Cara Menghapus Recycle Bin Pada PC Dan Smartphone Android - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 03 Oktober 2021

Cara Menghapus Recycle Bin Pada PC Dan Smartphone Android

Setiap file yang telah terhapus di PC maupun hp Android pasti akan tersimpan di dalam recyle bin. Lantas bagaimana caranya agar dapat dihapus secara permanen?

Cara Menghapus Recycle Bin pada komputer windows maupun pada Smartphone Android terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan, terutama bagi mereka yang menggunakan Windows 10. Seperti yang diketahui bahwa jika semua file sampah sudah menumpuk terlalu banyak, maka akan mengakibatkan ruang penyimpanan pada Data C akan berkurang.

Dengan menumpuknya semua file sampah yang telah terhapus tersebut, maka bisa juga akan menyebabkan kinerja komputer atau laptop menjadi berkurang. Maka dari itu untuk mengosongkan recycle bin sangat penting dilakukan oleh pengguna laptop maupun PC, hal tersebut agar dapat membantu meningkatkan performa laptopnya kembali.

Biasanya file-file sampah yang menumpuk ini disebabkan oleh seseorang yang menghapus suatu aplikasi pada komputernya dan bisa juga karena telah menghapus file yang terdapat pada penyimpanan Data C maupun D. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, harus dilakukan dengan cara mengosongkan recycle bin secara permanen.

Jika teman-teman tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya, maka kamu dapat melihat langkah-langkah yang telah saya berikan di bawah ini. Karena cara seperti ini cukup ampuh untuk memudahkan penggunanya dalam menghapus recycle bin pada PC atau laptopnya.

Cara Membersihkan File Sampah Pada Laptop Agar Tidak Lemot

Sebenarnya untuk menghapus file yang sudah berada pada folder recycle bin di PC terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membersihkannya., salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa menggunakan aplikasi apapun.

Namun pada pembahasan saya kali ini, disini saya akan menjelaskan caranya dengan tanpa bantuan dari aplikasi apapun. Jadi kamu tidak perlu menginstal aplikasi atau software lagi untuk bisa melakukan penghapusan ini. Selain itu cara ini juga bisa dilakukan untuk menghapus recycle bin yang secara tidak sengaja terhapus.

Untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

1. Melalui shortcut recycle bin yang terdapat di desktop

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan klik kanan pada recycle bin yang terdapat di desktop.
  2. Kemudian klik opsi Empty Recycle Bin.
  3. Maka nanti kamu akan melihat pesan peringatan yang bertuliskan Are you sure you want to permanently delete?.
  4. Kemudian klik tombol Yes, maka nanti semua file yang berada di folder tempat sampah tersebut akan terhapus semuanya.
  5. Selesai.

2. Melalui Disk Clean Up yang terdapat di dalam Disk Management

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan klik kanan pada My Computer.
  2. Kemudian pilih opsi Manage.
  3. Mana nanti kamu akan melihat layar Computer Management.
  4. Kemudian pada menu di sebelah kiri pilih Disk Management.
  5. Maka nanti pada bagian sebelah kanan kamu akan melihat semua partisi yang ada di komputer kalian.
  6. Kemudian klik kanan pada partisi C dan pilih Properties.
  7. Maka nanti kamu akan melihat rincian dari partisi Data C tersebut.
  8. Kemudian pada layar tersebut pilih Disk Cleanup.
  9. Maka nanti kamu akan melihat layar Disk Cleanup for (C:).
  10. Kemudian beri semua tanda centang pada opsi delete files tersebut.
  11. Jika sudah klik OK, maka nanti semua isi dari recycle bin akan terhapus semuanya, termasuk juga temporary files.
  12. Selesai.

3. Melalui Windows PowerShell pada Windows 10

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka PowerShell terlebih dahulu.
  2. Untuk dapat melakukannya klik Start >> Windows PowerShell >> kemudian klik kanan pada Windows PowerShell dan pilih Run as administrator.
  3. Kemudian masukkan perintah ini Clear-RecycleBin -force -ErrorAction:Ignore dan tekan enter.
  4. Kemudian tinggal kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  5. Selesai.

Nah, dengan begini kamu telah berhasil menghapus seluruh data yang terdapat pada folder recycle bin. Setelah melakukan hal ini, maka nanti performa PC teman-teman tidak akan mengalami ngelag lagi.

Manfaat Menghapus Recycle Bin Melalui Disk Cleanup Dan Windows PowerShell

Pasti diantara teman-teman tidak ada yang mengetahui atau sadar akan menghapus folder recycle bin setelah 30 hari file terhapus. Seperti yang diketahui, bahwa seseorang yang menghapus file seperti mp3, video, dokument, atau yang lainnya maka akan langsung masuk ke dalam recycle bin.

Jika, mereka langsung menghapusnya melalui cara Empty Recycle Bin, maka yang akan terjadi hanya seluruh sampah yang ada di dalamnya yang akan terhapus. Selain itu ruang penyimpanan pada Data C tidak akan kembali secara keseluruhan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut penggunanya harus melakukan metode dengan cara change how we free up space dengan menggunakan Disk Cleanup atau Windows PowerShell. Dengan melalui cara ini, maka tidak hanya filenya saja yang terhapus, melainkan seluruh file cachenya pun juga akan ikut terhapus.

Dengan begitu, maka ruang penyimpanan pada the recycle bin akan sepenuhnya kosong dan kapasitas Data C pun akan kembali secara keseluruhan. Oleh karena itu disini saya memberikan sedikit tips untuk membersihkan recycle bin dengan benar dan tepat.

Cara Membersihkan File Sampah Pada Smartphone Android Agar Tidak Lemot

File sampah yang sudah berada di dalam recycle bin tidak hanya tersedia pada komputer atau laptop saja, melainkan pada ponsel Android juga ada. Hanya saja pada perangkat smartphone folder recycle bin tidak dapat ditemukan dengan cara yang biasa. Hal tersebut disebabkan oleh sistem dari Android itu sendiri yang di hidden atau disembunyikan.

Nah, untuk memahami storage sense penggunanya harus melakukan root pada ponsel Android miliknya tersebut. Dengan begitu mereka akan melihat seluruh file explorer yang berada di penyimpanan internal. Namun tidak semua orang melakukan root pada setiap ponsel Android yang dimilikinya.

Melalui cara-cara yang akan saya jelaskan di bawah ini, disini teman-teman tidak perlu melalui akses root. Kamu hanya cukup mendownload aplikasinya melalui Google Play Store, untuk selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Menggunakan Mode Recovery

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk ke dalam Mode Recovery.
  2. Untuk dapat masuk ke dalam mode recovery ini, kamu bisa mematikan ponsel sampai dalam keadaan mati.
  3. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  4. Maka nanti kamu akan langsung masuk ke dalam mode recovery tersebut.
  5. Pada menu recovery ini, pilih menu wipe cache/dalvik.
  6. Kemudian tinggal kamu hapus saja semua file cache tersebut.
  7. Jika sudah, kemudian restart ponsel.
  8. Selesai.

2. Menggunakan Menu My Files Manager

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi My Files pada ponsel kamu.
  2. Kemudian klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Kemudian pilih Trash.
  4. Maka nanti kamu akan melihat semua file yang telah terhapus.
  5. Kemudian tinggal kamu klik Empty saja.
  6. Maka nanti semua file yang berada di recycle bin akan terhapus semuanya secara permanen.
  7. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai membersihkan seluruh file yang terletak pada recycle bin di ponsel Android. Dengan begini maka performa ponsel kamu sudah kembali normal lagi dan tidak akan mengalami ngelag lagi.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk menghapus recycle bin secara permanen di PC harus menggunakan cara Disk Cleanup dan Windows PowerShell, serta pada ponsel Android harus menggunakan wipe cache yang berada di dalam mode recovery.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments