Download Android SDK Platform Tools For Windows, Mac OS X, dan Linux Latest Version

Download Android SDK Tools sekarang telah tersedia sebagai file yang berformat zip langsung dari Google. Anda cukup download SDK platform-tools zip terbaru yang berisi file ADB dan Fastboot untuk Windows, Mac, dan Linux dibawah ini. Anda kemudian dapat menjalankan perintah ADB dan Fastboot untuk menginstal Recovery TWRP untuk dapat masuk ke mode bootloader dan untuk flash stock ROM dan recovery image menggunakan komputer Windows, Mac, atau Linux.

Android SDK dan Android Studio adalah tools untuk pengembang saja dan digunakan untuk tujuan pengembangan aplikasi Android. Namun, jika Anda hanya seorang teknisi yang suka mengotak-atik ponsel Anda untuk pekerjaan yang lebih kecil seperti membuka unlock bootloader, flasing, atau recovery twrp, download SDK atau Studio Android tidak lagi diperlukan. Sekarang Anda dapat download file ADB dan Fastboot tool terbaru atau file zip Android SDK Platform-Tools tergantung pada OS komputer Anda.

Baca Juga : Cara Root & Instal Custom TWRP Realme C2

Platform-Tools adalah salah satu komponen Android SDK dan mencakup berbagai tool, seperti ADB dan Fastboot. Jika Anda pernah ingin download file ADB dan Fastboot tanpa harus mendownload seluruh Android Studio atau SDK, Google akhirnya membuat itu secara resmi untuk Windows, Mac, dan Linux. Demikian Anda sekarang dapat download file ADB dan Fastboot terbaru dari situs Google Developer.

Download Android SDK Platform Tools For Windows, Mac OS X, dan Linux Latest Version

Sebelum pengembangan baru ini, pengguna harus download Android SDK atau Studio, yang merupakan ukuran file berkapasitas 400MB hingga 1.6 GB dan mengandalkan sumber pihak ketiga untuk mengambil driver ADB dan Fastboot. Anda juga harus terbiasa dengan Minimal ADB dan Fastboot yang dapat dieksekusi yang perlu kami instal untuk mendapatkan Android SDK Platform Tools.

Dalam banyak kasus, download tools pihak ketiga biasanya berisi hal-hal yang tidak diinginkan seperti Trojan. Selanjutnya, untuk mendapatkan SDK platform terbaru, kami juga harus tetap memantau rilisan terbaru. Terkadang versi terbaru dari tool yang dapat dieksekusi tersebut menginstal binari ADB dan Fastboot yang sudah ketinggalan zaman. Sudah waktunya sekarang untuk mendapatkan tool terbaru langsung dari Google.

Baca Juga : Cara Enable USB Debugging & Developer Options For Android

Mengapa harus mendownload file-file yang berukuran besar jika Anda hanya memerlukan file kecil? Ukuran file resmi Platform Tools hanya berukuran sekitar 4 MB.

Download Android SDK Platform Tools Terbaru

  1. SDK Platform Tools for Windows : platform-tools-latest-windows.zip
  2. ADB Platform Tools for Mac OS X : platform-tools-latest-darwin.zip
  3. SDK or ADB Platform Tools for Linux and Ubuntu : platform-tools-latest-linux.zip

Anda juga dapat mengunjungi halaman resmi dan melihat catatan rilis. Jika Anda ingin menggunakan ponsel Android Anda di PC untuk menjalankan perintah ADB dan Fastboot.

Langkah-langkah untuk menggunakan dan menjalankan perintah ADB

Setelah mendownload file SDK Platform-Tools.zip terbaru, cukup ekstrak di PC Anda. Buka folder yang sudah diekstrak, dan jalankan command window di dalam folder "platform-tools" dan jalankan perintah ADB dan Fastboot yang diinginkan.

Baca Juga : Download Android USB Driver For All Device Latest Version

Ada dua cara untuk membuka command window dari dalam folder. Cara termudah dan tercepat untuk menjalankan command prompt atau cmd dari folder platform-tool adalah dengan mengetik CMD di menu pencarian dengan menekan tombol Wndows + R dan tekan enter.

Anda juga dapat membuka prompt perintah pada windows sebagai berikut. Arahkan kursor mouse pada area kosong di dalam folder, lalu tekan tombol Shift + klik kanan pada mouse dan pilih "Open command window here" atau "Open PowerShell window here" untuk windows 10.

Setelah menjalankan CMD, Anda dapat menjalankan perintah ADB atau Fastboot.

Jangan lupa untuk authorize ADB dan mengizinkan ADB debugging pada ponsel Android Anda saat diminta. Selain itu, untuk dapat menggunakan perintah ADB dan Fastboot, Anda harus enable USB debugging terlebih dahulu pada ponsel Anda.

Misalnya, jika Anda ingin memeriksa koneksi antara ponsel Android Anda dan komputer, Anda dapat mencoba perintah berikut.

adb devices

Demikian pula, Anda dapat reboot ponsel Android Anda ke mode Bootloader menggunakan perintah adb reboot bootloader dan bahkan menginstal aplikasi APK.

Dengan begini Anda telah selesai Download Android SDK Platform Tools dengan versi terbaru. Semoga setelah ini Anda dapat dengan mudah untuk melakukan unlock bootloader pada ponsel Android milik kalian.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar