Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan

Anda dapat menggunakan Windows 10 pada PC Anda untuk membuat koneksi hotspot untuk berbagi koneksi internet ke perangkat Anda yang lain. Windows 10 Update November 2019 sudah memiliki fitur bawaan untuk Wifi dan Hotspot, sehingga Anda dapat menghubungkan berbagai Ponsel Smartphone atau pun untuk Tablet.

Untuk mengkonfigurasikan hotspot Anda, pertama buka aplikasi Pengaturan dan klik menu Network & Internet. Lalu pilih halaman Mobile Hotspot dari menu navigasi disebalah kiri.


Dapat mengunakan fitur ini harus memiliki pengaturan yang cukup jelas. Pertama, Anda harus sudah terhubung ke koneksi internet pada PC Anda sebelum Anda ingin membagikan koneksi internet ke perangkat lain yang diinginkan. Jika Anda menggunakan Modem 4G LTE dengan konektivitas data seluler, Anda mungkin ingin membagikan koneksi LTE-nya ke perangkat lain.

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan 1

Selanjutnya Anda harus mengubah dan mengedit Nama Jaringan dan Password yang ingin Anda gunakan agar lebih mudah diingat untuk menyesuaikan nama dan password untuk hotspot Anda.  Network Name adalah nama perangkat yang akan ditampilkan saat proses scan koneksi hotspot yang tersedia. Lalu, pastikan Anda menggunakan password yang kuat untuk mencegah gangguan yang tidak diinginkan.

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan 2

Langkah terakhir adalah, nyalakan tombol hotspot ke posisi ON pada menu Mobile Hotspot untuk membuat Windows 10 mengaktifkan fitur hotspot sesuai yang Anda inginkan. Perangkat lain dapat menghubungkan dengan fitur Mobile Hotspot Windows 10.

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan 3

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan



  1. Buka aplikasi pengaturan pada Windows 10.
  2. Selanjutnya pilih Network & Internet > Mobile hotspot.
  3. Klik edit untuk mengkonfigurasi Nama Jaringan dan Password.
  4. Selanjutnya aktifkan tombol Share my Internet connection with other devices ke posisi ON.
  5. Finish

Secara internal, aktifkan tombol Share my Internet connections with other devices dibagian atas halaman ke posisi ON. Ini akan mengaktifkan hotspot Anda. Setelah beberapa saat, lalu akan muncul sebagai jaringan Wi-Fi di perangkat Anda yang lain. Lalu sambungkan menggunakan password yang sudah Anda konfigurasikan sebelumnya.

Cara Membuat Windows 10 Menjadi Hotspot Dengan Fitur Mobile Hotspot Bawaan 4

Saat Anda terhubung dengan perangkat Windows 10, hotspot Anda akan muncul di daftar menu jaringan wifi di ponsel Anda. Setelah beberapa saat maka akan tampil nama hotspot Windows 10 yang tadi sudah Anda konfigurasikan.

Setelah hotspot Anda aktif, Anda mendapatkan akses ke opsi baru, yaitu: Power Saving, Ini memungkinkan Windows untuk secara otomatis mematikan hotspot jika tidak ada perangkat yang terhubung selama periode waktu tertentu. Ini akan menghemat daya dan menurunkan risiko keamanan perangkat Anda mempublikasikan hotspot yang tersedia.

0 Comments