Cara Install TWRP Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL

Beberapa fitur yang cukup sering digunakan oleh para pengguna Smartphone Android dalam urusan memodifikasi yang cukup terkenal, terutama yang tersedia dalam perangkat Google Pixel. Maka sebab dari itu, disini kami akan memberikan tutorial untuk kalian semua dalam membantu untuk Install TWRP Google Pixel 2 dengan panduan yang cukup mudah dimengerti.

Dalam waktu beberapa bulan terakhir ini, sudah semakin banyak pengguna yang memilih ingin menggunakan ponsel Pixel 2 tersebut dan semakin banyak pula yang mengharapkan tentang kemajuan developer dalam meningkatkan aktivitas rooting-nya.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Google Pixel 2 Atau Google Pixel 2 XL

Jadi saat ponsel sudah dipegang oleh salah satu pengguna, mereka dapat segera mulai menyesuaikannya untuk menjadi lebih menarik lagi. Nah, jika Anda salah satu dari orang yang ingin melakukan hal tersebut pada perangkat Google Pixel 2 maupun Pixel 2 XL. Jadi mulailah untuk segera mengikuti panduan kami ini mengenai cara install TWRP Recovery di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Install TWRP Recovery Di Google Pixel 2 & Pixel 2 XL

TWRP adalah salah satu fitur yang tersedia di setiap perangkat Android, baik dalam menangani pemulihan ponsel dan melakukan berbagai macam kustom yang dapat Anda nikmati. Mungkin saja Anda telah menganggap TWRP ini sebagai alat yang paling dasar dalam mengoprek perangkat Anda.

Custom Recovery untuk Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL telah resmi dirilis pada beberapa tahun yang lalu. Sementara ketika pertama kali diluncurkan pada build versi awal masih memiliki beberapa masalah yang terjadi, seperti enkripsi yang tidak di dukung, sedangkan dalam versi terbaru ini semua dapat berfungsi dengan sempurna pada perangkat tersebut.

Seperti yang sudah kami ketahui, bahwa pada perangkat Pixel ini semua tata letak dari partisi baru, tidak ada partisi recovery twrp khusus yang disediakan. Semua partisi recovery itu semua berada dalam partisi boot.img. Jadi, untuk dapat Install TWRP Google Pixel 2 XL hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mem-boot recovery dan kemudian mem-flash file zip.

Spesifikasi Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

Saat pertama kali resmi diluncurkan ke pasaran harga Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL cukup tinggi, namun seiring berjalannya waktu harga dari kedua ponsel tersebut sudah lebih murah dan lebih terjangkau. Spesifikasi yang terdapat pada kedua perangkat ini hampir tidak jauh berbeda dengan perbedaannya.

Pada Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama-sama dilengkapi dengan RAM sebesar 4 GB, dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang diberikan pada Pixel 2 yaitu 2700 mAh dan Pixel 2 XL dengan 3520 mAh.

Baca Juga : Cara Root Google Pixel 2 / Google Pixel 2 XL Android 11 Tanpa TWRP Recovery

Tidak hanya itu saja persamaan dan perbedaan yang diberikan dari kedua ponsel ini, dalam segi Chipset Pixel 2 memiliki Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm) dan pada Pixel 2 XL mempunyai Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm), dan CPU Pixel 2 Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan pada Pixel 2 XL Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo).

Maka jika dilihat dari perbedaan kedua prosessor tersebut, ponsel Google Pixel 2 XL jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Pixel 2. Sebab dari itu, harga Pixel 2 XL jauh lebih tinggi dan tetap bertahan.

Apa Itu Recovery TWRP..??

Sebelum kami memulai ke langkah instalasinya, mari sedikit kita bahas tentang apa itu recovery twrp. Jika Anda sudah berpengalaman dalam dunia customisasi, Anda dapat melewakan penjelasan singkat ini. Akan tetapi jika Anda baru pertama kali melakukan hal ini, sebaiknya Anda sedikit membaca tentang apa yang sudah dijelaskan di bawah ini.

Apa itu Recovery TWRP, ini adalah partisi khusus yang telah disediakan disetiap perangkat Android yang Anda gunakan untuk memberikan kelebihan dalam melakukan pemulihan perangkat smartphone tersebut.

Biasanya dalam partisi recovery tersebut menyediakan opsi untuk menghapus semua partisi dan menginstal paket pembaruan firmware yang telah diberikan akses izin. Opsi yang tersedia ini sangat terbatas dalam hal pemulihan stock rom yang sudah diinstal sebelumnya dari pihak pabrikan.

Perlu Anda ketahui, bahwa pada sistem recovery ini merupakan rancangan atau desain yang telah berhasil dibuat oleh pihak ketiga. Recovery TWRP ini telah menawarkan fungsionalitas yang jauh lebih banyak daripada dengan menggunakan Recovery bawaan.

Sekarang, sebelum Anda memulai untuk menuju ke proses instalasi TWRP Recovery di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai beberapa fitur yang telah disediakan oleh Recovery TWRP tersebut.

  1. Telah mendukung antarmuka touchscreen.
  2. Anda juga dapat membuat backup data dan recovery partisi perangkat, baik secara individu atau secara keseluruhan.
  3. Mount partitions.
  4. Anda juga dapat menjalankan konsol terminal dalam mode recovery tersebut.
  5. Anda juga dapat mem-flash file zip, seperti Custom ROM, MOD, Module, dan Root.
  6. Anda juga dapat melakukan factory reset atau wipe data.

Semua fitur yang telah disebutkan di atas, memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas perangkat lunak pada perangkat Google Pixel Anda dan juga menyediakan hampir setiap fungsi untuk menangani masalah umum, seperti bootloop dan atau soft-bricks.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan

Sebelum Anda memulainya dengan semua instruksi yang kami berikan, pastikan untuk mengikuti semua persyaratan penting di bawah ini dan pastikan untuk mengikuti semuanya.

Baca Juga : Cara Flashing Google Pixel 2 & Google Pixel 2 XL Stock Rom Android 8.0.0

  1. Buat backup data terlebih dahulu dari semua data yang tersimpan di ponsel, termasuk penyimpanan internal dan akan mencegah terjadinya sesuatu jika mengalami hal buruk.
  2. Pastikan Anda telah melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu di perangkat Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL.
  3. Pastikan juga bahwa Anda telah mengaktifkan USB Debugging dan menginstal ADB dan Fastboot di PC Anda.

Jika Anda telah mengikuti semua persyaratan tersebut, maka Anda dapat melanjutkan ke proses instalasi Recovery TWRP di Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Cara Install TWRP Recovery Di Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL

  1. Pertama adalah Anda harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya download dan install ADB and Fastboot di PC Anda.
  3. Download Google Pixel USB Driver.
  4. Download TWRP Recovery untuk Google Pixel 2 atau Google Pixel 2 XL, pastikan bahwa Anda telah mendownload file TWRP yang berformat .zip dan .img.

  5. Download TWRP Recovery Google Pixel 2 (twrp-3.3.0-0-walleye.img)
  6. Download TWRP Recovery Google Pixel 2 (twrp-pixel2-installer-walleye-3.3.0-0.zip)
  7. Download TWRP Recovery Google Pixel 2 XL (twrp-3.3.0-0-taimen.img)
  8. Download TWRP Recovery Google Pixel 2 XL (twrp-pixel2-installer-taimen-3.3.0-0.zip)

  9. Jika sudah lalu pindahkan file twrp.zip ke dalam penyimpanan internal ponsel Anda.
  10. Selanjutnya sambungkan ponsel Google Pixel 2 atau Pixel 2 XL Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  11. Selanjutnya copy file twrp.img yang tadi sudah Anda download ke dalam folder adb and fastboot berada.
  12. Selanjutnya klik pada area kosong di dalam folder ADB and Fastboot tersebut, lalu klik kanan + tekan tombol Shift pada keyboard dan pilih Open PowerShell windows here.
  13. Selanjutnya boot ponsel Anda ke dalam Mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.

  14. Sekarang sambungkan perangkat Google Pixel 2 atau Pixel 2 XL Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  15. Pada tampilan command prompt tadi, lalu masukan perintah di bawah ini.
  16. fastboot devices
  17. Perintah tersebut akan memeriksa device ID pada layar command prompt.
  18. Selanjutnya masukan perintah di bawah ini untuk boot ponsel Anda ke dalam Mode Recovery TWRP.
  19. Untuk Google Pixel 2 lakukan perintah berikut:
  20. fastboot boot twrp-3.3.0-0-walleye.img
  21. Untuk Google Pixel 2 XL lakukan perintah berikut:
  22. fastboot boot twrp-3.3.0-0-taimen.img
  23. Maka selanjutnya ponsel Anda akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  24. Langkah selanjutnya, pada menu TWRP lalu pilih Install.
  25. Selanjutnya cari file TWRP.zip yang tadi sudah Anda simpan di penyimpanan internal ponsel.
  26. Selanjutnya, swipe tombol di bawahnya untuk memulai proses instalasi.
  27. Jika prosesnya sudah selesai, lalu restart ponsel Anda dengan memilih Reboot System.
  28. Selesai.

Sampai disini Anda telah berhasil menginstal Custom Recovery TWRP di Google Pixel 2 atau Pixel 2 XL dengan mengikuti petunjuk yang telah kami berikan. Jika Anda mengalami kesulitan apapun, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.


Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar