Cara Root Google Pixel 2 / Google Pixel 2 XL Android 11 Tanpa TWRP Recovery - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 07 Januari 2021

Cara Root Google Pixel 2 / Google Pixel 2 XL Android 11 Tanpa TWRP Recovery

Google Pixel 2 adalah seri terbaru dari versi sebelumnya yang telah resmi di rilis pada tahun 2019 lalu. Kini sudah mulai banyak para pengguna Android yang mulai memburu perangkat smartphone keluaran dari Google ini, selain memiliki fitur yang cukup beragam terutama pada bagian kameranya.

Banyak dari pengguna smartphone Google Pixel 2 ini yang mengatakan positif mengenai review dari hasil kualitas kamera yang diambilnya, terutama untuk mereka yang suka hobi berfoto ria. Tapi tidak hanya itu saja kelebihan yang dicari para pengguna, melainkan dalam segi custom rom dan sebagainya pun cukup mudah dilakukan.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 Atau Google Pixel 2 XL

Salah satunya adalah dengan melakukan Root Google Pixel 2 ini, setelah berhasil memasang proses rooting pada perangkat Android, maka selanjutnya kita dapat melakukan berbagai jenis hal untuk meningkatkan performa secara maksimal dan kinerja dari ponsel tersebut.

Cara Root Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL

Root adalah suatu langkah yang biasa dikenal dengan istilah rooting, setelah perangkat Android berhasil di root, maka ponsel tersebut dapat melakukan banyak hal tidak seperti pada ponsel yang masih dalam keadaan pabrik. Salah satunya yang biasa dilakukan oleh para opreker adalah dengan melakukan Root, Install TWRP, Custom ROM, dan lain sebaginya.

Maka sebab dari itu, sangat mudah sekali untuk melakukan Root Google Pixel 2 Verizon jika kamu mengikuti semua petunjuk yang telah diberikan dengan benar. Selain itu, ada sejumlah fitur khusus yang hanya terdapat pada perangkat Android yang telah di root.

Perlu diperhatikan, jika kamu hendak melakukan root pada perangkat Google Pixel 2 maupun 2 XL maka semua data yang tersimpan dalam ponsel tersebut akan terhapus semuanya. Maka sebelum melakukannya, pastikan kamu telah membuat backup data terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan semua data-data penting ini.

Spesifikasi Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Saat pertama kali resmi diluncurkan ke pasaran harga Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL cukup tinggi, namun seiring berjalannya waktu harga dari kedua ponsel tersebut sudah lebih murah dan lebih terjangkau. Spesifikasi yang terdapat pada kedua perangkat ini hampir tidak jauh berbeda dengan perbedaannya.

Pada Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama-sama dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB, dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang diberikan pada Pixel 2 yaitu 2700 mAh dan Pixel 2 XL dengan 3520 mAh.

Baca Juga : Cara Install TWRP Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL

Tidak hanya itu saja persamaan dan perbedaan yang diberikan dari kedua ponsel ini, dalam segi Chipset Pixel 2 memiliki Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm) dan pada Pixel 2 XL mempunyai Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm), dan CPU Pixel 2 Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan pada Pixel 2 XL Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo).

Maka jika dilihat dari perbedaan kedua prosessor tersebut, ponsel Google Pixel 2 XL jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Pixel 2. Sebab dari itu, harga Pixel 2 XL jauh lebih tinggi dan tetap bertahan.

Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti sering mendengar istilah root, namun Anda tidak benar-benar mengetahui apa sebenarnya root itu. Jika kalian masih belum mengetahui tentang root yang sebenarnya, kami sarankan kalian jangan melakukannya, karena jika prosesnya mengalami kegagalan ponsel Anda akan mengalami kerusakan system.

1. Pengertian Root

Root dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kata Akar, maka dalam istilah Android. Root bisa juga diartikan sebagai Akar Ponsel Android, maka setelah kalian berhasil melakukan root pada smartphone, kalian akan mendapatkan suatu kendali penuh atau kalian juga bisa mendapatkan hak akses penuh pada smartphone Android tersebut.

Dengan kata lain, setelah kalian me-root ponsel. Kalian dapat melakukan apapun pada ponsel Android tersebut, termasuk kalian dapat memodifikasi sebuah Firmware atau OS dengan kehendak kalian secara bebas.

2. Kelebihan Root

Setelah berhasil me-root ponsel Android, maka kalian dapat memanfaatkan berbagai jenis kelebihan setelah melakukan root, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat menghapus aplikasi bawaah.
  2. Backup dan Restore aplikasi yang telah terinstal.
  3. Dapat mengontrol Kernel dan CPU secara bebas.
  4. Dapat mengedit Build.prof.
  5. Dapat menginstal berbagai jenis Module di dalam apk Magisk Manager.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kelebihan setelah melakukan root dapat Anda lihat dalam daftar tersebut. Namun bukan hanya itu saja kelebihannya, masih banyak jenis kelebihan yang lainnya yang bisa kalian manfaatkan.

3. Kerugian Root

Walaupun setelah melakukan root terdapat banyak hal kelebihan yang bisa kalian manfaatkan setelah mendapatkan akses root, akan tetapi root juga mempunyai sisi bahayanya sebagai berikut:

  1. Garansi resmi akan hilang.
  2. Tidak dapat melakukan update sistem yang terdapat dalam pengaturan.
  3. Celah keamanaan yang terdapat pada ponsel akan semakin kecil, dan akan semakin besar peluang ponsel akan termasuki oleh malware.
  4. Dapat menurunkan performa.
  5. Malfungsi pada system ponsel.

Nah, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Dalam daftar tersebut terdapat berbagai kerugian yang akan Anda dapatkan setelah melakukan root pada ponsel Android.

Persyaratan Sebelum Melakukan Root Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Sebelum kamu memulai menuju ke langkah-langkahnya, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melakukannya. Silahkan kamu lihat sendiri di bagian bawah ini ada beberapa syarat yang harus dilakukan.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka kunci bootloader (Unlock Bootloader) pada perangkat Google Pixel kamu. Jika kamu belum melakukannya, kamu bisa melihat caranya melalui postingan yang telah saya berikan di atas.
  2. Selanjutnya kamu harus Mengaktifkan USB Debugging, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk mem-boot perangkat kamu ke dalam Mode Fastboot. Untuk melakukannya kamu bisa membuka Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Ketuk 7x pada Build Number >> Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan dan pilih Sistem >> Lanjutan >> Opsi Pengembang >> Enable USB Debugging.
  3. Kamu juga harus Menginstall Android SDK Platform Tools di komputer atau laptop.
  4. Terakhir, download semua bahan-bahan yang diperlukan dan ikuti setiap petunjuk yang sudah diberikan dengan benar.

Baca Juga : Cara Flashing Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL Stock Rom Android 8.0.0

Nah, jika semua syarat tersebut sudah kamu kerjakan, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah-langkah Root Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang sudah menggunakan Android 11.

Root Android 11 Untuk Perangkat Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL

Berkat Magisk, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan akses root bahkan setelah berhasil melakukan pembaruan OS ke versi terbaru. Karena tools yang satu ini sangat populer sekali dikalangan opreker dalam mengakss sistem sampai ke akar-akarnya. Bahkan sebelum tools ini resmi dirilis, walau prosesnya cukup rumit namun tetap berhasil.

Oke, langsung saja yaa saya akhiri penjelasannya dan akan saya mulai penjelasan mengenai langkah-langkah Root Google Pixel 2 Android 11 dan Root Google Pixel 2 XL Android 11. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama kamu harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  2. Download Full OTA Package Google Pixel 2 atau Full OTA Package Google Pixel 2 XL, pilih salah satu yang sesuai dengan perangkat Google Pixel kamu.
  3. Download Android SDK Platform Tools.
  4. Download Google Pixel USB Driver.
  5. Download Magisk Manager v8.0.2.
  6. Jika semua file yang dibutuhkan sudah berhasil kamu download semua, lalu ekstrak file OTA Package yang tadi sudah di download dan kamu akan melihat file payload.bin.

  7. Selanjutnya ubah file tersebut ke dalam bentuk file image, jika kamu tidak mengetahui caranya kamu bisa melihat tutorialnya disini Cara Extract Payload.bin dan Dapatkan File Stock Boot Image.

  8. Selanjutnya Install APK Magisk Manager di perangkat Pixel kamu, jika sudah lalu jalankan aplikasi tersebut.
  9. Selanjutnya pilih tombol Install >> Select and Patch a File >> lalu pilih file boot.img.

  10. Jika sudah lalu ketuk opsi Let’s Go yang terletak di bagian kanan atas.
  11. Maka selanjutnya Magisk akan langsung memuat file boot.img dan tunggu sampai prosesnya selesai, jika sudah selesai kamu akan melihat pesan Download Complete.

  12. Maka file boot.img tersebut akan tersimpan di dalam penyimpanan internal ponsel dan namanya akan berubah menjadi magisk_patched.img.
  13. Langkah selanjutnya adalah kamu tinggal mem-flash file boot.img dengan menggunakan Android SDK Platform tools untuk melanjutkan ke langkah root Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL.
  14. Lalu pindahkan file magisk_patched.img yang tadi ke dalam folder ADK Android Platform Tools di PC kamu.
  15. Selanjutnya sambungkan ponsel kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB dan pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan USB Debugging.
  16. Di dalam folder Android SDK Platform tools, klik pada bagian adress dan ketikan cmd lalu tekan enter.


  17. Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini untuk mem-boot ponsel kamu ke dalam Mode Fastboot.
    adb reboot bootloader
  18. Jika sudah, lalu masukkan perintah di bawah ini untuk memulai proses flash file boot.img.
  19. fastboot flash boot magisk_patched.img
  20. Langkah terakhir adalah dengan memasukkan perintah di bawah ini untuk mulai masuk ke dalam OS Android pada perangkat kamu.
  21. fastboot reboot
  22. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil melakukan langkah Root Google Pixel 2 Android 11 dan Root Google Pixel 2 XL Android 11 dengan menggunakan langkah tanpa custom recovery TWRP. Jika kamu mengalami masalah apapun, kamu dapat memberikan komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.