Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Via Odin - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 03 Oktober 2020

Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Via Odin

Flash Samsung J2 Prime adalah suatu langkah atau proses yang dapat dilakukan dalam perbaikan masalah yang terdapat pada sistem Android atau software. Tentu saja cara ini dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus membawa ponsel ke tempat servis, dan dapat menghemat biaya pengeluaran Anda sendiri.

Untuk dapat mengembalikan kinerja ponsel Samsung J2 Prime agar dapat bekerja kembali secara optimal, tentunya Anda akan membutuhkan cara flashing ini. Selain itu cara ini pun cukup mudah untuk dilakukan sendiri dan menurut semua pengguna Samsung, cara ini sangatlah terbilang cukup efektif dalam perbaikan masalah yang terjadi pada software Samsung.

Penyebab terbesar kenapa Anda harus melakukan flashing pada ponsel Samsung J2 Prime ini biasanya dikarenakan, karena lupa pola atau bootloop. Kedua masalah tersebut adalah sebagai penyebab utama dalam masalah yang terjadi pada semua tipe ponsel Android.

Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Via Odin

Tutorial yang akan kami sampaikan di bawah ini adalah tentang masalah mengenai bootloop, lupa pola, atau bahkan stuck di logo pada Samsung J2 Prime ketika ponsel dinyalakan.dan tidak dapat masuk kedalam menu utama ponsel. Maka dari itu cara termudah adalah dengan melakukan Cara Flash Samsung J2 Prime agar dapat digunakan kembali.

Tentu saja jika Anda mengalami masalah seperti yang sudah kami sampaikan di atas, maka Anda tidak dapat menggunakan Smartphone Samsung J2 Prime dalam berbagai keperluan. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel Android, seperti hal nya bootloop atau stuck di logo, maka langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan hard reset, tetapi jika cara tersebut tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan cara flash dengan menggunakan Odin.

Baca Juga : Cara Root Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Terbaru

Cara flashing ini berguna selain masalah bootloop atau lupa pola saja, tetapi juga dapat dilakukan jika Anda menemukan masalah pada aplikasi yang telah terinstal pada ponsel mengalami masalah aplikasi tidak berjalan atau setiap kali dibuka akan kembali keluar secara terpaksa.

Pengertian Flashing dan Keuntungannya

Dalam beberapa kasus yang terjadi pada perangkat Android, kian hari kian meningkat termasuk dalam beberapa aktifitas seperti melakukan Root atau Flashing pada Android. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Root dan Flash, namun sebenarnya apakah Anda telah memahami kedua hal tersebut dalam arti yang sebenarnya sebelum Anda memulai melakukan Cara Flash HP Samsung J2 Prime ini.

Para pengguna Smartphone Android biasanya akan membawa perangkat mereka ke tempat jasa service untuk mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel mereka. Namun adakalanya untuk para pengguna Smartphone Android ingin mengetahui bagaimana cara melakukan flashing sendiri tanpa harus membawa ponsel mereka ke tukang service.

Tentu saja hal tersebut sangat berguna sekali, selain dapat menghemat biaya yang akan dikeluarkan dalam jasa service tersebut dan akan mendapatkan pengetahuan tersendiri, jika suatu waktu mengalami masalah tersebut lagi, maka Anda tidak perlu membawa ponsel ke tukang service dalam mengatasi perbaikan.

1. Pengertian Flashing

Flashing adalah sebuah langkah yang dapat dilakukan dalam perbaikan yang terjadi pada masalah OS atau Software pada perangkat Android. Namun untuk dapat melakukan flashing ini tidak semuanya dapat berjalan dengan lancar, Anda juga harus lebih teliti dalam memilih file firmware yang sesuai dengan tipe ponsel kalian.

Beberapa masalah yang mengharuskan Anda untuk melakukan flashing:

  1. Ponsel Android sering mengalami masalah hang atau stuck di logo ketika ponsel di nyalakan.
  2. Ponsel tidak merespon untuk melakukan boot akibat kesalahan yang terjadi pada sistem atau software.
  3. Lupa kunci pola.
  4. Lupa pin.
  5. Sering mengalami force close pada sebagian aplikasi yang telah terinstal pada perangkat Android.

Nah itulah penjelasan mengenai flashing dan juga beberapa masalah yang terjadi pada ponsel Android, mengapa Anda harus melakukan langkah flashing untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada perangkat Android.

2. Keuntungan Flashing

Ketika Anda menemukan kerusakan yang terjadi pada perangkat Android, maka solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan flashing baik dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Agar dapat mengembalikan sistem operasi Android ke setelan pabrik, sehingga nantinya dapat berfungsi kembali dengan normal.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan melakukan flashing:

  1. Dapat memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada sistem operasi Android.
  2. Dapat mengubah tampilan perangkat Android agar menjadi lebih menarik.
  3. Dapat membuat pemakainya jadi lebih friendly.
  4. Dapat meningkatkan sedikit performa perangkat Android menjadi lebih ringan.
  5. Dapat memperbaiki beberapa bug yang terjadi pada sistem operasi Android.

Nah itulah beberapa daftar keuntungan yang telah kami sampaikan setelah Anda berhasil melakukan flashing pada perangkat Android kalian masing-masing. Mungkin setelah Anda melakukan flash pada ponsel, akan mendapatkan sedikit manfaat yang terjadi pada Smartphone Android.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime

Bagi kebanyakan orang jika ingin membeli suatu ponsel, pasti hal terbesar yang diperhatikan adalah dengan budget atau mereknya. Hal tersebut dapat menjadi sebuah perbandingan apakah harganya sesuai dengan yang kalian miliki atau sudah memiliki sebuah brand yang besar agar dapat dipercaya dalam segi kualitas. Tentu saja dalam hal melakukan Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS ini juga apakah memiliki spesifikasi yang sesuai atau tidak.

Salah satunya adalah dengan ponsel Samsung J2 Prime ini, untuk sekarang harga ponsel ini sudah terbilang cukup murah mungkin dikisaran harga Rp 1.100.000 - Rp 1.300.000. Ponsel ini juga terbilang cukup lumayan dalam segi kualitas yang dimilikinya dan memiliki brand Samsung dari salah satu perusahaan ponsel yang terbesar di dunia dan cukup terkenal dikalangan masyarakat.

Meski sekarang ini sudah banyak berbagai vendor smartphone yang mampu menyaingi dalam segi harga dan spesifikasinya, akan tetapi masih banyak pengguna yang tetap setia masih menggunakan produk smartphone dari Samsung ini.

Detail Keterangan
Brand Samsung
Detail Prosessor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
RAM 1.5 GB
OS Android
Detail OS Android OS, v6.0 (Marshmallow)
Jaringan 2G/3G/4G
Sim Card Nano SIM
Display 5.0 Inch
Resolusi 720 x 1280 pixels
Memori Internal 8 GB
Memory External microSD, up to 128 GB
Kamera 8 MP dan 5 MP
Audio Vibration; MP3, WAV ringtones
Video 1080p@30fps
Baterai Li-Ion 2600 mAh
Dimensi Produk 144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat 160 g

Nah seperti itulah semua penjelasan dan spesifikasi Samsung J2 Prime yang telah kami sampaikan di atas. Jika spesifikasi ponsel Anda sudah cocok dengan seperti yang di atas tadi, maka Anda dapat melakukan langkah root dengan aman.

Persyaratan Sebelum Melakukan Flashing Samsung J2 Prime

Untuk dapat melakukan flash sebenarnya tidak lah sulit, hanya saja Anda harus mengikuti beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, jika tidak maka Anda akan mengalami kegagalan selama proses berlangsung. Di bawah ini telah kami sebutkan beberapa syarat tersebut sebelum kalian melakukan Flash Samsung J2 Prime G532G/DS ini.

  1. Download semua bahan-bahan yang diperlukan selama proses berlangsung.
  2. Pastikan Anda telah membuat backup data terlebih dahulu, agar tidak terjadi kehilangan data-data penting selama proses flashing berlangsung.
  3. Pastikan Anda telah menginstal Samsung USB Driver di PC.
  4. Pastikan baterai ponsel Samsung J2 Prime terisi daya minimal 50%, agar dapat mencegah terjadinya mati mendadak selama proses berlangsung.

Setelah semua persyaratan tersebut sudah kalian lakukan, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah Flash Samsung J2 Prime dengan tutorial yang telah kami sampaikan di bawah ini. Harap di ingat selama proses ini berlangsung maka semua data-data yang terdapat pada Samsung J2 Anda akan hilang semuanya.

Langkah Flash Samsung J2 Prime

Untuk Samsung J2 Prime ini merupakan sebuah Smartphone Android yang cukup baik yang telah resmi dirilis pada tahun 2016 lalu, dengan menggunakan RAM sebesar 1.5 GB ponsel ini sudah dapat menginstal berbagai aplikasi. Bagi Anda yang ingin melakukan langkah Flash Samsung J2 Prime ini, Anda dapat mengikuti tutorial yang akan kami berikan di bawah ini.

Langkah flash ini, sama dengan langkah flashing pada Handphone Samsung pada umumnya. Hanya saja Anda perlu melakukan beberapa langkah mudah dan Anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukannya.

  1. Download Samsung USB Driver dan Install di komputer Anda.
  2. Download Odin3 v3.13 atau di bawahnya, lalu ekstrak file tersebut.
  3. Download Firmware Samsung J2 Prime lalu ekstrak file tersebut.
  4. Jika semua bahan di atas sudah Anda download semua, lalu matikan ponsel Samsung Anda dan boot ke dalam Mode Download, dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Bawah.
  5. Maka Anda akan melihat pesan yang bertuliskan Warning!, lalu tekan Tombol Volume Atas untuk dapat masuk ke Mode Download.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel Samsung J2 Prime Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  7. Selanjutnya buka tools Odin yang tadi sudah Anda download, lalu biarkan beberapa saat sampai Odin berhasil mendeteksi ponsel Samsung J2 Prime.
  8. Jika ponsel sudah berhasil terdeteksi oleh Odin, maka perhatikan pada menu ID:COM yang berwarna biru, lalu lihat pada menu Log jika sudah muncul tulisan Added maka ponsel sudah berhasil terdeteksi dengan baik oleh Odin.
  9. Lalu pilih menu BL dan cari file file firmware yang berawalan dengan huruf BL.
  10. Lalu untuk menu AP, CP, dan CSC, masukan file firmware yang berawalan dengan huruf tersebut.
  11. Jika sudah Anda masukkan semua, lalu klik tombol Start untuk memulai proses flashing Samsung J2 Prime.
  12. Setelah prosesnya selesai, maka Anda akan melihat pesan pada Odin yang bertuliskan kata PASS! yang berwarna hijau, maka tandanya proses flash telah berhasil.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Flash Samsung J2 Prime dengan menggunakan Odin. Semoga dengan tutorial yang telah kami buat ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang saat ini sedang membutuhkan. Jika Anda mengalami kesulitan selama proses flashing berlangsung, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments