Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine

Virtual Machine adalah suatu software yang dapat memungkinkan Anda untuk menjalankan virtual sistem operasi komputer di dalam sistem operasi komputer utama. Dengan kata lain, Anda dapat menjalankan atau menginstal OS X atau Linux di dalam sistem operasi komputer Windows milik Anda tanpa harus menginstal dual-boot. Maka dalam postingan kami saat ini, kami akan membahas tentang Virtual Machine Terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat sistem operasi Virtual Machine di komputer.

Jika Anda pengguna komputer yang berbasis dengan menggunakan sistem operasi Windows di komputer utama, dan ingin membuat Virtual Machine untuk keperluan Anda. Maka Anda dapat menggunakan beberapa software di bawah ini yang telah kami rekomendasikan, tanpa harus membuat dual-boot atau merusak OS utama komputer Anda.

Baca Juga : Perbandingan VMware vs VirtualBox, Manakah Yang Lebih Baik?

Berikut di bawah ini ada beberapa software Virtual Machine (VM) yang dapat Anda gunakan untuk membuat sistem operasi komputer dengan cara Virtual.

Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine

 

1. Vmware Workstation Player

Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine (VMware Workstation Player)

VMware Worksation adalah sebuah software yang dapat Anda gunakan untuk membuat virtualisasi sistem operasi komputer secara gratis. Dengan menggunakan software yang satu ini, kompatibilitasnya yang cukup luas untuk berbagai jenis sistem operasi terbaru (bahkan jika status OS tersebut masih dalam preview), maka VMware ini menjadi salah satu pilihan utama dalam membuat Virtual Machine.

Untuk Anda yang ingin mengenal lebih mengenai VMware, maka Anda dapat membaca artikel ini Apakah Sebenarnya VMware itu, dan Manfaatnya, Lalu Bagaimana Dengan Cara Kerjanya. Setelah Anda mengetahuinya, maka Anda dapat memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

2. VirtualBox

Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine (VirtualBox)

Selain VMware Workstation Player, VirtualBox ini juga dapat melakukan kerjanya dalam hal untuk membuat Virtual OS di Windows, selain itu software ini juga sudah banyak digunakan para pengguna Windows untuk menginstal Virtual Machine di komputer dengan sangat mudah. Hanya saja kekurangan dari VirtualBox ini, tidak mampu menjalankan sistem operasi yang masih dalam tahap awal (Beta atau Uji Coba).

Namun untuk menjalankan OS yang sudah berstatus resmi atau final, maka VirtualBox ini dapat membuat Virtual Machine dan berjalan dengan lancar di dalam OS tersebut.

Selain itu terdapat satu kelebihan lagi dari VirtualBox ini, VirtualBox mampu berjalan di sistem operasi OS X dan sangat mudah diinstal di dalam Linux. Sedangkan jika menggunakan VMware Workstation, tidak dapat dijalankan di OS X kecuali Anda harus mengupgrade ke versi VMware Fusion dan harganya pun cukup mahal.

Jika Anda pengguna Windows, maka Anda dapat memilih salah satu software Virtual Machine dengan yang Anda sukai. Baik dengan menggunakan VMware maupun VirtualBox dapat Anda gunakan dengan mudah dan proses instalasinya pun sangat mudah.

3. Windows Hyper-V

Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine (Windows Hyper-V)

Sebenarnya untuk membuat Virtual Machine, Anda dapat membuatnya tanpa harus menggunakan atau menginstal software apapun di Windows, Anda cukup menggunakan Hyper-V. Namun untuk menggunakan Hyper-V ini hanya dapat digunakan di versi Windows 10 Pro 64-bit. Jika Anda masih menggunakan Windows 10 Home atau Windows 10 Single Language, fitur Hyper-V ini masih belum tersedia pada kedua versi OS Windows 10 tersebut.

Nah, itulah beberapa Software Terbaik Untuk Membuat Virtual Machine di komputer Windows. Jika, Anda memiliki pertanyaan lain, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar