Apakah Sebenarnya VMware itu, dan Manfaatnya, Lalu Bagaimana Dengan Cara Kerjanya?

VMware adalah sebuah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk membuat Virtual Machine. Nama VMware ini sebenarnya diambil dengan menggunakan nama dari perusahaan yang membuatnya, yakni VMware, Inc. Perusahaan ini telah didirikan pada tahun 1998 dan berpusat di kota Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Setelah Anda telah mengetahui apa itu VMware, pasti Anda juga akan bertanya-tanya apa sih manfaatnya jika menggunakan VMware dan bagaimana cara kerjanya. Maka dalam postingan kami di bawah ini, akan kami jelaskan semuanya satu per satu. Untuk Anda yang ingin mengetahuinya, silahkan disimak baik-baik untuk penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Perbandingan VMware vs VirtualBox, Manakah Yang Lebih baik?

Manfaat Dari VMware

Manfaat VMware adalah dapat memungkinkan Anda untuk membuat virtualiasi server, komputer, sistem operasi, aplikasi, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Anda dapat membuat virtual sistem operasi komputer di dalam sebuah komputer fisik (Contoh: Anda dapat menginstal sistem operasi Linux di dalam sistem operasi Windows dalam satu komputer, dengan kata lain dalam komputer tersebut terdapat dua OS yang berbeda), selain itu Anda juga dapat menjalankan sistem operasi yang didalamnya terdapat sistem operasi lainnya.

Pada area server, virtualisasi server VMware dapat digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server. Dapat memecah server fisik utama menjadi beberapa server virtual yang fungsional.

Cara Kerja Dari VMware

Cara kerja VMware adalah dengan membuat layer hardware virtual di dalam komputer dan dapat membuat virtual lainnya seperti Storage Virtual, CPU Virtual, RAM Virtual, DVD ROM Virtual, dan berbagai komponen virtual lainnya seperti yang terdapat pada komputer pada umumnya untuk menjadikan sebuah virtual machine yang utuh.

Baca Juga : Cara Install Sistem Operasi Linux di VMware

Layer software yang disebut sebagai dengan hypervisor, inilah yang yang secara dinamis akan mengalokasikan resource di komputer utama ke dalam virtual machine sesuai dengan yang dibutuhkan.

Begitu virtual machine ini diinstal di komputer, maka sistem operasi di virtual machine akan berjalan secara terpisah atau terisolasi di dalam sistem operasi utama. Setiap state yang terdapat pada virtual machine akan tersimpan dalam bentuk file, yang nantinya dapat Anda gandakan dan pindahkan dengan mudah.

Dengan begitu Anda dapat menjalankan virtual machine dengan beberapa spesifikasi yang berbeda dan menjalankan sistem operasi lainnya hanya dengan menggunakan satu komputer fisik.

Baca Juga : Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine

Nah seperti itulah penjelasan singkat mengenai apa Itu VMware, manfaat, dan cara kerjanya. Semoga dengan penjelasan yang sudah kami berikan ini dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan Anda.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar