Cara Melakukan Factory Reset / Hard Reset Realme 6 Pro

Dalam tutorial ini, Anda akan melihat langkah-langkah Cara Melakukan Factory Reset atau Reset Pabrik untuk Realme 6 Pro Anda dan mengembalikannya langsung ke dalam pengaturan pabrik, baik dengan menggunakan menu pengaturan atau melalui recovery ColosOS bawaan.

Factory Reset, juga biasa dikenal sebagai Hard Reset adalah suatu proses yang menghapus semua data-data yang tersimpan di ponsel dan langsung mengembalikannya ke kondisi pabrik. Selama melakukan proses factory reset, data yang akan terhapus mencakup data sistem, aplikasi yang sudah berhasil terinstal, dan data-data seperti file musik, foto, video, document, dll yang tersimpan di penyimpanan internal ponsel.

Jika Anda mengalami masalah atau gangguan pada ponsel seperti kinerja ponsel menjadi lemot, mengalami error pada aplikasi, maka melakukan factory reset pada Realme 6 Pro Anda dapat memperbaiki masalah pada perangkat lunak tersebut. Hal ini juga bisa berguna jika Anda berencana untuk menjual ponsel Anda, untuk memastikan bahwa tidak ada data-data pribadi Anda yang tertinggal di ponsel Realme.

Cara Melakukan Factory Reset / Reset Pabrik Realme 6 Pro

Di bawah ini, kami telah menyediakan 2 cara berbeda untuk melakukan Factory Reset atau Hard Reset Realme 6 Pro Anda. Cara pertama adalah dengan menggunakan opsi bawaan yang ada di menu pengaturan, yang merupakan cara termudah dan direkomendasikan.

Namun, jika Anda tidak dapat masuk ke menu ponsel, atau mengalami lupa pola, lupa password, atau bahkan bootloop, maka cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cara kedua dan melakukan Hard Reset dengan menggunakan Recovery bawaan. Cara ini mungkin sedikit rumit bagi Anda yang masih pemula, tetapi disini akan kami jelaskan dengan lebih detail untuk melakukan cara ini.

Note: Jika Anda ingin melakukan reset pabrik dari opsi pengaturan bawaan, kami sarankan untuk membuat backup data terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini. Sedangkan jika Anda mengalami lupa pola, lupa password, atau bootloop maka ikhlaskan saja data-data yang tersimpan di ponsel, karena akan terhapus semua.

Cara Pertama: Factory Reset Realme 6 Pro menggunakan opsi menu pengaturan bawaan.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Kemudian cari Additional Settings.
  3. Selanjutnya scrool ke bawah dan pilih Backup and Reset.
  4. Ketuk pada Reset to Factory Settings.
  5. Selanjutnya pilih Erase All Data.
  6. Selanjutnya masukkan Password / PIN ponsel Anda jika ada, untuk mengonfirmasi sebelum melakukan proses.

Setelah Anda melakukan semua langkah-langkah di atas, Realme 6 Pro Anda akan reboot dan melakukan proses reset pabrik secara otomatis. Setelah prosesnya selesai, ponsel Anda akan booting ulang ke dalam sistem.

Cara Kedua: Factory Reset Realme 6 Pro menggunakan Recovery ColorOS bawaan.

  1. Matikan ponsel ke dalam keadaan mati.
  2. Setelah ponsel sudah dalam keadaan mati, lalu tekan dan tahan Tombol Power + Volume Bawah, setelah muncul logo lalu lepaskan kedua tombol tersebut.
  3. Selanjutnya lalu pilih ke Bahasa Inggris.
  4. Kemudian pilih opsi Wipe Data.
  5. Selanjutnya jika diminta masukkan Password / PIN / Pola Kunci Layar ponsel Anda, masukkan saja password ponsel Anda.
  6. Selanjutnya ketuk Wipe Data, untuk memulai proses reset pabrik.
  7. Terakhir, tekan Ok untuk mengonfirmasi dan factory reset Realme 6 Pro.

Note: Jika Anda lupa Password / PIN / Pola Kunci Layar pada saat diminta memasukkan password pada layar Wipe Data di Recovery ColorOS, lebih baik Anda melakukan flashing pada ponsel Realme 6 Pro milik Anda.

Baca Juga : Cara Flash Realme 6 Pro Tanpa PC (Via ColorOS Recovery)

Setelah prosesnya selesai, Anda akan melihat pesan Wiped Successfully di layar ponsel Anda. Lalu cukup tekan OK untuk memulai mem-boot ulang ponsel Anda kembali ke sistem.

Saat ponsel Anda melakukan booting, Anda dapat mengaturnya secara normal dengan mengikuti instruksi di layar ponsel. Sekarang ponsel Anda akan terasa lebih ringan seperti saat pertama kali Anda membelinya dan semua masalah yang sebelumnya terjadi pada aplikasi sudah berhasil diperbaiki.

Semua penjelasan di atas tadi adalah Cara Melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada Ponsel Realme 6 Pro Anda dengan menggunakan dua cara yang berbeda. Jika Anda mengalami masalah saat melakukan proses reset pabrik tersebut, Anda dapat berkomentar di bawah ini.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar