Cara Unlock Bootloader Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 22 September 2022

Cara Unlock Bootloader Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Cara Unlock Bootloader Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Unlock Bootloader Oppo A37. Pada tahun 2019 at 8 jam / 24 jam terakhir, banyak pengguna Smartphone Android yang satu ini ingin memodifikasi ponselnya agar dapat berjalan secara maksimal. Karena Oppo A37 ini memiliki spesifikasi yang minim.

Untuk langkah-langkah Unlock Bootloader atau UBL pada perangkat Oppo A37F memiliki cara yang sangat mudah. Akan tetapi kamu harus mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu kehilangan salah satu langkah tersebut, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan sistem seperti bootloop.

Seperti yang sudah kita ketahui selama ini, bahwa ponsel Oppo yang satu ini mempunyai harga jual yang sangat murah. Walaupun desain dari ponselnya memiliki tampilan yang menarik, tapi dalam sudut performanya kalah jauh dengan ponsel android lainnya. Oleh sebab dari itu banyak penggunanya yang ingin melakukan root Oppo A37 agar meningkatkan kembali kinerjanya.

Ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan proses root untuk ponsel ini. Langkah awal dan syarat utama untuk melakukan root adalah dengan melakukan Unlock Bootloader Oppo A37 terlebih dahulu. Nah, untuk unlock bootloader tersebut telah saya siapkan langkah-langkahnya di bawah ini secara lengkap dan mudah untuk dipahami.

Cara Unlock Bootloader Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah

Oppo A37 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2016 lalu. Pada waktu pertama kalinya diresmikan ke publik ponsel ini sudah menggunakan Android 5.1 ColorOS 3. Selain itu, dalam segi desainnya telah dibuat dengan sangat elegan dan tersedia beberapa warna seperti Gold dan Rose Gold.

Namun sebagian besar masyarakat lebih menyukai dengan pilihan warna Rose Gold. Karena dengan perpaduan antara kedua warna tersebut membuat ponsel jadi lebih memiliki tampilan yang cantik. Untuk ponsel seri A37 ini telah tersedia beberapa varian model yang berbeda untuk setiap wilayah, seperti A37F, A37FW, dan A37M.

Dari ketiga model tersebut memiliki spesifikasi yang sama, yaitu untuk prosesornya menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 306. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya sebesar 16 GB dan RAM 2 GB. Selain itu, kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP.

Nah, itulah semua rincian dan deskripsi untuk mengulas spesifikasi mengenai ponsel android yang satu ini, sekarang kita kembali ke topik pembahasan sebelumnya. Untuk teman-teman yang ingin memulai proses to root pada ponsel ini, maka kamu harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu melalui penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Untuk teman-teman pengguna ponsel android Oppo A37 yang ingin melakukan proses Instal TWRP dan Root, kamu harus menyiapkan dahulu semua persyaratan di bawah ini sebelum memulai proses Unlock Bootloader atau membuka kunci bootloader.

Nah, berikut ini adalah semua syarat-syarat yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Pastikan kamu telah menyiapkan laptop atau PC dan kabel USB.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Install Oppo USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi nantinya.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua file-file yang akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader tersebut. Pastikan untuk download semua file ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan satupun.

Nah, berikut ini adalah semua bahan-bahan yang harus kamu download.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader di ponsel Oppo A37

Setelah kalian sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai melakukan langkah UBL atau Unlock Bootloader di ponsel Oppo yang satu ini. Akan tetapi, kamu harus mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging dahulu.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan di ponsel Oppo kalian masing-masing.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel (About Device) >> lalu ketuk 7x pada Build Number (Nomor Bentukan).
  3. Maka nanti akan muncul menu baru yang bernama Opsi Pengembang (Developer Option).
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya cari USB Debugging dan OEM Unlock, lalu tinggal kamu aktifkan saja tombolnya pada kedua pilihan tadi. Lakukan seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Oppo A37F Terbaru Dengan Mudah #1

  6. Selanjutnya download semua bahan-bahan yang akan digunakan, lalu extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  7. Selanjutnya buka folder adb and fastboot yang tadi sudah di extract, lalu jalankan command prompt atau cmd melalui folder tersebut.
  8. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  9. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  10. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader di layar command prompt yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  11. Jika muncul pesan perizinan di layar ponsel, pilih saja Yes / OK. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis ke dalam Fastboot Mode.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock dan tekan enter. Jika perintah tersebut gagal dan tidak berhasil, coba gunakan perintah fastboot oem unlock-go.
  13. Perintah tersebut berfungsi untuk memulai proses to Unlock Bootloader.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter.
  15. Perintah tersebut berfungsi untuk merestart ponsel secara otomatis. Jika perintah tersebut tidak berhasil, kamu bisa merestart ponsel secara manual.
  16. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Oppo A37 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah tidak terkunci bootloader lagi, jadi kamu bisa langsung memulai proses Install TWRP dan Root. Jika kamu menginginkannya, kamu bisa melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas pada bagian Baca Juga.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Unlock Bootloader merupakan sebuah tahap awal untuk kamu yang ingin melakukan proses Install TWRP dan Root. Karena jika ponsel kamu masih dalam kondisi terkunci bootloader, maka ponsel Oppo kamu tidak akan dapat dimodifikasi dengan kedua hal tersebut. Oleh karena itu langkah ini sangat penting dan wajib kamu lakukan dahulu.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Unlock Bootloader Oppo A37 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments