Cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 Atau Google Pixel 2 XL - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 07 Januari 2021

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 Atau Google Pixel 2 XL

Untuk Anda yang ingin melakukan proses Root, Install TWRP, maupun Custom Rom pastinya langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka kunci bootloader. Tanpa melakukan hal tersebut terlebih dahulu maka sudah dipastikan ketika Anda memulai ke-3 hal di atas pastinya akan mengalami kegagalan.

Maka sebab dari itu, unlock bootloader pada perangkat Android merupakan salah satu bagian terpenting dalam setiap modifikasi. Seperti halnya untuk melakukan Unlock Bootloader Google Pixel 2, setelah Anda berhasil membuka kunci bootloader pada sistem Android, Anda sudah bisa melakukan aktivitas modifikasi baik melalui fastboot atau twrp.

Baca Juga : Cara Root Google Pixel 2 / Google Pixel 2 XL Android 11 Tanpa TWRP Recovery

Inti dari bootloader ini bisa dibilang hampir mirip seperti BIOS yang terdapat pada komputer yang dapat memuat inti dari OS tersebut. Akan tetapi secara default bootloader hanya dapat memuat firmware resmi dari perangkat OEM, dengan kata lain Anda tidak dapat mem-flash file image maupun zip walau dengan menggunakan TWRP.

Cara Unlock Bootloader Di Google Pixel 2 Dan Pixel 2 XL

Google telah resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yang dikenal sebagai Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Smartphone ini telah hadir dengan kualitas kamera yang lebih baik dan juga jack headphone yang akan bersaing dengan iPhone X, Samsung Galaxy Note 8, dan LG V30. Selanjutnya dalam tutorial yang akan kami bahas di bawah ini mengenai cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 XL dan seri yang satunya lagi seperti dalam judul postingan ini.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, bahwa dengan melakukan unlock bootloader pada ponsel smartphone apa pun akan dapat memberi Anda kenikmatan tersendiri untuk Custom ROM, Root, atau MOD pada ponsel yang Anda miliki dengan sesuai yang diinginkan.

Dengan begitu sepenuhnya Anda dapat memiliki akses terdalam pada sistem Android di perangkat yang Anda gunakan, seperti setelah berhasil membuka kunci bootloader Anda dapat dengan mudah untuk menghapus bloatware yang tengah mempengaruhi kinerja perangkat Android tersebut.

Spesifikasi Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Saat pertama kali resmi diluncurkan ke pasaran harga Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL cukup tinggi, namun seiring berjalannya waktu harga dari kedua ponsel tersebut sudah lebih murah dan lebih terjangkau. Spesifikasi yang terdapat pada kedua perangkat ini hampir tidak jauh berbeda dengan perbedaannya.

Pada Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama-sama dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB, dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang diberikan pada Pixel 2 yaitu 2700 mAh dan Pixel 2 XL dengan 3520 mAh.

Baca Juga : Cara Install TWRP Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL

Tidak hanya itu saja persamaan dan perbedaan yang diberikan dari kedua ponsel ini, dalam segi Chipset Pixel 2 memiliki Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm) dan pada Pixel 2 XL mempunyai Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm), dan CPU Pixel 2 Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan pada Pixel 2 XL Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo).

Maka jika dilihat dari perbedaan kedua prosessor tersebut, ponsel Google Pixel 2 XL jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Pixel 2. Sebab dari itu, harga Pixel 2 XL jauh lebih tinggi dan tetap bertahan.

Pengertian Unlock Bootloader

Unlock Bootloader adalah sebuah posisi ponsel yang sudah tidak terkunci. Dimana setelah Anda melakukan unlock bootloader pada ponsel Android, maka kalian dapat melakukan root atau menginstal custom recovery twrp.

Tanpa melakukan langkah unlock bootloader di Android terlebih dahulu, maka jangan harap dapat berhasil melakukan root, install twrp, custom rom, dan lain sebagainya. Unlock bootloader adalah langkah utama dan syarat utama untuk melakukan semua hal tersebut, tanpa melakukannya terlebih dahulu, maka ponsel akan mengalami kegagalan saat proses root.

Persyaratan Sebelum Melakukan Unlock Bootloader Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Sebelum kamu memulai menuju ke langkah-langkahnya, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melakukannya. Silahkan kamu lihat sendiri di bagian bawah ini ada beberapa syarat yang harus dilakukan.

  1. Kamu harus mengaktifkan USB Debugging, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mem-boot perangkat kamu ke dalam Mode Fastboot. Untuk melakukannya kamu bisa membuka Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Ketuk 7x pada Build Number >> Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan dan pilih Sistem >> Lanjutan >> Opsi Pengembang >> Enable USB Debugging.
  2. Kamu juga harus menginstall Android SDK Platform Tools di komputer atau laptop.
  3. Terakhir, download semua bahan-bahan yang diperlukan dan ikuti setiap petunjuk yang sudah diberikan dengan benar.

Baca Juga : Cara Flashing Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL Stock Rom Android 8.0.0

Nah, jika semua syarat tersebut sudah kamu kerjakan, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah-langkah Unlock Bootloader Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang sudah menggunakan Android 11.

Cara Unlock Bootloader Di Perangkat Google Pixel

Dalam langkah-langkah untuk dapat melakukan Cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 XL atau pada perangkat Pixel lainnya hanya dengan menggunakan satu baris perintah saja yaitu dengan melalui fastboot. Seperti yang sudah kami ketahui bahwa kini perangkat Google Pixel sudah banyak dicari oleh para pengguna Android di pasaran.

Banyak dari sebagian pengguna Google Pixel tengah mengharapkan pada perangkat yang satu ini, selain memiliki desain yang cukup menarik akan tetapi pada ponsel Pixel ini memiliki kualitas yang cukup baik dari segi perangkat lunaknya. Sebagian produk dari Google ini telah mendapatkan pembaruan Android terbaru dan terkini.

Cukup sampai disini kami telah memberikan beberapa penjelasan mengenai Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL. Selanjutnya mari kita mulai ke dalam pokok pembahasannya yaitu, dengan melakukan Unlock Bootloader pada perangkat Google Pixel.

  1. Download Android SDK Platform Tools dan Install di PC yang Anda gunakan.
  2. Download dan Install Google Pixel USB Driver di PC Anda.
  3. Selanjutnya sambungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  4. Selanjutnya buka folder tempat instalasi Android SDK Platform Tools berada, lalu tekan tombol Shift pada keyboard sambil klik kanan pada area kosong di dalam folder dan pilih Open PowerShell windows here.
  5. Maka selanjutnya Anda akan melihat tampilan Command Prompt pada layar komputer.
  6. Selanjutnya masukan perintah di bawah ini untuk melanjutkannya, jika sudah tekan enter.
  7. adb devices
  8. Selanjutnya Anda tinggal boot ponsel ke dalam mode fastboot, untuk melakukannya maka ketikan perintah di bawah ini.
  9. adb reboot bootloader
  10. Selanjutnya ketikan perintah di bawah ini untuk melanjutkan ke langkah unlock bootloader.
  11. fastboot flashing unlock
  12. Setelah Anda berhasil melakukan perintah di atas, maka di layar ponsel Anda akan muncul pesan konfirmasi, lalu pilih Yes untuk melanjutkannya.
  13. Jika sudah lalu masukan perintah di bawah ini, untuk me-reboot perangkat Google Pixel Anda.
  14. fastboot reboot
  15. Selesai.

Nah sekarang perangkat Google Pixel 2 atau Pixel 2 XL Anda telah berhasil di Unlock Bootloader, dengan begitu sekarang ponsel Anda sudah dalam keadaan terbuka kunci bootloadernya. Selanjutnya Anda tinggal melakukan aktivitas modifikasi lainnya seperti melakukan Root atau Install Custom ROM.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.