Rahasia McDonalds Yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 09 Juni 2021

Rahasia McDonalds Yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui

Beroperasi di lebih dari 118 negara dengan perkiraan 35.000 cabang dan nyaris 2.000.000 orang yang dipekerjakan di seluruh dunia. McD menjadi raksasa merek makanan cepat saji yang paling populer saat ini. Didirikan pada tahun 1940 yang awalnya adalah restoran barbeque dan bertransformasi menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia dengan pendapatan pertahun mendekati 30 Miliar USD.

Bukan berarti pencapaian McD di atas bisa melindunginya dari kritikan orang-orang karena pilihan kontroversial mereka. Dan inilah 5 hal rahasia McDonalds yang mungkin kalian tidak ketahui.

1. Resep Rahasia

Bukan hal rahasia, kalau McDonalds adalah salah satu dari makanan yang paling tidak sehat yang pernah kalian makan. Terus, memang apa sih yang mereka masukkan di dalam resep makanan mereka? McD kan terkenal dengan Chicken Nugget, Hamburger, dan Kentang Gorengnya.

Tapi ternyata beberapa tahun lalu beredar rumor cukup ramai beritanya di Amerika. Kalau daging yang McD pakai sebagai bahan ini, hampir disemua menunya mengandung Pink Slime. Pasti kalian bertanya apa sih itu Pink Slime! Pink Slime dalam bahasa indonesia biasa kita sebut dengan daging tetelan atau daging urat semacamnya.

Daging tetelan ini ditambahkan atau dicampur di daging sapi cincang yang sudah diproses. Sebelum dicampur di daging sapi cincang, daging Pink Slime ini menjalani proses penghilangan kandungan lemak dengan gas Amonia untuk membasmi bakteri berbahaya, seperti bakteri E. coli, Salmonella, atau bakteri lainnya.

Baca Juga : Superhero Marvel Terkuat Yang Memiliki Kekuatan Luar Biasa Nyaris Seperti Tuhan

Tujuan ditambahkannya Pink Slime ini ke dalam daging cincang, yaitu biar dagingnya jadi lebih banyak. Pink Slime ini sebelum ditemukannya teknologi disinfektan, hanya boleh dijual untuk makanan hewan peliharaan atau pet food.

Selain rumor Pink Slime, sebuah penelitian beberapa waktu lalu telah menemukan kandungan olahan lainnya, seperti kandungan Dimethyl yang biasa digunakan untuk pembuatan lensa kontak dan juga Propilen glikol yang biasa digunakan untuk anti beku dan rokok elektrik.

Tapi, adakah hal lain yang lebih kontroversial selain hal itu? Casein sering disebut nikotinnya masakan cepat saji. Casein secara alami memang ada di dalam susu, tapi McDonalds mencampurkan secara tidak alami dengan konsentrasi yang diluar kewajaran, dengan menambahkan hidrogen fosfat dan memasaknya menjadi daging sapi yang kalian makan sewaktu di McD.

Casein mempunyai efek seperti heroin yang membuat kita menjadi candu. Satu lagi, di dalam menunya McD juga menambahkan Mononatrium glutamat atau yang kita sebut MSG. Kandungan MSG terbukti bisa membuat kita lapar setelah mengkonsumsinya. Jadi, bikin kita ketagihan mau makan McD lagi dan lagi.

2. Kekerasan Dalam Dunia Per-Hewanan

Menu-menu di McDonalds sebagian besar di dapat dari penyiksaan dan pembunuhan jutaan hewan. Hewan-hewan tersebut berasal dari peternakan yang secara intensif menjadi hewan yang tidak mendapatkan udara segar dan sinar matahari. Kematiannya adalah kematian yang sangat bar-bar.

Yang pertama kali mengejutkan adalah proses produksi yang mereka lakukan itu adalah horror yang menakutkan. Dalam proses produksi itu, McD benar-benar telah melakukan eksploitasi tanpa batas terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia. Seperti pemaparan mantan pekerja McD tentang bagaimana cara McD mendapat dan memperlakukan ayam-ayamnya.

Menurutnya, kondisi peternakan McD sangatlah buruk, bahkan lebih mirip tempat penyiksaan, ketimbang tempat peternakan. Ayam-ayam diletakan di kandang yang sama sekali tidak layak disebut kandang, sempit dan tidak punya akses cahaya matahari, Tempat yang seperti itu menyebabkan ayam-ayam tersebut tidak dapat bergerak, bahkan untuk berdiri pun tidak bisa.

Banyak diantara ayam-ayam tersebut yang patah tulang atau terluka, bahkan tidak sedikit juga yang mati. Dan sudah sejak kecil, ayam-ayam itu disuntik obat anti biotik dan obat-obatan yang akan membuat mereka cepat tumbuh besar. 44% ayam-ayam tersebut mengalami gangguan kesehatan akibat obat-obatan tersebut.

Kalau kalian search di Google pakai kata kunci McDonald cruelty, kalian akan menemukan fakta-fakta seputar hal ini dan juga website yang mengupas tentang fakta ini.

3. Target Pasar Anak-Anak

McDonalds punya item populer di dalam menu makanannya, yaitu Happy Meal. Yang dimana setiap Happy Meal yang dipesan, kita akan mendapatkan mainan yang sudah include di dalamnya. Dengan estimasi 1,2 miliar Happy Meal yang terjual setiap tahunnya, ini berarti McD merupakan distributor mainan terbesar di dunia.

Baca Juga : 5 Dewa Judi Di Dunia Nyata Sesungguhnya

Karena hal ini menyebabkan tuduhan kepada McD yang sengaja menargetkan alam bawah sadar anak kecil untuk menyukai makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat dan meningkatkan margin keuntungan mereka.

Selanjutnya, dokumen rahasia McD yang bocor ke publik mengungkapkan kalau McD bertujuan membuat anak-anak kecil melihat maskot perusahaan mereka si Ronald McDonald's sebagai figur ayah.

4. Iklan Yang Salah

Iklan-iklan McD baik di Media TV atau pun di Media Cetak yang mereka buat menunjukkan burger dan kentang yang karyawan mereka sajikan, disajikan secara apik dan sangat hati-hati. Tapi faktanya menunjukkan hal yang sebaliknya, seperti kentang gorengnya yang di dalam iklan seolah-olah memperlihatkan kalau si kentang goreng ini dipilih dari kentang yang terbaik.

Kemudian dikupas secara perlahan-lahan, diiris, dan lalu digoreng secara indah. Tapi yang terjadi sebaliknya, ternyata kentang goreng itu sebelum dikemas dan dikirim ke tiap-tiap cabang direndam dulu didalam larutan gula. Kok, mesti direndam gula dulu? Iyap, hal ini yang bikin warna kentang gorengnya terlihat lebih kuning atau menghasilkan warna yang keemasan.

Karena karamelisasi gula suatu di goreng. Tanpa larutan gula, warna bagian luar kentang goreng akan sama seperti warna bagian dalamnya setelah digoreng.

5. Kecurangan Permainan Monopoly McD

Permainan monopoly McD adalah salah satu promosi marketing paling sukses sepanjang sejarah. Setiap tahunnya dengan waktu yang dibatasi, pemain bisa memenangkan hadiah 1.000.000 USD dengan mengumpulkan potongan-potongan monopoly. Potongan-potongan kertas monopoly ini bisa didapat dari karton pembungkus makanan McD.

Dan kalau sampai dapat potongan kertas yang bertuliskan Boardwalk dan Park Place akan mendapatkan uang 1.000.000 USD. Dan promosi marketing ini sukses besar dan berjalan selama dua dekade. Tapi antara tahun 1995 - 2001, permainan hanya dimenangkan oleh satu pemain atau pemenang real.

Baca Juga : 5 Teknik Latihan Keras Biksu Shaolin

Di tahun 2000 kecurangan di promosi monopoly McD mulai tercium. McDonalds mempunyai klien perusahaan sub-kontrakting yang bertugas mengorganisir dan menghandle segala jenis promosi yang dilakukan McD. Salah seorang karyawan penting di dalam perusahaan inilah yang berbuat curang, dengan cara menyembunyikan tiap potongan-potongan monopoly yang paling berharga.

Dan karyawan yang bernama Jerome Jacobsen ini dari kecurangannya telah mengantongi lebih dari 24.000.000 USD dari permainan monopoly McD yang dia curangi selama 5 tahun itu. Sayangnya perjalanan permainannya berakhir di jeruji besi pada tahun 2001 dan dipenjara selama 3 tahun.

Berkat promosi permainan monopoly ini McD menghasilkan 6% kenaikan penjualan bulanan dalam skala global selama permainan monopoly ini dijalankan yang hampir 20 tahun berjalan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.