Misteri Gunung Peyek Dan Goa Segara Kahuripan - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 04 Juni 2021

Misteri Gunung Peyek Dan Goa Segara Kahuripan

Kota Bogor memang lekat dengan suasana yang asri, tak heran kota ini menjadi salah satu tempat favorit beberapa orang untuk berlibur singkat. Namun tahukah kamu, bahwa ada beberapa lokasi yang awalnya tempat wisata namun kini berubah menjadi tempat yang dikenal mistis. Salah satunya adalah Gunung Peyek, gunung ini tak seperti gunung pada umumnya.

Penampakan dari gunung peyek ini sekilas terlihat seperti bukit, namun memiliki kisah mistis dibaliknya. Tersebar pula mitos yang tidak memperbolehkan siapapun membawa atau mengambil sesuatu dari gunung ini tanpa izin, jika melanggar maka ia akan terkena bala.

1. Dulu Tak Ada Yang Berani Berkunjung

Gunung peyek terletak di pinggiran Kota Bogor dan dikelilingi pemandangan yang asri, masyarakat sekitar menganggap bahwa gunung ini keramat. Bahkan dahulu para orangtua melarang para anak-anaknya untuk bermain di kawasan ini tanpa adanya pengawasan. Jika mendatangi gunung peyek kamu akan melihat sesuatu yang unik, biasanya karang terdapat di lautan namun karang tersebut ada di gunung ini.

Baca Juga : Misteri Di Balik Pintu Terlarang, Sphinx Benarkah Meyimpan Rahasia Dunia?

Belum jelas pasti dari mana karang ini berasal. Dulunya pernah ada seseorang yang mencoba mengambil karang dari gunung peyek ini, lalu sesampainya di rumah orang tersebut tak sadarkan diri, ia bisa sembuh setelah dibawa kembali ke gunung peyek dan mengembalikan karang yang ia ambil sebelumnya.

2. Mata Air Segara, Penyembuh Penyakit

Selain bukit-bukit di kawasan ini juga terdapat 3 kolam mata air yang konon katanya dapat menyembuhkan segala macam penyakit baik medis maupun non-medis. Menurut penuturan penjaga kawasan gunung peyek ini, dulu pernah ada seseorang yang terkena gangguan jiwa atau tiba-tiba saja kehilangan akal sehatnya.

Setelah beberapa kali berendam di kolam ini, orang tersebut perlahan mendapat kesembuhan. Tentunya kamu tahu tentang tradisi melempar koin ke sebuah kolam untuk meminta sebuah permintaan, ternyata tradisi tersebut juga berlaku di kolam mata air segara ini. Uniknya tradisi ini bukan baru-baru saja terjadi melainkan sejak ratusan tahun lalu.

3. Goa Segara Kahuripan

Terdapat sebuah goa di gunung peyek, goa ini bernama Goa Segara Kahuripan. Di goa tersebut terasa aura mistis ketika mulai memasuki area goa tersebut. Sebagian masyarakat mengatakan bahwa terdapat bangunan istana kasat mata tepat di depan goa segara, adapula sosok penunggu area ini yang dipercaya memiliki wujud kepala manusia berbadan ular.

Jika berkunjung ke gunung peyek, kamu akan melihat papan-papan penanda yang menghimbau para pengunjung untuk selalu berlaku sopan, bukan tanpa alasan, hal kurang menyenangkan pernah menimpa salah seorang pengunjung yang mengambil sesuatu di area goa tanpa izin.

4. Puncak Kukusan

Puncak dari gunung peyek adalah sebuah batu atau karang berbentuk mengerucut, orang dulu menyebutnya seperti tempat untuk mengukus. Oleh karena itu gunung ini juga dikenal dengan nama gunung kukusan. Meski puncak kukusan terkenal angker, adapula sebagian orang berkunjung pada malam hari hanya untuk menyepi, mereka percaya biasanya akan mendapat ketenangan atau petunjuk mengenai suatu hal.

Hal itu pula yang dirasakan oleh sang penjaga kawasan ini saat sedang menyepi di puncak gunung, ia sering kali mendapat petunjuk atau bisikan untuk tetap menjaga kawasan gunung peyek ini. Seperti papan penanda yang ada di puncak kukusan, bukan sembarang tulisan namun ada kisah menarik dibaliknya.

Penutup

Dulunya tak ada yang berani berkunjung ke gunung peyek, namun setelah ada pengelolaan yang baik gunung peyek sudah mulai didatangi oleh para pengunjung tetap tanpa mengurangi kesakralan kawasan ini. Himbauan untuk berlaku berbicara yang sopan dan tidak boleh mengambil apapun dari tempat ini tanpa izin harus tetap dipatuhi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.