Cara Membuat Halaman Pada Microsoft Word Dengan Benar - Tips Tutorial Bersama

Senin, 04 Oktober 2021

Cara Membuat Halaman Pada Microsoft Word Dengan Benar

Ingin tahu bagaimana cara membuat halaman pada Microsoft Word dengan benar? Yuk, simak semua penjelasannya di bawah ini secara lengkap dan tepat.

Cara Membuat Halaman Di Word mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sulit untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Pada kenyataannya untuk menambahkan halaman ini sendiri ternyata cukup mudah untuk dilakukannya, mereka tidak perlu mencari tombol tersembunyi apapun.

Microsoft Word terdapat beberapa fitur menarik di dalamnya yang tidak banyak diketahui oleh kebanyakan orang, salah satunya seperti yang sudah saya sampaikan di atas. Penggunaan halaman ini sangat penting untuk diterapkan, terutama untuk tulisan karya ilmiah yang membutuhkan beberapa halaman di dalamnya.

Karena halaman ini bisa menjadi suatu penanda dalam hasil tulisan seseorang. Tanpa adanya hal ini, maka seseorang akan merasa kesulitan untuk mengetahui rincian dari suatu tulisan tersebut. Maka sebab dari itu halaman di Microsoft Word sangat penting dicantumkan bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis.

Untuk mengetahui selengkapnya, teman-teman bisa melihatnya melalui penjelasan yang akan saya jelaskan di bawah ini. Mungkin dengan penjelasan singkat saya ini dapat digunakan untuk mengetahui cara membuat nomor halaman pada Microsoft Word secara tepat dan benar.

Cara Buat Halaman Pada Word Untuk Perangkat Windows

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan Microsoft Word yang terdapat pada komputer Windows. Bagi teman-teman yang ingin mengetahuinya, maka bisa dilihat melalui langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Kemudian selesaikan dahulu seluruh dokumen word yang saat ini sedang kamu kerjakan.
  3. Jika sudah selesai, kemudian pilih menu Insert >> Page Number >> lalu pilih format yang kamu inginkan.
  4. Jika sudah, maka nanti nomor halaman pada dokumen tersebut akan langsung tampil.
  5. Akan tetapi jika kamu ingin menampilkan nomor halaman 1 pada di halaman kedua, maka lakukan klik Page Number >> Format Page Numbers >> Start at >> lalu isi dengan angka 0.
  6. Jika kamu sudah selesai untuk menerapkan halaman tersebut dan kamu ingin keluar dari pengeditan halaman, maka klik menu Design >> Close Header and Footer.
  7. Seandainya jika kamu ingin mengedit kembali halaman tadi, maka kamu bisa klik dua kali pada nomor halaman.
  8. Maka nanti akan kembali ke menu edit halaman tadi.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membuat nomor halaman pada Microsoft Word yang terdapat pada perangkat windows. Selain itu, cara di atas juga dapat diterapkan disemua versi Microsoft Word.

Cara Buat Halaman Pada Word Untuk Perangkat Mac

Selanjutnya saya akan mulai menjelaskan bagaimana cara menerapkan halaman di Microsoft Word yang terdapat pada perangkat Mac. Untuk lebih jelasnya lagi, maka kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka Microsoft Word yang terdapat pada Mac kalian.
  2. Kemudian buka dokumen yang ingin dibuatkan halaman.
  3. Kemudian klik pada menu Insert >> Page Number >> Page Number.
  4. Kemudian atur lokasi nomor halaman yang sesuai dengan selera kalian masing-masing.
  5. Jika kamu ingin mengubah gaya nomor pada halaman tersebut, silahkan klik Format dan selanjutnya tinggal kamu pilih gaya pengaturan yang kamu inginkan.
  6. Jika sudah, kemudian klik OK.

Sampai disini teman-teman sudah berhasil membuat nomor halaman pada Microsoft Word yang terdapat pada perangkat Mac OS X. Langkah-langkahnya tadi hampir sama seperti yang terdapat pada windows. Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat halaman berbeda di word dengan angka romawi.

Cara Buat Halaman Berbeda Di Word

Cara selanjutnya dan terakhir yang akan saya jelaskan di bawah ini adalah mengenai cara membuat nomor halaman yang berbeda pada Microsoft Word. Pada cara pertama saya menjelaskan tentang membuat nomor halaman dalam bentuk angka, namun di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana mengatur nomor halaman menjadi angka romawi.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Microsoft Word yang sudah terinstal di komputer kalian.
  2. Kemudian pilih dokumen yang ingin dibuatkan nomor halamannya.
  3. Jika sudah, kemudian pilih menu Insert >> Page Number >> Format Page Numbers.
  4. Maka nanti kamu akan melihat layar Page Number Format.
  5. Pada layar ini kamu bisa mengganti nomor halaman di word dengan menggunakan huruf atau angka romawi.
  6. Jika kamu ingin menggunakan format angka romawi, maka pilih pada bagian Number format menjadi i ii iii.
  7. Maka nanti nomor halaman yang sebelumnya menggunakan angka akan berubah menjadi angka romawi.
  8. Selesai.

Sampai disini bahwa kalian telah selesai mengganti nomor halaman dari angka menjadi angka romawi. Semoga dengan penjelasan yang telah saya sampaikan di atas dapat berfungsi untuk membuat halaman pada Microsoft Word.

Next pada tutorial yang akan saya sampaikan berikutnya adalah mengenai cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi yang akan saya berikan selanjutnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat mengubah format nomor halaman pada Microsoft Word dapat dilakukan dengan menggunakan tab Page Number yang terdapat dalam menu word itu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan tombol apapun lagi untuk membuatnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: