukan izin signature digital dan dapat menyebabkan terjadinya semua jenis masalah.

3 Cara Disable Driver Signature Enforcement Windows 10

Jika driver Anda tidak menggunakan signature secara digital, Anda tidak dapat menginstalnya sama sekali yang berarti Anda tidak akan dapat menggunakannya.

Maka, Anda akan mengalami kesulitan jika tidak dapat menginstal driver atau software yang sangat penting untuk Anda. Namun, untuk mengatasi masalah tersebut Anda dapat manfaatkan Disable Driver Signature Enforcement yang terdapat pada komputer Anda.

Sebelum kita mulai ke tahap tersebut, alangkah baiknya jika Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dan fungsi dari driver signature ini.

Apa itu driver signature?

Driver Signature atau Driver Signature Enforcement merupakan fitur security yang tidak mengizinkan proses instalasi driver tanpa digital signature. Software terpercaya seharusnya memiliki driver yang sudah disigned, tetapi karena Driver Signature Enforcement ini sudah ada sejak Windows 8 telah dirilis, banyak driver untuk versi Windows sebelum win 8 atau win 10 yang tidak disigned sehingga akan menyebabkan terjadinya blokir instalasi oleh fitur ini.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Windows Defender Di Windows 10 32bit & 64bit

Untuk melakukan Disable Driver Signature Windows 10 memiliki tiga cara yang berbeda, maka nanti dibawah ini akan kami jelaskan ketiga cara tersebut.

1. Cara pertama menggunakan startup setting

Untuk menggunakan cara ini untuk disable driver signature di Windows 10, namun cara ini hanya menonaktifkan driver signature hanya untuk sementara saja.

Setelah Anda merestart komputer maka Driver Signature ini akan kembali aktif secara otomatis di komputer Anda.

Untuk menggunakan cara ini, bisa ikuti langkahnya dibawahnya ini:

  1. Buka Pengaturan di windows 10 lalu pilih Update & Security > Recovery > Advanced Startup > Restart Now.
  2. Selanjutnya pilih Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart.
  3. Pada menu Startup Settings tekan tombol 7 pada keyboard untuk memilih Disable driver signature enforcement.

Maka nanti komputer akan merestart secara otomatis, dan setelah berhasil booting dan menyala kembali, maka driver signature sudah berhasil di disable / dinonaktifkan.

2. Cara kedua menggunakan local group policy editor

Cara lain adalah dengan menggunakan Local Group Policy Editor perlu diingat, dengan menggunakan cara ini Anda harus berhati-hati saat mengubah pengaturan dari Editor ini, dan Anda jangan mengubah pengaturan yang lain selain untuk Disable Driver Signature.

  1. Tekan logo Windows + R pada keyboard, lalu ketikan gpedit.msc lalu tekan enter / ok.
  2. Selanjutnya pada menu disebelah kiri, pilih User Configuration.
  3. Lalu pada bagian kanan, klik 2x pilih Administrative Templates.
  4. Selanjutnya klik 2x pada System.
  5. Selanjutnya klik 2x pada Driver Installation.
  6. Selanjutnya pilih Code signing for device drivers dengan mengklik 2x.
  7. Maka akan muncul tampilan berikutnya, lalu pilih Enable, dan pada menu Options yang dibawah pilih Ignore, lalu klik Apply untuk mengubah pengaturan, dan klik Ok.
  8. Terakhir, restart komputer Anda.

3. Cara ketiga / terakhir menggunakan Command prompt (CMD)

Jika Anda tidak ingin Disable Driver Signing secara permanen, Anda dapat menggunakan cara Windows 10 test mode.

Dalam test mode Anda dapat menginstal driver yang Anda inginkan tanpa mengalami masalah.

  1. Klik menu pencarian pada Windows 10, dan ketikan Command Prompt, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator.
  2. Pada menu CMD, ketikan bcdedit /set TESTSIGNING OFF lalu tekan enter.
  3. Setelah prosesnya berhasil, lalu restart komputer Anda.

Note: Untuk Enable Driver Signature kembali, gunakan cara yang sama, namun pada menu CMD ketikan bcdedit /set TESTSIGNING ON dan tekan enter, tunggu sampai prosesnya selesai, dan restart kembali komputer Anda.

Driver Signature Enforcement adalah fitur yang sangat berguna yang akan memberikan perlindungan ekstra pada komputer. Sekarang, Anda telah berhasil Disable Driver Signature Enforcement Windows 10. Atau jika Anda ingin memberikan komentar tentang Driver Signature Anda bisa berkomentar di bawah ini.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar