Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro (5G)

Dalam postingan ini, Anda akan melihat tentang Unlock Bootloader Realme X50 dengan menggunakan dengan cara Official Unlock dan perintah Fastboot. Realme telah berhasil menjual sebagian besar produk smartphone ini ke pasaran dengan menawarkan ponsel canggihnya dengan resolusi harga yang terjangkau.

Dan tidak berhenti disitu, perusahaan Realme juga menyediakan cara resmi untuk membuka kunci bootloader (Unlock Bootloader) bagi mereka untuk penggunanya jika ingin melakukan custom pada ponsel ini.

Baca Juga : Cara Install Custom Recovery TWRP Realme X50 Pro 5G

Untuk melakukan Custom ROM, menginstal TWRP, atau melakukan Root dengan menggunakan Magisk, ponsel Anda wajib sudah dalam keadaan di Unlock Bootloader.

Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro (5G)

Bootloader pada Realme ini dapat dengan mudah di unlock melalui fastboot. Namun, ada langkah tambahan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yaitu dengan menggunakan Official Unlock yang dikenal sebagai In-Depth Test yang telah disediakan oleh Realme, Official Unlock ini untuk memvalidasi bootloader. Setelah bootloader telah berhasil divalidasi, Anda akhirnya dapat membuka Unlock Bootloader pada Realme X50 Pro milik Anda.

Informasi Penting Tentang Unlock Bootloader

Bootloader yang sudah di Unlock (Tidak Dikunci) pasti akan memberikan Anda lebih banyak kebebasan dan kendali atas perangkat lunak ponsel Anda, namun disertai juga dengan beberapa risiko. Jadi sebelum Anda melakukan langkah-langkahnya, pastikan untuk mengetahui informasi penting apa saja yang tercantum di bawah ini.

  1. Pertama, kesalahan apa pun yang disebabkan saat melakukan Custom ROM, Root, dan sebagainya. Setelah melakukan Unlock Bootloader dapat mengakibatkan ponsel mengalami bootloop.
  2. Anda akan terus menerima pembaruan UI OTA resmi pada ponsel Realme setelah melakukan Unlock Bootloader. Namun ini hanya berlaku sampai Anda telah membuat modifikasi untuk perangkat lunak, seperti menginstal Custom Recovery TWRP, Root, dll.
  3. Jika Anda berhasil melakukan modifikasi ponsel Anda seperti mengintal ROM, MOD, dll. Anda dapat melakukan flash ke ROM bawaan dengan menggunakan Realme Flash Tool.
  4. Setelah sukses Unlock Bootloader, status Widevine dari Realme X50 Pro Anda akan diubah dari L1 menjadi L3. Dan ini berarti Anda tidak akan dapat melakukan streaming konten HD pada aplikasi streaming seperti Netflix. Meskipun jika Anda telah melakukan root pada ponsel Anda, Anda dapat menggunakan Modul Magisk untuk mengembalikan status Widevine dari L3 menjadi L1.

Persyaratan Untuk Melakukan Unlock Bootloader Realme X50 Pro

  1. Melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Anda, akan menghapus semua data yang tersimpan pada ponsel Realme. Jangan lupa untuk melakukan Backup data terlebih dahulu.
  2. Usahakan baterai ponsel Anda terisi minimal 50% agar proses dapat dilakukan dengan lancar.
  3. Pastikan Anda telah menginstal semua Realme USB Driver terbaru untuk Realme X50 Pro di PC.
  4. Download Platform Android SDK (ADB dan Fastboot) terbaru.
  5. Saat melakukan langkah-langkahnya, Anda harus menjalankan command-line window di folder dimana platform SDK berada. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
  6. PowerShell di Windows: buka folder tempat ADB dan Fastboot berada. Kemudian tahan tombol Shift dan klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut, lalu pilih Open PowerShell window here.

Cara Unlock Bootloader di Realme X50 Pro

Untuk kenyamanan Anda dalam memberikan pemahaman yang lebih tentang proses Unlock Bootloader, kami telah membagi langkah-langkahnya menjadi empat bagian utama, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Baca Juga : Cara Root Realme X50 Pro 5G (Work 100%) Via TWRP Recovery

Langkah 1: Turn On / Enable OEM Unlock di Ponsel Realme X50 Pro

Langkah pertama dari proses ini adalah untuk mengaktifkan OEM Unlock pada Realme X50 Anda. Untuk melakukannya, buka Settings >> About Phone >> dan sentuh 7 kali pada Version, sehingga Anda akan melihat pesan You are now in Developer Mode!.

Selanjutnya, kembali ke menu utama pengaturan lalu pilih Additional Settings >> Developer Options >> lalu cari OEM Unlock, lalu geser tombol tersebut untuk mengaktifkannya.

Langkah 2: Download Unlock Tool dab Validate Bootloader

Sekarang langkah kedua adalah memvalidasi bootloader Realme X50 Pro Anda untuk membukanya. Jadi, download Official Unlock Tool (DeepTesting_X 50pro.apk; Extraction code: “l7n3”) dan instal APK yang sudah di download di ponsel Anda.

Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi tersebut dan ketuk Start Applying. Kemudian buka tampilan Disclaimer yang diperlihatkan di layar ponsel, kemudian pilih I have I have read and agreed to the aforesaid content dan pilh Submit application.

Sekarang pengajuan Anda untuk melakukan Unlock Bootloader akan diproses oleh server Realme. Setelah 15 menit, menu Unlock Tool akan menampilkan pesan sebagai berikut Review Successful.

Langkah 3: Start the In-Depth Test & Reboot Phone into Fastboot Mode

Pada poin ini, permintaan untuk Unlock Bootloader Anda telah berhasil disetujui oleh Realme. Sekarang Anda dapat melakukan Unlock Bootloader. Untuk melakukan ini, pilih Begin In-Depth Test di aplikasi Unlock Tool. Setelah Anda melakukan ini, Realme X50 Pro Anda akan secara otomatis reboot ke mode Fastboot.

Langkah 4: Unlock Bootloader Realme X50 Pro Via Fastboot

Setelah ponsel Anda dalam Mode Fastboot, sambungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB Original dan kemudian jalankan command-line pada PC, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini untuk memverifikasi apakah PC Anda sudah terhubung baik dengan ponsel.

.\fastboot devices

Setelah memasukkan perintah di atas, dalam command-line harus menampilkan ID ponsel Anda bersama dengan pesan fastboot. Jika tidak, maka pastikan Anda telah berhasil menginstal Driver USB yang tepat atau mencoba dengan menggunakan Port USB yang lain atau ganti kabel USB dengan yang lain.

Selanjutnya ketikan perintah di bawah ini di command-line-window dan tekan Enter untuk memulai proses Unlock Bootloader.

.\fastboot flashing unlock

Setelah Anda memasukkan perintah tersebut, konfirmasi akan ditampilkan di layar ponsel Anda. Lalu gunakan tombol Volume untuk memilih ke UNLOCK THE BOOTLOADER dan tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi dan akan melanjutkan ke proses Unlock Bootloader pada Realme X50 Pro Anda.

Lalu ponsel akan secara otomatis reboot dan semua data yang terdapat pada ponsel akan terhapus semua. Setelah melakukan boot ulang, Anda dapat mengatur ulang ponsel, masuk ke akun Google Anda, dll.

Sekarang ponsel Anda sudah berhasil melakukan Unlock Bootloader Realme X50 Pro. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan dan menginstal Recovery TWRP di ponsel Anda dan melakukan flash Magisk untuk melakukan Root.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar