Cara Menerapkan Hacking Scheme Di Windows Terminal For Windows 10

Mungkin disini ada yang belum mengetahui tentang apa itu Windows Terminal. Untuk kalian yang belum mengetahui fungsi dan manfaat dari Windows Terminal, maka disini akan saya jelaskan Apa Itu Windows Terminal.

Cara Menerapkan Hacking Scheme Di Windows Terminal For Windows 10

Apa Itu Windows Terminal

Windows Terminal adalah sebuah aplikasi untuk pengguna command line tools yang hampir mirip seperti Command Prompt, Windows PowerShell, Windows Subsystem for Linux (WSL). Fitur utama yang terdapat pada Windows Terminal termasuk beberapa tab, panel, dukungan Unicode, dan karakter UTF-8, mesin rendering teks berakselerasi GPU, dan kemampuan untuk membuat tema Anda sendiri dan dapat menyesuaikan text, latar belakang.

Namun, pada postingan saya kali ini. Saya akan membuat tutorial tentang Cara Menerapkan Color Scheme Ala Hacker di Windows Terminal for Windows 10. Hal ini tentu dapat Anda lakukan karena Windows Terminal ini telah mendukung Custom Themes, yang mana salah satu hal yang sangat menarik yang hadir di aplikasi ini. Yuk, langsung saja akan saya jelaskan bagaimana langkah menerapkan Color Scheme di Windows Terminal.

Langkah Pertama. Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendownload Windows Terminal versi terbaru atau Anda juga dapat mendownloadnya disini.

Langkah Kedua. Selanjutnya buka Windows Terminal >> Klik tanda panah kebawah >> Settings. Maka akan muncul tampilan settings.json yang berbentuk notepad.

Langkah Ketiga. Selanjutnya copy semua isi dari settings.json, lalu buka notepad baru dan pastekan semua isi tersebut ke dalam notepad yang baru. Lalu simpan dan berikan nama sebagai berikut settings.json dan untuk Encoding pilih yang UTF-8 dan save. Agar lebih mudah dicari simpan di Dekstop.

Langkah Keempat. Buka aplikasi Visuial Studio Code, lalu pilih File >> Open File >> lalu cari file settings.json yang tadi baru Anda save >> Open. Anda dapat mendownloadnya disini.

Langkah Kelima. Cari "schemes”: [], dan ganti dengan variable dibawah ini.

"schemes": [{
     "background": "#000000",
     "black": "#2E3436",
     "blue": "#4CEB34",
     "brightBlack": "#4CEB34",
     "brightBlue": "#4CEB34",
     "brightCyan": "#4CEB34",
     "brightGreen": "#4CEB34",
     "brightPurple": "#4CEB34",
     "brightRed": "#4CEB34",
     "brightWhite": "#4CEB34",
     "brightYellow": "#4CEB34",
     "cyan": "#4CEB34",
     "foreground": "#4CEB34",
     "green": "#4CEB34",
     "name": "Green",
     "purple": "#4CEB34",
     "red": "#4CEB34",
     "white": "#4CEB34",
     "yellow": "#4CEB34"
 }],

Maka hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini.

Langkah Keenam. Selanjutnya, untuk membuat seluruh Profile (PowerShell, CMD, dan WSL Command Line) memiliki Color Scheme ala Hacker ini, Anda bisa menambahkan variable dibawah ini.

"colorScheme": "Green"

Lau masukkan variable tersebut tepat dibawah // Put settings here that you want to apply to all profiles.

Langkah Ketujuh. Jika sudah lalu save, dengan cara pilih File >> Save.

Langkah Kedelapan. Buka file settings.json yang ada di dekstop, disini saya menyarankan dengan membukanya via Notepad, lalu copy semua isi filenya dan close notepad tersebut.

Langkah Kesembilan. Kembali pada layar Windows Terminal, lalu ganti semua isi yang ada di settings.json Notepad yang terdapat pada Windows Terminal dengan isi variable yang tadi baru Anda copy.

Langkah Kesepuluh. Jika sudah, lalu save. Maka secara otomatis tampilan dari Windows Terminal akan berubah menjadi ala hacker.

Jika Anda kurang memahami dengan penjelasan diatas, Anda dapat melihat tutorial tentang Cara Menerapkan Hacking Scheme di Windows Terminal for Windows 10 di dalam video dibawah ini.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar