Cara Install USB Driver Latest Version Semua Smartphone - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 24 September 2022

Cara Install USB Driver Latest Version Semua Smartphone

Cara Install USB Driver Latest Version Semua Smartphone

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah komponen perangkat lunak yang bernama USB Driver. Komponen yang akan saya berikan dapat digunakan dan di install untuk semua operating system windows apapun. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika file tersebut tidak terinstal di PC kalian.

Sebenarnya pada setiap perangkat Smartphone Android telah dibekali dengan fitur USB Driver yang memungkinkan penggunanya untuk memindahkan data dari PC ke ponsel atau sebaliknya. Akan tetapi, jika pengguna android ingin melakukan aktivitas pengembangan seperti root, maka mereka wajib menginstal Driver USB Port ke komputer.

Walaupun sebenarnya setiap ponsel telah dibekali dengan driver tersebut, tapi ada kalanya pada beberapa kasus ada yang terjadi pada Smartphone Android yang tidak terdeteksi pada perangkat PC. Hal tersebut terjadi karena perangkat PC yang mereka gunakan belum terinstal oleh komponen driver yang mengakibatkan USB device Smartphone tidak terbaca.

Namun tahukah kalian bahwa pada USB Driver sebenarnya terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu Qualcomm USB Driver dan Mediatek USB Driver. Untuk kedua tipe tersebut tersedia oleh beberapa Smartphone Android yang menggunakan Chipset seperti Qualcomm dan Mediatek. Jika kamu sedang membutuhkannya, kamu bisa download file tersebut di bawah ini.

Apa Itu USB Driver?

USB Driver merupakan salah satu komponen yang tersedia pada operating system windows agar memungkinkan untuk menghubungkan ponsel ke PC. Dengan menginstal Android USB Driver tersebut akan membuat hubungan koneksi yang stabil terhadap kedua perangkat tadi. Tanpa adanya software ini di PC, maka ponsel tersebut tidak akan terdeteksi.

Untuk teman-teman yang sedang mengalami kesulitan ponsel tidak terbaca di dalam komputer, hal tersebut bisa terjadi karena kamu belum menginstal Android USB Driver. Untuk mengatasi persoalan seperti ini, biasanya hanya dapat terselesaikan dengan cara menginstal USB Driver yang sesuai dengan merek ponsel android yang kalian gunakan.

Oleh karena itu, melalui halaman ini telah saya sediakan beberapa file driver yang dapat kamu download secara gratis dan lengkap dengan semua tipe ponsel android apapun. Jadi kamu dapat memilihnya yang sesuai dengan Smartphone Android yang kamu pakai. Tidak hanya itu saja, tetapi juga cocok digunakan pada USB Driver For Windows 10.

Download USB Driver Latest Version Semua Smartphone

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa pada postingan ini saya telah membagikan komponen driver untuk semua ponsel android, seperti Acer, Asus, Google Pixel, Realme, Samsung, Xiaomi, dan lain sebagainya. Silahkan kamu download salah satu file-nya yang sesuai dengan ponsel kalian.

Nah, untuk link downloadnya dapat kamu ambil melalui daftar di bawah ini.

File Name Link Download
Acer USB Driver TeraBox
Asus USB Driver TeraBox
Google Pixel USB Driver TeraBox
HTC USB Driver TeraBox
Huawei USB Driver TeraBox
LG USB Driver TeraBox
Motorola USB Driver TeraBox
Nokia USB Driver TeraBox
OnePlus USB Driver TeraBox
Oppo USB Driver TeraBox
Realme USB Driver TeraBox
Samsung USB Driver TeraBox
Sony Xperia USB Driver TeraBox
Vivo USB Driver TeraBox
Xiaomi USB Driver TeraBox

Setelah kalian selesai mengunduh file drivernya, sekarang kamu bisa langsung memulai instalasinya di PC kalian masing-masing. Dengan begitu, maka nanti kamu bisa menghubungkan ponsel ke komputer agar segera terdeteksi dan kamu bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti memindahkan file atau yang lainnya.

Cara Install USB Driver Latest Version Semua Smartphone

Jika kamu tidak mengetahui Cara Install USB Driver untuk perangkat Smartphone Android kalian, maka kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap. Selain itu, disini saya juga akan menjelaskan mengenai bagaimana menginstal driver Qualcomm dan Mediatek.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu lakukan.

1. Cara install driver Mediatek

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menginstal Driver USB Mediatek. Untuk cara yang satu ini hanya cocok digunakan pada ponsel android yang menggunakan prosesor Mediatek. Jadi sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau spesifikasi ponsel kamu menggunakan Chipset Mediatek.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download USB Driver Latest Version yang sesuai dengan ponsel kalian.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya sambungkan ponsel kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan posisi ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar
  4. Selanjutnya klik kanan pada shortcut My Computer, lalu pilih Manage.
  5. Selanjutnya pilih Device Manager yang terletak pada menu sebelah kiri.
  6. Selanjutnya klik pada area kosong pada layar sebelah kanan, lalu pilih Action >> Add legacy hardware.
  7. Selanjutnya klik Next >> Install the hardware that I manually select from the list >> Next >> Next >> Have Disk >> Browse.
  8. Selanjutnya arahkan ke dalam folder USB Driver Mediatek dan pilih android_winusb.inf >> Open >> OK >> Next >> Next.
  9. Maka nanti proses instalasinya akan langsung berjalan secara otomatis.
  10. Selanjutnya tunggu saja sampai proses instalasinya selesai.
  11. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu restart PC atau laptop yang tadi kamu gunakan.
  12. Selesai.

2. Cara install driver Qualcomm

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menginstal Driver USB Qualcomm. Untuk dapat menginstal driver yang satu ini caranya cukup mudah dan tidak sama seperti yang Mediatek. Jadi kamu dapat melakukan instalasinya tanpa perlu khawatir mengalami kesulitan apapun.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download USB Driver Qualcomm Latest Version.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan jalankan file di dalamnya dengan cara klik 2x.
  4. Maka nanti tampilan instalasinya akan langsung terbuka secara otomatis, lalu klik Next >> Next >> I accept the terms in the license agreement >> Next >> Install.
  5. Maka nanti proses instalasinya akan langsung berjalan secara otomatis.
  6. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses instalasinya selesai.
  7. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu restart PC atau laptop yang tadi kamu gunakan.
  8. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal Driver USB Mediatek dan Qualcomm yang sesuai dengan Smartphone Android yang kamu gunakan. Sekarang ponsel kamu sudah berhasil terdeteksi di PC dan kamu pun juga bisa memulai proses pemindahan data atau melakukan aktivitas pengembangan seperti Flashing, Unlock Bootloader, atau Install TWRP.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah USB Driver Windows 10 merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat di install untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Sebenarnya tidak hanya itu saja, tetapi driver ini juga dapat di install pada Windows 7 atau Windows 11. Dengan begitu, maka nanti ponsel android yang kamu miliki akan terdeteksi di PC tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments