Cara Enable USB Debugging & Developer Options For Android

Jika Anda ingin menggunakan ADB dan Fastboot, melakukan sideload APK atau Zip, flash custom recovery atau stock factory images, mengakses dan mengontrol ponsel Android Anda menggunakan PC. Anda harus melakukan Enable Developer Options terlebih dahulu dan Enable USB Debugging. Tanpa mengaktifkannya, ponsel Android tidak dapat terhubung dengan PC. Berikut ini adalah Cara Enable USB Debugging dan Developer Options pada ponsel Android dari berbagai type.

Salah satu hal yang membuat Android berbeda sebagai sistem operasi untuk smartphone dan tablet adalah dari platform Open Source. Ini mendorong developer untuk terlibat dalam berbagai jenis kegiatan pengembangan. Dan satu fitur yang tanpanya custom development tidak akan semudah ini adalah ketersediaan Developer Options yang ditemukan di pengaturan semua perangkat ponsel Android.

Mari kita pelajari bagaimana kita dapat mengaktifkan Developer Options dan mengaktifkan USB Debugging pada ponsel Android yang sudah menggunakan Android KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Baca Juga : Cara Root & Instal Custom TWRP Realme C2 Unlock Bootloader

Cara Enable USB Debugging & Developer Options For Android

Developer Options ini berisi fitur-fitur canggih yang dapat membantu siapa pun dengan ide-ide pengembang untuk membangun, menguji, mendebug, dan mengemas aplikasi dan mod Android. Secara sederhana, developer options memungkinkan akses cepat ke ponsel Android dari komputer melalui perintah ADB dan Fastboot.

Features of Developer Options

Fitur Developer Options sangat diperlukan untuk pengembangan, peretas, dan penggemar Android sebagai sarana untuk dengan cepat mengakses dan mengontrol perangkat mereka melalui desktop. Bahkan jika Anda adalah pengguna biasa dan ingin melakukan root, menginstal Custom ROM, atau MOD lainnya pada ponsel Android Anda, Anda harus mengaktifkan USB Debugging di ponsel atau tablet Anda. Dan tidak akan dapat melakukannya kecuali Anda mengaktifkan Developer Options di ponsel Anda terlebih dahulu.

Baca Juga : Download Android SDK Platform Tools For Windows, Mac OS X, dan Linux Latest Version

Diantara fitur yang paling berguna yang ditemukan dibawah Developer Options adalah sebagai berikut:

  1. Enable USB Debugging melalui kabel USB.
  2. Cepat ambil laporan bug ke perangkat.
  3. Menampilkan penggunaan CPU di layar ponsel.
  4. Gambar informasi debug pada layar seperti batas tata letak, pembaruan pada tampilan GPU dan lapisan hardware, dan informasi lainnya.
  5. Banyak opsi lain untuk mensimulasikan tekanan aplikasi atau enable debugging options.

Opsi Developer Options selalu terlihat secara default di semua versi Android sebelumnya, di perangkat OS seperti dibawah ini:

1. Enable Developer Options on Gingerbread (Android 2.3)

Settings >> Applications >> Development >> USB Debugging

2. Enable Developer Options on ICS (Android 4.0)

Settings >> Developer Options >> USB Debugging

3. Enable Developer Options on JB (Android 4.1)

Settings >> Developer Options >> USB Debugging

Namun, Google telah membuat Developer Options disembunyikan setelah pembaruan Android 4.2 JellyBean. Anda masih dapat mengaktifkannya di ponsel Anda, tetapi Anda perlu sedikit berusaha untuk ini.

4. Enable Developer Options on Android 4.4++

Faktanya, opsi pengembang merupakan inti dari pengembangan Android sehingga tidak dapat dihapus selama Android adalah lingkungan open source. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkannya.

  1. Buka Settings >> About device or phone >> Software information >> ketuk 7 kali pada Build number.
  2. Setelah Anda mengetuk 7 kali pada Build number, maka Anda akan melihat pesan You are now a developer atau Developer mode has been enabled atau Developer mode has been turned on.

Nah itu adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Developer Options, sekarang Anda telah berhasil mengaktifkannya pada ponsel Android Anda.

Baca Juga : Download Android USB Driver For All Device Latest Version

Enable USB Debugging on Android

Setelah Anda mengaktifkan opsi pengembang, kembali ke halaman utama menu pengaturan.

  1. Kembali ke menu pengaturan utama dan sekarang Anda akan melihat menu baru yaitu Developer Options.
  2. Buka dan Anda akan menemukan opsi OEM Unlock dan USB Debugging disana. Anda sekarang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini. Harap dicatat bahwa untuk mengaktifkan OEM Unlock akan dapat menghapus semua data pada ponsel Anda.
  3. Buka opsi pengembang dan tekan icon disamping opsi USB Debugging untuk mengaktifkannya. Ketuk OK ketika Anda diminta untuk mengizinkan USB debugging pada perangkat Anda.
  4. Untuk menonaktifkan mode USB Debugging nanti, Anda dapat menghapus centang pada kotak sebelum opsi.
  5. Untuk enable Developer Options, buka Settings >> Developer Options >> dab ketuk slider ON / OFF dibagian atas halaman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Developer Options, Anda dapat melihat pada situs web resmi Developer Options Android.

Dengan begitu Anda baru melakukan Cara Mengaktifkan USB Debugging dan Enable Developer Options di semua ponsel Android. Setelah ini Anda dapat melanjutkan Unlock Bootloader, Install TWRP, atau Root.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar