Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 26 Januari 2022

Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk

Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai cara Install Ulang Windows 8 Tanpa Kehilangan Data. Untuk teman-teman yang ingin melakukan hal tersebut dan tidak ingin kehilangan semua data-datanya, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Sebagian besar pengguna komputer baik seperti PC maupun laptop, pasti diantaranya ada yang pernah melakukan proses install ulang. Misalnya saja dalam kasus ketika waktu pertama kali membeli laptop baru, pasti mereka akan menginstal OS nya terlebih dahulu.

Jika ia tidak menginstal OS Windowsnya, maka laptop tersebut tidak dapat digunakan secara semestinya. Atau bisa juga karena PC atau laptop yang sedang digunakan tiba-tiba mengalami error terhadap sistem operasinya. Untuk memperbaiki masalah seperti ini, kebanyakan orang akan menggunakan cara install ulang.

Karena install ulang ini akan menghapus seluruh sistem yang terdapat di dalam penyimpanan Data C. Dengan begitu semua permasalahan yang disebabkan oleh sistem operasi windowsnya akan langsung segera teratasi semuanya. Nah, jika kamu ingin melakukan hal tersebut, kamu bisa mencoba mengikuti Cara Install Ulang Windows 8 di bawah ini.

Apakah Proses Install Ulang Akan Menyebabkan Kehilangan Data?

Sebagian besar untuk mereka yang tidak terlalu mengerti tentang dunia komputer, maka ia akan berpikiran jika proses Install Ulang Windows 8 akan menyebabkan kehilangan data-data penting mereka. Sebenarnya pernyataan mereka tentang hal tersebut ada benarnya. Hanya saja, jika sang pemula melakukan install ulang dengan cara yang salah.

Namun untuk install ulang dengan menggunakan Flashdisk maupun CD/DVD, hal tersebut dapat dihindarkan. Caranya cukup mudah, kamu hanya cukup menghapus partisi Data C saja, sedangkan untuk partisi Data D biarkan saja dan jangan dihapus. Dengan begitu proses install ulang ini tidak akan kehilangan data.

Jika kamu ingin install Windows 8.1, Windows 7, dan Windows 10 pun, jika kamu melakukannya dengan benar dan tepat, maka tidak akan kehilangan data-data tersebut. Lantas bagaimana cara membedakan partisi tersebut selama proses install ulang berlangsung? Tenang saja, nanti untuk hal tersebut akan saya beritahukan caranya agar data tetap aman.

Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara install ulang Windows 8 dengan menggunakan flashdisk. Sebenarnya untuk proses install ulang ini memiliki cara yang hampir sama dengan melakukan recovery windows.

Hanya saja kedua hal tersebut memiliki tampilan dan metode yang berbeda. Namun, jika kamu menggunakan Windows 8 original, saya sarankan lebih baik menggunakan metode reset windows melalui fitur bawaan dari Windows 8 tersebut. Dengan begitu kamu tidak perlu menginstal drivernya lagi.

Sedangkan jika kamu menggunakan metode cara instal ulang dengan flashdisk, maka kamu perlu menginstal drivernya lagi. Tapi keduanya sama-sama bisa digunakan agar tidak menghapus data yang terdapat di dalam penyimpanan komputer tersebut.

Persiapan Sebelum Install Ulang

Sebelum kamu memulai proses install ulang di PC atau laptop dengan menggunakan versi windows yang satu ini, kamu harus mempersiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan membuat installer windows 8.

Tidak hanya itu saja persiapan yang harus kamu lakukan, melainkan kamu juga harus mempersiapkan USB Flashdisk dengan ukuran minimal 8 GB. Karena untuk membuat bootable windows ke dalam flashdisk akan menghabiskan kapasitas flashdisk kurang lebih sebesar 4 GB.

Sedangkan bahan-bahan lainnya yang harus kamu siapkan sebelum memulai proses menginstal windows tersebut, kamu dapat mendownloadnya melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap, termasuk file iSO Windows 8 32 bit / 64 bit.

Download semua bahan yang diperlukan

File Name Link Download
ISO Windows 8 Pro 32 bit TeraBox
ISO Windows 8 Pro 64 bit TeraBox
Jamu TeraBox
Rufus TeraBox

Password : www.tipstutorialbersama.com/06-12-2021

Setelah semua file tersebut sudah kamu persiapkan semuanya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat bootable installer Windows 8 ke dalam flashdisk. Jika kamu tidak mengetahui caranya, kamu dapat melihatnya melalui artikel ini Cara Membuat Bootable Windows 8 Di Flashdisk.

Langkah Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk

Sekarang kamu sudah dapat mengikuti langkah-langkah tentang cara reset / install ulang Windows 8 dengan cara di bawah ini. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana cara melakukannya, kamu dapat melihatnya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buat dahulu installer bootable ke dalam flashdisk.
  4. Jika semua sudah selesai dilakukan, lalu restart PC atau laptop kalian ke dalam BIOS atau ke mode Boot Device.
  5. Untuk dapat masuk ke dalam BIOS, kamu bisa menekan tombol F2 setelah PC atau laptop menyala.
  6. Setelah berhasil masuk ke dalam BIOS, lalu pilih menu Advanced >> USB Configuration.
  7. Lalu pada bagian Legacy USB Support, pastikan dalam kondisi Enabled.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #1

  8. Selanjutnya pilih menu Boot, lalu pilih Hard Drive BBS Priorities.
  9. Lalu pada bagian Boot Option #1, pastikan sudah di setting ke nama flashdisk kalian.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #2

  10. Misalnya nama flashdisk kalian ada di posisi #2 atau #3, silahkan arahkan dahulu ke #1, lalu tekan tombol + / - untuk memindahkan nama flashdisk kalian ke posisi #1.
  11. Jika sudah, lalu pilih menu Save & Exit dan pilih Save Changes and Exit.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #3

  12. Maka nanti laptop akan restart secara otomatis, lalu jika muncul pesan Press any key to boot from USB, silahkan klik sembarang pada keyboard.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #4

  13. Maka nanti akan masuk ke dalam tampilan seperti ini, lalu pada bagian Time and currency format pilih ke Indonesia.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #5

  14. Selanjutnya klik Install now.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #6

  15. Selanjutnya masukkan serial number ini XKY4K-2NRWR-8F6P2-448RF-CRYQH ke dalam kolom yang telah disediakan, lalu klik Next untuk melanjutkannya.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #7

  16. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak I accept the license terms, lalu klik Next.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #8

  17. Selanjutnya pilih Custom: Install Windows only (advanced).
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #9

  18. Selanjutnya pada bagian ini kamu harus menghapus partisi System dan Data C nya terlebih dahulu.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #10

  19. Pertama hapus dahulu Partition 1 yang merupakan partisi Sistemnya, selanjutnya hapus Partition 2 untuk Data C nya.
  20. Sedangkan untuk Partition 3 jangan kamu hapus atau delete, karena partisi tersebut merupakan satu partisi untuk Data D nya.
  21. Jika sudah kamu hapus kedua partisi System dan Data C nya, lalu arahkan ke partisi Unallocated Space, lalu klik New untuk membuat partisi ulang dari partisi tersebut.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #11

  22. Jika sudah berhasil kamu buat untuk partisi tadi, lalu arahkan ke Partition 2 yang merupakan partisi untuk Data C, lalu klik Next untuk memulai proses install ulang Windows 8.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #12

  23. Maka nanti proses Installing Windows nya akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #13

  24. Setelah prosesnya selesai, maka nanti kamu akan diminta untuk membuat nama PC.
  25. Lalu kamu isikan saja namanya dengan selera kalian masing-masing, lalu klik Next.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #14

  26. Selanjutnya pada bagian Settings pilih Use express settings.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #15

  27. Selanjutnya pada bagian Sign in to your PC, pilih Sign in without a Microsoft account.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #16

  28. Maka nanti kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, lalu pada halaman tersebut pilih Local account.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #17

  29. Selanjutnya pada halaman ini, silahkan isi dengan selera kalian masing-masing. Jika sudah, lalu klik Finish.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #18

  30. Selanjutnya tunggu lagi sampai prosesnya selesai.
  31. Setelah prosesnya selesai, maka nanti akan langsung masuk ke dalam menu dari Windows 8 tersebut.
    Cara Install Ulang Windows 8 Dengan Flashdisk #19

  32. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses install ulang Windows 8 32 bit / 64 bit dengan mengikuti tutorial yang telah saya berikan. Selanjutnya kamu tinggal melakukan instalasi driver dan aktivasi Windows 8 tersebut. Untuk dapat melakukan aktivasi windows, kamu dapat melihatnya melalui artikel berikut ini Cara Aktivasi Windows 8 Pro 32 bit / 64 bit.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan install ulang Windows 8 di PC maupun laptop agar tidak ingin kehilangan / terhapusnya seluruh data, kamu harus menghapus partisi System dan Data C nya saja. Dengan begitu seluruh data yang tersimpan di dalam Data D akan aman dan tidak akan terhapus.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: