Cara Install TWRP Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 24 Februari 2023

Cara Install TWRP Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Cara Install TWRP Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang TWRP Vivo Y53. TWRP Recovery merupakan salah satu fitur yang tersedia pada ponsel Android. Fitur ini sebagian besar digunakan untuk pengguna Android yang ingin menginstal Custom ROM, Root, atau Install Module lain untuk keperluan modifikasi.

Jika kamu pengguna Smartphone Android Vivo Y53 dan sedang mencoba untuk menginstal TWRP (Team Win Recovery Project), maka kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan dalam postingan ini. Karena disini saya akan menjelaskan bagaimana untuk melakukan cara install TWRP di Vivo Y53 tanpa PC.

Smartphone Android Vivo, saat ini sudah cukup populer di berbagai wilayah Asia Tenggara. Saat ini sudah banyak pengguna ponsel Vivo dengan berbagai tipe, seperti Vivo Y53 atau yang lainnya. Sebagian besar dari pengguna ponsel Vivo apapun banyak yang ingin memodifikasi ponselnya dengan cara melalui install Custom Recovery TWRP atau melakukan Root.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui proses Install TWRP Vivo Y53, maka kamu dapat melihat caranya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini. Selain itu, disini saya tidak menggunakan metode flash Custom Recovery TWRP melalui PC atau laptop, tetapi saya akan menginstalnya langsung melalui perangkat ponsel Vivo itu sendiri.

Cara Install TWRP Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Cara Install TWRP Vivo Y53 sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dengan atau tanpa PC. Namun disini saya akan menjelaskan proses instalasi TWRP Custom Recovery dengan yang tanpa PC. Karena sebagian besar pengguna Android apapun pasti akan memilih metode yang lebih mudah dan tidak merepotkan.

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa untuk dapat melakukan instalasi TWRP tanpa PC, pastikan dahulu kalau Android devices Vivo kamu sudah di Unlock Bootloader dan Root. Jika pada ponsel kamu belum di Unlock Bootloader dan Root, maka kamu tidak akan dapat menggunakan metode di bawah ini. Jadi, pastikan dahulu kalau kamu sudah melakukannya.

Dengan menginstal TWRP di ponsel Android memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem dengan menginstal perangkat lunak pihak ketiga. Pengguna ponsel Android dapat meningkatkan performa CPU menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Namun jika tidak download zip file yang sesuai dapat menyebabkan ponsel mengalami bootloop.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Sebelum kamu download file TWRP Vivo Y53, ada baiknya jika kamu menyiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Tentu saja kamu tidak ingin mengalami kegagalan saat proses instalasi TWRP tersebut sedang berlangsung. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan semua persyaratan di bawah ini.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader dan Root.
  • Siapkan PC, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download, termasuk TWRP Recovery Vivo Y53. Pada file TWRP yang akan saya gunakan, itu merupakan file TWRP Recovery Official untuk Vivo Y53. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu file tersebut tidak sesuai.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Jika kamu sudah selesai download TWRP Vivo Y53, sekarang kamu harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Vivo. Jika ponsel masih terkunci OEM, maka ponsel tersebut tidak akan dapat di install perangkat lunak ketiga seperti TWRP atau Magisk.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Setelan Lainnya, lalu pilih Tentang Ponsel.
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Versi Perangkat Lunak, maka nanti akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Setelan Lainnya >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Install TWRP di Vivo Y53

Untuk dapat melakukan proses install TWRP Recovery di Vivo Y53, sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tetapi kamu harus tetap mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika tidak ingin mengalami kegagalan. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap resiko harus ditanggung sendiri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan pindahkan ke penyimpanan internal.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  4. Selanjutnya install aplikasi Flashify di ponsel Vivo Y53.
  5. Selanjutnya jalankan aplikasi Flashify yang tadi telah terinstal.
  6. Selanjutnya setelah aplikasi terbuka, maka akan menampilkan pesan peringatan, lalu berikan izin.
  7. Selanjutnya pilih menu Recovery Image, lalu cari file TWRP yang tadi telah dipindahkan ke penyimpanan internal.
  8. Jika sudah ketemu, lalu pilih file TWRP tersebut dan proses instalasinya akan langsung berjalan secara otomatis.
  9. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan Restart secara otomatis.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan cara install TWRP Recovery di Vivo Y53 dengan menggunakan aplikasi Flashify. Aplikasi tersebut tidak akan tersedia di Google Play Store. Jadi, kamu harus mengunduh apk Flashify melalui situs atau website yang menyediakan file apk mod.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Vivo Y53 dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Flashify. Namun untuk dapat melakukan proses install TWRP Recovery dengan menggunakan aplikasi Flashify, pastikan ponsel sudah memiliki hak akses root Vivo Y53. Jika ponsel belum di root, maka pengguna tidak akan dapat menggunakan metode ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments