Cara Root Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Via TWRP Recovery

Root adalah sebuah proses yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka semua akses yang terdapat pada sistem Android sampai kedasar-dasarnya. Setelah Anda melakukan Root Samsung J2 Prime maka kalian dapat melakukan kostumisasi pada firmware, meningkatkan kecepatan CPU, menghapus aplikasi bawaan, dan masih banyak lagi.

Walaupun kalian hendak melakukan rooting pada ponsel Samsung J2 Prime atau pada ponsel Android lainnya akan mendapatkan berbagai keuntungan, akan tetapi disisi sebaliknya terdapat resiko yang akan kalian hadapi jika mengalami kegagalan saat proses rooting berlangsung.

Baca Juga : Cara Install TWRP Samsung J2 Prime SM-G532G Via Odin

Terdapat berbagai resiko yang akan kalian temui saat melakukan root atau bahkan setelahnya, salah satunya adalah garansi resmi akan hilang, jika terjadi kegagalan selama proses root berjalan maka ponsel akan mengalami bootloop, mudah terserang virus atau malware, dan yang terburuknya adalah pencurian data.

Cara Root Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Terbaru dan Termudah

Namun jika kalian telah memutuskan untuk melakukan rooting pada ponsel Anda, kalian dapat mengikuti tutorial yang telah kami buatkan di bawah ini mengenai Cara Root Samsung J2 Prime. Perlu kalian ketahui sebelum melakukan root pada ponsel Samsung ini, kalian harus memperhatikan beberapa penjelasan yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Karena Samsung J2 Prime ini telah mendukung untuk membuka bootloadernya, akhirnya beberapa developer dari forum XDA telah membuatkan versi TWRP-nya sendiri hanya untuk seri samsung ini.

Tapi sebelum kalian melakukan root atau menginstall TWRP, lebih baik kalian lihat terlebih dahulu spesifikasi dari Samsung J2 Prime ini. Apakah spesifikasinya sesuai dengan ponsel Anda atau tidak, disini kami hanya mengingatkan saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime

Bagi kebanyakan orang jika ingin membeli suatu ponsel, pasti hal terbesar yang diperhatikan adalah dengan budget atau brandnya. Hal tersebut dapat menjadi sebuah perbandingan apakah harganya sesuai dengan yang kalian miliki atau sudah memiliki sebuah brand yang besar agar dapat dipercaya dalam segi kualitas.

Salah satunya adalah dengan ponsel Samsung J2 Prime ini, untuk sekarang harga ponsel ini sudah terbilang cukup murah mungkin dikisaran harga Rp 1.100.000 - Rp 1.300.000. Ponsel ini juga terbilang cukup lumayan dalam segi kualitas yang dimilikinya dan memiliki brand Samsung dari salah satu perusahaan ponsel yang terbesar di dunia dan cukup terkenal dikalangan masyarakat.

Baca Juga : Cara Flash Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Via Odin

Meski sekarang ini sudah banyak berbagai vendor smartphone yang mampu menyaingi dalam segi harga dan spesifikasinya, akan tetapi masih banyak pengguna yang tetap setia masih menggunakan produk smartphone dari Samsung ini.

Detail Keterangan
Brand Samsung
Detail Prosessor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
RAM 1.5 GB
OS Android
Detail OS Android OS, v6.0 (Marshmallow)
Jaringan 2G/3G/4G
Sim Card Nano SIM
Display 5.0 Inch
Resolusi 720 x 1280 pixels
Memori Internal 8 GB
Memory External microSD, up to 128 GB
Kamera 8 MP dan 5 MP
Audio Vibration; MP3, WAV ringtones
Video 1080p@30fps
Baterai Li-Ion 2600 mAh
Dimensi Produk 144.8 x 72.1 x 8.9 mm
Berat 160 g

Nah seperti itulah semua penjelasan dan spesifikasi Samsung J2 Prime yang telah kami sampaikan di atas. Jika spesifikasi ponsel Anda sudah cocok dengan seperti yang di atas tadi, maka Anda dapat melakukan langkah root dengan aman.

Sebelum itu disini akan kami berikan sedikit penjelasan mengenai apa itu root yang sebenarnya, agar kalian dapat mengetahuinya dan tidak asal sembarangan melakukan root pada Samsung J2 Prime tanpa mengetahui fungsi root sebenarnya dan kelebihan serta kekurangannya.

Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti sering mendengar istilah root, namun Anda tidak benar-benar mengetahui apa sebenarnya root itu. Jika kalian masih belum mengetahui tentang root yang sebenarnya, kami sarankan kalian jangan mengikuti tutorial tentang Cara Root HP Samsung J2 Prime, karena jika prosesnya mengalami kegagalan ponsel Anda akan mengalami kerusakan system.

1. Pengertian Root

Root dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kata Akar, maka dalam istilah Android. Root bisa juga diartikan sebagai Akar Ponsel Android, maka setelah kalian berhasil melakukan root pada smartphone, kalian akan mendapatkan suatu kendali penuh atau kalian juga bisa mendapatkan hak akses penuh pada smartphone Android tersebut.

Baca Juga : Download Firmware Samsung J2 Prime SM-G532G/DS Latest Version

Dengan kata lain, setelah kalian me-root ponsel. Kalian dapat melakukan apapun pada ponsel Android tersebut, termasuk kalian dapat memodifikasi sebuah Firmware atau OS dengan kehendak kalian secara bebas.

2. Kelebihan Root

Setelah berhasil me-root ponsel Android, maka kalian dapat memanfaatkan berbagai jenis kelebihan setelah melakukan root, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat menghapus aplikasi bawaah.
  2. Backup dan Restore aplikasi yang telah terinstal.
  3. Dapat mengontrol Kernel dan CPU secara bebas.
  4. Dapat mengedit Build.prof.
  5. Dapat menginstal berbagai jenis Module di dalam apk Magisk Manager.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kelebihan setelah melakukan root dapat Anda lihat dalam daftar tersebut. Namun bukan hanya itu saja kelebihannya, masih banyak jenis kelebihan yang lainnya yang bisa kalian manfaatkan.

3. Kerugian Root

Walaupun setelah melakukan root terdapat banyak hal kelebihan yang bisa kalian manfaatkan setelah mendapatkan akses root, akan tetapi root juga mempunyai sisi bahayanya sebagai berikut:

  1. Garansi resmi akan hilang.
  2. Tidak dapat melakukan update sistem yang terdapat dalam pengaturan.
  3. Celah keamanaan yang terdapat pada ponsel akan semakin kecil, dan akan semakin besar peluang ponsel akan termasuki oleh malware.
  4. Dapat menurunkan performa.
  5. Malfungsi pada system ponsel.

Nah, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Dalam daftar tersebut terdapat berbagai kerugian yang akan Anda dapatkan setelah melakukan root pada ponsel Samsung J2 Anda. Jika Anda telah memutuskan ingin melakukan proses rooting, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Persyaratan Sebelum Melakukan Root Pada Samsung J2 Prime

Untuk dapat melakukan root sebenarnya tidak lah sulit, hanya saja Anda harus mengikuti beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi, jika tidak maka Anda akan mengalami kegagalan selama proses berlangsung. Di bawah ini telah kami sebutkan beberapa syarat tersebut sebelum kalian melakukan Cara Root Samsung J2 Prime SM-G532G/DS ini.

  1. Pastikan kalian telah menginstal Custom Recovery TWRP terlebih dahulu.
  2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan selama proses berlangsung.
  3. Pastikan Anda telah membuat backup data terlebih dahulu, agar tidak terjadi kehilangan data-data penting selama proses rooting berlangsung.
  4. Pastikan ponsel Anda sudah dalam keadaan Enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Pastikan baterai ponsel Samsung J2 Prime terisi daya minimal 50%, agar dapat mencegah terjadinya mati mendadak selama proses berlangsung.

Setelah semua persyaratan tersebut sudah kalian lakukan, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah Root Samsung J2 Prime dengan tutorial yang telah kami sampaikan di bawah ini. Harap di ingat setelah Anda berhasil melakukan rooting, maka ponsel Anda akan dengan mudah terserang virus atau malware.

Langkah Root Samsung J2 Prime

Disini akan kami jelaskan untuk melakukan Root Samsung J2 Prime dengan menggunakan Custom Recovery TWRP. Pastikan ponsel Anda telah terinstal TWRP terlebih dahulu, jika tidak maka Anda tidak dapat melakukan langkah root dengan menggunakan cara ini.

  1. Pastikan ponsel Samsung J2 Prime Anda telah terinstal Custom Recovery TWRP.
  2. Download file Magisk 20.3.zip atau Magisk.zip Terbaru.
  3. Download juga file no-verity-no-encrypt_ashyx.
  4. Lalu simpan kedua file tersebut di penyimpanan internal atau eksternal di ponsel Samsung J2 Anda.
  5. Selanjutnya boot ponsel Anda ke dalam Mode TWRP, dengan cara matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Atas secara bersamaan.
  6. Setelah berhasil masuk ke Mode TWRP, lalu pilih menu Install dan cari file Magisk.zip yang tadi telah Anda simpan di dalam ponsel.
  7. Jika sudah, lalu pilih Swipe to confirm flash untuk memulai proses rooting dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  8. Setelah prosesnya selesai, lalu kembali ke menu utama TWRP dan pilih menu Install.
  9. Jika sudah lalu cari file no-verity-no-encrypt_ashyx.zip.
  10. Jika sudah lalu pilih Swipe to confirm flash untuk memulai prosesnya dan tunggu sampai selesai.
  11. Setelah prosesnya selesai, lalu kembali ke menu utama TWRP dan pilih menu Wipe.
  12. Jika sudah lalu pilih Wipe Dalvik/Cache lalu Swipe tombol di bawahnya.
  13. Jika sudah, lalu reboot ponsel Anda dengan cara klik pada Reboot to system.
  14. Lalu tunggu sampai ponsel benar-benar menyala kembali.
  15. Setelah ponsel sudah berhasil menyala, maka Anda akan melihat aplikasi yang bernama Magisk Manager. Dengan begini ponsel Samsung J2 Prime Anda telah berhasil di root dengan menggunakan Magisk.
  16. Selesai.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Root Samsung J2 Prime dengan menggunakan Magisk dan TWRP. Jika Anda mengalami kesulitan selama proses berlangsung, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini. Semoga dengan tutorial yang telah kami sampaikan di atas dapat membantu kalian semua yang saat ini sedang membutuhkannya.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar