Kenali Tanda-Tanda Perempuan Dan Laki-Laki Mengalami Pubertas - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 30 Mei 2021

Kenali Tanda-Tanda Perempuan Dan Laki-Laki Mengalami Pubertas

Jerawat biasanya muncul ketika ada perasaan orang yang disukai atau perubahan suasana hati yang dialaminya. Seolah tumbuh dewasa tak cukup berat saat memasuki usia dewasa, dan kamu akan menghadapi hal aneh dan memalukan setiap harinya.

Tapi jangan khawatir, semakin kamu tahu tentang perubahan tubuhmu, maka semakin mudah kamu untuk menghadapinya. Memang ada sedikit perbedaan, tapi anak laki-laki dan perempuan pasti akan mengalami pubertas.

Untuk perempuan, pubertas biasanya terjadi antara umur 10 - 14 tahun. Sedangkan laki-laki, biasanya terjadi sekitar umur 12 - 16 tahun.

Tentu saja faktor gen dan lingkungan bisa menentukan kapan tepatnya kamu akan mulai melalui pubertas.

Tanda Kamu Mengalami Pubertas

1. Perempuan

1.1. Perubahan Fisik

Salah satu hal pertama yang disadari perempuan saat melalui pubertas adalah perubahan tubuh, khususnya untuk area dada dan kepala. Perempuan akan menyadari dada mereka mulai berisi saat pubertas dimulai, tapi prosesnya tidak cepat.

Dada perempuan berubah dalam waktu lebih lama dan payudara baru tumbuh sempurna kira-kira pada umur 19 tahun. Tapi beberapa perempuan tidak semuanya akan tumbuh pada usia 19 tahun, pertumbuhan dan kecepatannya tergantung dari masing-masing perempuan itu sendiri.

Baca Juga : Membuat Bulu Mata Menjadi Lebih Tebal Dan Indah Hanya Dalam Satu Bulan

Jika kamu mencemaskan perhatian terkait dadamu, maka disarankan untuk menggunakan bra. Meskipun bra olahraga sekalipun, dengan begitu kamu bisa membuatnya tak mencolok saat kelas olahraga.

Kamu juga mungkin sadar pinggulmu tampak tumbuh, tampak lebih lebar dari sebelumnya. Tubuhmu tiba-tiba lebih berlekuk daripada saat kecil. Pinggul yang melebar adalah cara tubuhmu bertumbuh menjadi perempuan dewasa yang akan mengandung anak kelak.

Tapi jangan stres dengan perubahan tubuhmu, ajak ibu atau ayahmu berbelanja, mungkin kamu akan membutuhkan celana jeans yang lebih pas di tubuhmu.

1.2. Rambut

Pada masa ini perempuan juga mungkin akan menyadari tumbuhnya rambut di tubuh mereka, seperti di ketiak, kaki, dan dibagian bawah. Jika itu merasa buatmu tak nyaman, tanyai perempuan dewasa yang kamu percayai tentang pilihan bercukur.

2. Laki-Laki

2.1. Pertumbuhan Badan

Para laki-laki yang merasa diabaikan, jangan khawatir. Kamu juga mengalami banyak perubahan, berkat hormon baru bernama Testosteron. Tapi kamu cenderung melihat perubahan ini sedikit lebih lama daripada perempuan.

Jika penasaran kapan kamu akan menyamai perempuan tinggi di sekolah, jangan khawatir. Sebab itu pasti akan terjadi sekitar umur 12 dan 14 tahun, laki-laki memulai pertumbuhan badan secara resmi dan bisa berharap tumbuh sekitar 8 cm - 30 cm.

Tapi sebelum kamu mengejar karir di NBA, ingatlah tidak semua laki-laki tumbuh sangat tinggi. Tentu saja itu tergantung dari sebuah gen.

2.2. Perubahan Suara Dan Rambut

Satu lagi ciri memalukan yang bisa ditunggu laki-laki saat pubertas. Sekitar umur 14 atau 15 tahun, laki-laki akan menyadari suara mereka makin berat dan sering kali menyebabkan suara pecah. Mungkin itu membuat orang tertawa, tapi perubahan suara ini benar-benar normal.

Kamu juga mungkin akan menyadari benjolan di tenggorokanmu lebih jelas, itu disebut Jakun. Sama seperti perempuan, laki-laki juga menyadari tumbuhnya rambut di tubuh, termasuk di wajah.

Ada Gejala Lain Yang Dialami Keduanya

Laki-laki dan perempuan memiliki ciri pubertas yang berbeda, tapi ada gejala lain yang dialami keduanya dan itu bisa sama canggungnya.

1. Jerawat

Jumlah hormon yang tiba-tiba berubah bisa mengacaukan kulitmu. Menumbuhkan banyak jerawat di wajah dan tubuh, masuk kelas dengan jerawat besar di dahimu mungkin bukan gaya yang ingin kamu tampilkan. Tapi semua orang memiliki jerawat, dan pasti maklum dengan hal ini.

Jika kamu mencemaskan masalah ini, ada pencegahan yang bisa kamu lakukan agar kulitmu tetap sehat, yaitu dengan mulai menarik kulit dari bawah mata ke arah bawah dengan ujung jarimu, lalu tutup mata dan hitung sampai enam.

Melakukan latihan ini beberapa kali setiap hari akan membantu melancarkan aliran darah dan memberi warna kulit sehat dan berseri, yang bisa membawa keajaiban untuk kulit berjerawat. Selain latihan ini, kunjungi Dermatolog untuk mengetahui cara pencegahan jerawat lainnya.

2. Bau Badan Baru

Beberapa orang menyebutnya sebagai semangat remaja, tapi aroma yang kamu cium saat masa pubertas disebut bau badan. Aroma baru ini mungkin memalukan, tapi itu sangat normal bagi laki-laki dan perempuan.

Jika kamu menyadari ketiakmu lebih bau dari biasanya, misalnya saat cuaca panas atau setelah berolahraga. Maka lebih baik saatnya memakai antiperspirant (deodoran).

Ada berbagai jenis deodoran yang dapat digunakan baik untuk laki-laki atau perempuan, yaitu gel, tabur, dan bahkan semprot. Kamu bebas ingin menggunakan yang mana, tergantung apa yang kamu rasa paling nyaman.

3. Orang Yang Disukai

Banyak laki-laki atau perempuan di kelasmu dulu yang tampak menyebalkan atau menjijikan. Tapi kini mereka tampak sangat menarik. Jangan khawatir, sebab perasaan ini sangat wajar dan kamu akan terbiasa.

Saat memasuki usia dewasa, kamu akan menyukai seseorang, bahkan orang yang dulu tampak menjijikan atau menyebalkan. Awalnya perasaan ini terasa sangat aneh, dan ditolak dengan orang yang kamu suka rasanya menyakitkan.

Kamu akan berangsur terbiasa dan merasa lebih nyaman menyatakan perasaanmu kepada orang yang kamu suka. Ingat, kamu mungkin merasa ingin sekali pergi bersama orang yang kamu suka atau orang baru.

Tapi, takkan ada salahnya bicara saat ada sesuatu yang membuatmu merasa tidak nyaman.

4. Perubahan Suasana Hati

Merasa marah karena tak mendapat peran dalam sebuah drama sekolah, mungkin akan membuat kita merasa marah atau kecewa. Gelombang hormon barumu membuat suasana hatimu berubah-ubah. Perubahan suasana hati ini bisa membuatmu merasa marah, sedih, dan bahkan memberontak.

Karena pada usia ini, kamu sedang mencari tahu siapa dirimu sebenarnya dan apa sesungguhnya yang kamu mau. Pemikiran dan penemuan ini akan membuatmu lebih mandiri daripada sebelumnya.

Mencoba hal baru dan mengetahui tentang dunia adalah hal yang seru, tapi kamu harus tetap logis. Jangan membahayakan dirimu hanya karena kamu merasa penasaran.

5. Bicarakan Saja

Mudah menonton video tentang pubertas dan ciri khasnya, tapi sebenarnya tak semudah itu melaluinya. Keadaan bisa membuatmu kewalahan dan akan takut. Jadi, akan lebih baik mencari seseorang untuk membicarakan perubahan yang kamu alami.

Contoh yang baik adalah guru BK, bicara dengan kakak atau anggota keluarga yang bisa kamu percaya. Hal ini mungkin akan sedikit juga sangat membantu. Jika kamu suka memendam perasaanmu, hal itu juga tidak apa-apa.

Coba cari cara kreatif untuk melampiaskan perasaanmu, mungkin kamu bisa menulis novel atau mungkin kamu berbakat menggambar dan ingin membuat komik sendiri. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menulis di buku harian setiap malam, bisa membantumu berpikir logis dan menjernihkan pikiranmu.

Kesimpulan

Ingat pubertas tak akan bertahan selamanya. Takkan selalu canggung mengobrol dengan orang yang kamu suka, atau belanja dengan ibumu. Hal itu pasti akan berlalu, dan kamu akan menjadi orang dewasa yang hebat seperti yang kamu mau. Jadi, tenanglah dan nikmati saja masa itu.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.