Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 28 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Vivo Y53. Untuk teman-teman yang saat ini sedang ingin melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Vivo Y53, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap dan sangat mudah.

Namun sebelum kamu memulai melakukan proses Unlock Bootloader di hp Vivo Y53, disini saya akan menjelaskan dahulu mengenai Unlock Bootloader. Bootloader merupakan suatu sistem yang terdapat pada ponsel Android yang digunakan ketika ponsel sedang melakukan booting untuk dapat masuk ke dalam OS dari Smartphone Android itu sendiri.

Bootloader memiliki 2 ciri-ciri yang berbeda, yaitu yang masih dalam kondisi terkunci dan yang sudah di unlock. Jika ponsel Android masih dalam keadaan terkunci bootloader, maka ponsel tersebut tidak akan dapat melakukan modifikasi sistem seperti Install Custom ROM, TWRP Recovery, atau Root dan tentu saja tidak akan memiliki akses install aplikasinya.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader Vivo Y53, maka kamu dapat mengikuti setiap instruksi yang akan saya jelaskan di bawah ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap langkah-langkah Unlock Bootloader yang telah saya sampaikan jika tidak ingin mengalami kegagalan dan menyebabkan ponsel mengalami bootloop atau mati total.

Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Tanpa PC merupakan langkah awal untuk dapat memodifikasi Smartphone Android dengan cara menginstal file tweak. Saat ini sudah banyak pengguna ponsel Android yang ingin melakukan Root atau menginstal Custom ROM. Hal tersebut sangat penting dan berguna sekali apabila teman-teman ingin meningkatkan performa ponsel Vivo.

Namun untuk dapat melakukan proses root di ponsel Android, pengguna harus melewati langkah Unlock Bootloader terlebih dahulu. Tanpa membuka kunci bootloader akan menyebabkan terjadinya kegagalan saat prosesnya sedang berlangsung. Hal tersebut diakibatkan karena ponsel Android masih terlindungi oleh OEM dan tidak dapat dimodifikasi.

Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin melakukan cara root Vivo Y53, maka kalian harus membuka kunci bootloader dahulu di ponsel jika tidak ingin mengalami kegagalan. Tetapi sebelum memasuki langkah-langkahnya, ada baiknya jika kamu mengetahui dahulu semua persyaratan dan bahan-bahan yang diperlukan apa saja untuk Unlock Bootloader.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Untuk mulai proses Unlock Bootloader di Vivo Y53, kamu harus menyiapkan dahulu semua persyaratan di bawah ini. Jika salah satu ada syarat yang tidak dilakukan, maka dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama prosesnya sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan PC, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Untuk membuka kunci bootloader di Vivo Y53 dengan menggunakan PC atau laptop, kamu harus download semua file-file di bawah ini. Pastikan untuk download semua file tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kegagalan.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dapat membantu memperlancar melakukan Unlock Bootloader. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkan dua fitur ini terlebih dahulu melalui Opsi Pengembang yang ada di dalam menu pengaturan ponsel Vivo Y53.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Setelan Lainnya, lalu pilih Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Versi Perangkat Lunak, maka nanti akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Setelan Lainnya >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Vivo Y53

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader di Vivo Y53. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam panduan di bawah ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Vivo USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Vivo.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt atau cmd yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb devices pada layar cmd tadi, lalu tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
    Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #1

  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk merestart ponsel secara otomatis masuk ke Fastboot Mode.
    Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #2

  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot bbk unlock_vivo dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses Unlock Bootloader di Vivo Y53.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk merestart ponsel secara otomatis.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Vivo Y53 dengan menggunakan metode yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel Vivo kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap Install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Vivo Y53 Dengan PC dapat dilakukan dengan menggunakan Minimal Adb and Fastboot Platform Tool. Namun sebelum memulai proses membuka kunci bootloader di ponsel ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock jika tidak ingin mengalami kegagalan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments