Perbandingan VMware vs VirtualBox, Manakah Yang Lebh baik?


Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat virtual machine di komputer, salah satunya adalah software VMware dan VirtualBox. Jika Anda berencana untuk membuat virtual machine di komputer, maka disini kami akan membantu Anda untuk menentukan software mana yang sebaiknya Anda gunakan dengan menggunakan VMware atau VirtualBox. Dengan cara membandingkan beberapa faktor yang dimiliki oleh kedua software ini.

Note: Penjelasan yang akan kami sampaikan di bawah ini berdasarkan pengalaman beberapa orang yang menggunakannya.

Perbandingan melaui harga

Untuk dapat menggunakan virtualisasi dekstop secara pribadi, maka software VMware atau VirtualBox bisa Anda dapatkan secara gratis. Walaupun Anda mendapatkan kedua software ini secara gratis, tapi kedua-duanya juga dapat melakukan upgrade ke versi terbaru untuk mendapatkan tambahan fitur yang tersedia.

Baca Juga : Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine

Jadi, jika Anda ingin menggunakannya secara pribadi untuk keperluan virtualisasi dekstop. Maka dalam segi harga, baik dengan menggunakan VMware maupun VirtualBox bisa kita anggap seimbang.

Perbandingan melalui kompatibilitas guest OS

Jika dengan menggunakan VMware jauh lebih friendly terhadap sistem operasi terbaru, misalnya saja terhadap peluncuran peresmian WIndows 10. VMware sudah support terhadap OS tersebut, sedangkan jika menggunakan VirtualBox masih belum support.

Sedangkan keunggulan menggunakan VirtualBox, untuk menginstal OS X jauh lebih mudah daripada menginstalnya melalui VMware. Sedangkan VMware memang sengaja masih keadaan di lock (meskipun sudah ada tool unlockernya yang dapat Anda download).

Jadi, dalam segi kompabilitas guest OS. Menggunakan VMware jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan menggunakan VirtualBox.

Perbandingan kompabilitas host OS

Untuk kompabilitas host OS adalah kebalikan dari perbandingan guest OS, tentu saja untuk kompabilitas host ini dengan menggunakan VirtualBox jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan menggunakan VMware.

Hal ini disebabkan karena VirtualBox dapat di instal di sistem operasi Windows, Linux, dan OS X dengan sangat mudah. Sedangkan VMware memang sangat mudah untuk diinstal di sistem operasi Windows, namun untuk menginstal di Linux prosesnya tidak semudah ketika menginstal di WIndows.

Untuk menginstal VMware di linux Anda perlu menjalankan beberapa command, jika Anda sudah terbiasa menggunakan terminal Linux maka langkahnya pun akan sangat mudah, akan tetapi tidak semudah di VirtualBox yang dari awal sudah ada repository app hampir disemua Distro.

Untuk di OS X juga begitu, jika Anda masih menggunakan VMware Workstation Player maka tidak dapat diinstal di OS X. Jika Anda pengguna OS X maka Anda harus mengupgrade terlebih dahulu ke versi VMware Fusion.

Baca Juga : Apakah Sebenarnya VMware itu, dan Manfaatnya, Lalu Bagaimana Dengan Cara Kerjanya?

Jadi, untuk perbandingan kompabilitas host OS, dengan menggunakan VirtualBox jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan menggunakan VMware.

Perbandingan dalam segi performa

Untuk menjalankan virtual machine di komputer, dengan menggunakan VMware jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan VirtualBox. Bukan hanya itu saja keunggulan dari VMware, VMware pun mampu memberikan user experience yang lebih smoot dibandingkan dengan menggunakan VirtualBox.

Perbandingan dalam segi realibitas

Secara reabilitas VMware dan VirtualBox tidak jauh berbeda, dikarenakan keduanya sama-sama menggunakan Hypervisor tipe 2.


Hal ini sangat berbeda jika untuk membandingkan VMware dan VirtualBox dengan menggunakan Microsoft Hyper-V. Realibitas dan performa dari Microsoft Hyper-V tentu lebih efisien dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan keduanya, dikarenakan Hyper-V menggunakan Hypervisor tipe 1 yang merupakan bagian dari sistem operasi itu sendiri.

Jadi, dalam segi perbandingan realibias kedua-duanya memiliki keunggulan yang sama.

Perbandingan dalam segi development

VMware merupakan closed source, dimana semua para pengembangnya dilakukan oleh team engineer yang sama, yaitu sama-sama dari VMware. Beda halnya dengan VirtualBox, VirtualBox merupakan open source yang dimana telah dikembangkan secara terbuka dan aktif oleh komunitas developer.

Baca Juga : Cara Install Sistem Operasi Linux di VMware

Untuk pemilihan karena faktor development, disini tergantung dari Anda masing-masing. Jika Anda lebih menyukai menggunakan yang closed source, maka lebih baik dengan menggunakan VMware. Sedangkan jika Anda menyukai yang open source, maka Anda harus menggunakan VirtualBox.

Perbandingan VMware vs VirtualBox

Dari beberapa faktor yang sudah kami sebutkan di atas, maka VMware mendapatkan 5 keunggulan, sedangkan VirtualBox mendapatkan 4 keunggulan. Jadi dalam hal semua perbandingan di atas, maka VMware jauh lebih unggul dari VirtualBox.

Tetapi disini tentu saja Anda dapat memilih yang Anda sukai sendiri tanpa harus melihat perbandingan di atas, apakah VMware atau VirtualBox, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

  1. Download VMware Workstation Player
  2. Download VirtualBox

Nah, seperti itulah semua ulasan mengenai VMware vs VirtualBox. Semoga dengan ulasan yang sudah kami sebutkan di atas dapat mempermudah Anda untuk memilih software virtual machine yang dapat Anda gunakan.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar