Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 27 Januari 2023

Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version

Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial mengenai Linux Mint. Linux Mint hadir dalam bentuk ISO image yang dapat digunakan untuk membuat DVD atau USB yang dapat di boot. Dalam panduan ini akan membantu kamu download ISO Image, membuat media yang dapat di boot, dan menginstal Linux Mint.

Linux Mint Cinnamon Edition merupakan suatu Operating System untuk Linux masih ada beberapa orang yang tidak mengetahuinya. Padahal pihak pengembang yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Pasti di antara teman-teman semua, pihak pengembang dari OS tersebut telah memberikan file installer sistem operasi Linux Mint secara gratis tanpa perlu aktivasi.

Berkat pihak pengembang yang telah memberikan donations and advertising Linux Mint, akhirnya untuk setiap pengguna setia Operating System ini dapat menikmati performanya di PC atau laptop secara gratis. Berkat usaha dan kerja keras mereka, pengembang pun berharap bahwa penggunanya dapat menikmatinya seperti mereka mengerjakan versi terbarunya.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin menggunakan Linux Mint Cinnamon Edition versi terbaru, maka kamu dapat download file ISO-nya dengan melalui quick links yang telah saya sediakan di bawah ini secara gratis. Selain itu, disini saya juga akan membuatkan panduan untuk langkah-langkah instalasinya agar dapat digunakan dengan hasil yang maksimal.

Fitur Terbaru Linux Mint Cinnamon Edition

Sebelum kamu Download Linux Mint Cinnamon Edition, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa informasi terbaru mengenai semua fitur yang diberikannya. Linux Mint 21 ‘Vanessa” Xfce Edition merupakan versi terbaru yang dapat digunakan untuk jangka panjang, bahkan pihak pengembangnya mengatakan bahwa dapat digunakan sampai tahun 2027.

1. Bluetooth

Di Linux Mint 21, Blueman menggantikan Blueberry. Sama seperti Blueberry, Blueman adalah desktop-agnostik dan terintegrasi dengan baik di semua lingkungan. Blueberry bergantung pada gnome bluetooth yang dikembangkan khusus untuk GNOME. Sebaliknya, Blueman menggandakan tumpukan Bluez yang berfungsi di mana saja dan dapat digunakan.

2. Thumbnailers

Kurangnya thumbnail untuk beberapa jenis file umum diidentifikasi sebagai masalah kegunaan. Untuk mengatasinya, proyek Xapp baru yang disebut xapp-thumbnailers dimulai dan sekarang ditampilkan di Linux Mint 21. Dukungan gambar mini yang ditingkatkan, proyek ini memberikan dukungan  untuk mimetypes seperti AppImage, ePub, MP3, Image RAW, dan Webp.

3. Sticky Notes

Aplikasi Sticky Notes sekarang memiliki kemampuan untuk menggandakan catatan. Menduplikasi catatan di Sticky Notes, saat Sticky Notes diminta untuk memilih warna yang berbeda untuk catatan yang baru dibuat, ia tidak lagi mengambilnya secara acak. Tetapi menelusuri kumpulan warna untuk memaksimalkan kemungkinan setiap catatan.

4. Process Monitor

Tugas otomatis sangat bagus untuk menjaga keamanan komputer, tetapi terkadang dapat mempengaruhi kinerja sistem saat pengguna sedang mengerjakannya. Monitor proses kecil ditambahkan ke Linux Mint untuk mendeteksi pembaruan otomatis dan snapshot sistem otomatis yang berjalan di latar belakang.

5. XApps Improvements

Timeshift sekarang dipertahankan sebagai XApp dan terjemahannya dilakukan di Launchpad. Dalam mode rsync, ini sekarang menghitung ruang yang diperlukan untuk snapshot berikutnya dan melewatkannya jika melakukan snapshot tersebut menghasilkan kurang dari 1 GB ruang kosong pada disk.

Nah, itulah beberapa fitur terbaru yang disediakan oleh versi Linux Mint 21 ini. Linux Mint is completely yang benar-benar gratis dan hampir semua komponennya adalah Open Source. Linux Mint berdiri di atas bahu raksasa yang didasarkan pada Debian dan Ubuntu.

Download Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version

Linux Mint is completely free of charge It is completely free of cost and almost all of its components are Open Source. Jika teman-teman tertarik ingin mencoba dan menginstalnya di komputer, maka kamu dapat download file ISO Linux Mint 21 dengan melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini secara gratis.

File Name Link Download
Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version TeraBox

Password: www.tipstutorialbersama.com/19-12-2022

Jika kamu telah selesai mengunduh version of Linux Mint 21, maka kamu bisa langsung memulai proses instalasinya. Namun jika kamu tidak mengetahui cara instalasinya, silahkan kamu lihat langkah-langkahnya dalam panduan yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version

Untuk proses instalasi GNOME 2 Linux Mint Cinnamon Edition, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Tenang saja, karena semua instruksinya akan saya jelaskan dengan lengkap agar pengguna baru dapat memahaminya tanpa mengalami kesulitan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan Download Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version.
  2. Selanjutnya ekstrak file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buat dahulu Bootable Linux Mint Di USB Flashdisk.
  4. Jika sudah, lalu hubungkan USB Flashdisk tersebut ke PC atau laptop.
  5. Selanjutnya lakukan settingan BIOS pada komputer kamu terlebih dahulu.
  6. Untuk dapat melakukan settingan BIOS saat ingin menginstall OS, itu setiap merk berbeda-beda.
  7. Silahkan kamu cari tutorialnya seperti merk dan tipe PC atau laptop yang kalian pakai.
  8. Jika kamu sudah melakukannya dengan benar, maka PC atau laptop tersebut akan langsung booting ke mode instalasi Linux Mint 21.
  9. Jika sudah masuk ke mode instalasinya, lalu pilih English >> Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #1

  10. Selanjutnya pada tampilan Keyboard layout, lalu pilih English (US) >> Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #2

  11. Selanjutnya pada bagian Multimedia codecs, lalu hilangkan tanda centang pada Install multimedia codecs >> Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #3

  12. Selanjutnya pilih Something else >> Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #4

  13. Selanjutnya pada bagian Installation type, lalu klik New Partition Table.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #5

  14. Jika muncul notifikasi seperti ini, lalu klik saja Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #6

  15. Selanjutnya pilih bagian yang Free Space, lalu klik ikon tanda +.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #7

  16. Selanjutnya pada bagian Size isi sebanyak 1 GB saja, lalu pilih Primary >> Beginning of this space >> Swap Area >> OK.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #8

  17. Selanjutnya pilih lagi yang Free Space, lalu klik ikon tanda + lagi.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #9

  18. Selanjutnya isi Size dengan ukuran yang tersedia secara default, lalu pilih Logical >> Beginning of this space >> Ext4 journaling file system >> / >> OK.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #10

  19. Jika sudah semuanya, laluk klik Install Now.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #11

  20. Jika muncul notifikasi seperti ini, lalu klik Continue >> Continue >> Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #12

  21. Selanjutnya pilih lokasi yang sesuai dengan tempat tinggal kamu, lalu klik Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #13

  22. Selanjutnya isi Your Name, Your Computer’s Name, Pick a Username, dan Password sesuai selera kalian masing-masing, lalu klik Continue.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #14

  23. Selanjutnya proses instalasi OS Linux Mint 21 Cinnamon Edition akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #15
     
  24. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Restart Now.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #16

  25. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai masuk ke dalam desktopnya.
    Cara Install Linux Mint Cinnamon Edition Latest Version #17

  26. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal Operating System Linux Mint Cinnamon Edition di PC atau laptop. Pada versi terbaru ini telah muncul dengan peranti lunak yang diperbarui dan menghadirkan penyempurnaan dan banyak features to make your desktop menjadi lebih nyaman dari versi sebelumnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Download Linux Mint Cinnamon Edition Full Version merupakan long term support release jangka panjang yang akan didukung hingga 2027. File ISO versi Cinnamon Edition ini dapat di download secara gratis melalui website yang ada di internet. Sedangkan untuk langkah instalasinya dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments