5 Rumah Bawah Tanah Paling Menakjubkan Yang Pernah Dibangun - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 10 Maret 2021

5 Rumah Bawah Tanah Paling Menakjubkan Yang Pernah Dibangun

Para arsitektur kini tengah berlomba-lomba untuk membangun sebuah Rumah Bawah Tanah yang dapat dihuni. Dan akhirnya dari beberapa perancang tersebut telah berhasil membuat sebuah tinggal yang berada di dalam tanah.

Kamu pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana rasanya bisa hidup dibawah tanah. Ternyata manusia purba ternyata dulunya hidup dibawah tanah atau di gua-gua, sebelum mereka membuat rumah diatas tanah.

Rumah bawah tanah yang dimaksudkan disini, bukan rumah masa depan atau kuburan. Melainkan ide membuat konsep rumah yang didasarkan atas penerapan gaya hidup rumah yang ramah lingkungan, yang artinya meminimalisir energi.

Ingin mengetahui bagaimana Desain Rumah Bawah Tanah yang telah berhasil mereka rancang, kamu dapat melihatnya dibawah ini. Semoga dapat menjadi sebuah inspirasi untuk kamu yang ingin mendesain sebuah rumah.

Rumah Bawah Tanah Paling Menakjubkan

Ternyata tidak hanya terdapat dalam film-film saja tentang Rumah Bawah Tanah Terindah, namun di dunia nyata ini juga ada loh beberapa desain rumah unik yang dibangun dibawah tanah. Serta mempunyai interior dan pemandangan yang tidak akan pernah terbayangkan oleh kamu.

1. Rumah Gua, Festus Missouri

Rumah ini terlihat menyelip diantara gunung bebatuan di Festus Missouri, Cave House terletak diketinggian 17.000 kaki. Rumah ini dibangun oleh Curt dan Deborah Sleeper dengan arsitektur gaya modern.

Interior Cave Housenya menyatu dengan dinding bebatuan yang ada disisi kiri dan kanan. Rumah ini sudah sangat nyaman, bahkan tanpa penyejuk udara dan penghangat ruangan. Ini terjadi karena sejak awal Cave House dirancang sebagai rumah hemat energi.

Percaya atau tidak, Cave House sebelumnya pernah digunakan untuk area konser dan roller skating rink. Bangunan sangat dikenal hingga akhirnya menjadi kediaman pribadi usai lelang disitus jual beli online eBay.

Baca Juga : 5 Manusia Terdampar Di Tempat Yang Tidak Terduga Bahkan Aneh

Rumah ini termasuk salah satu rumah hybrid yang memiliki atap dinding alami, serta berbagai macam perabotan rumah yang antik. Jika kamu berjalan ke dalam, maka pertama kamu akan melihat ruang tamu dan tempat rekreasi yang lumayan besar dibelakangnya.

Selain karena desainnya yang aneh, juga masih terdapat sesuatu yang mempesona lainnya tentang rumah gua yang kasual ini.

2. Malator Underground House, Wales

Rumah ini dibangun pada tahun 1998 di Druidstone, Wales dan dirancang oleh arsitek handal yang bernama Bob Marshall Andrew. Rumah ini dipercaya sebagai sebuah mahakarya dari arsitektur Wales itu sendiri.

Tidak seperti rumah-rumah bawah tanah pada umumnya yang di desain sedemikian rupa, namun tetap nampak pintu masuk menuju ruangan bawah tanah. Pintu rumah ini tidak mudah terlihat dari permukaan.

Desain dan interior rumah yang sangat sederhana dengan satu ruangan bernama preva dekorasi. Rumah ini dirancang oleh perusahaan arsitektur Future System dan dibangun diatas bukit, sehingga memiliki atap berupa rerumputan dengan cerobong asap baja dengan pemandangan alam sekitar yang indah sekali.

Rumah ini terletak hanya 500 kaki dari laut yang memberikan keindahan tambahan. Dengan model arsitektur seperti ini, rumah ini nampak sekali mirip dengan rumah tokoh kartun Teletubbies.

3. Villa Valls

Rumah bawah tanah yang satu ini benar-benar berada dibawah tanah, kecuali bagian terasnya yang cocok untuk bersantai dipagi hari sambil menikmati pemandangan matahari terbit dari balik gunung.

Bentuk rumah ini melingkar, SeARCH Architecture and Urban Planning selaku arsitektur yang mendesain rumah ini berhasil membuat rumah bawah tanah yang nyaman, dan tentu saja keren.

Pada lantai pertama, kamu akan menemukan ruang keluarga, dapur, dan sebuah kamar. Bagian kamar memiliki sebuah tempat tidur tingkat permanen yang menyatu dengan struktur bangunan.

Ditambah lagi sebuah jendela minimalis sebagai jalan sinar matahari masuk dan memungkinkan untuk melihat keluar rumah. Mungkin kamu mengira rumah bawah tanah ini berukuran kecil dan rapuh, kenyataannya rumah ini cukup luas dan bisa dihuni 10 hingga 12 orang.

Kekuatannya pun tidak perlu diragukan, karena rumah ini dibuat dengan menggunakan bahan beton.

4. Rumah Di Lower Silesia, Polandia

Sebagian besar rumah bawah tanah dibangun dengan dua alasan, yakni pertama untuk membuat rumah menjadi ramah lingkungan dan kedua adalah agar rumah tersebut tidak terlihat oleh orang banyak.

Dan rumah ini dirancang untuk tidak terlihat diberbagai sudut. Jika sering kali hamparan rumput rumah adalah halaman, namun khusus rumah tersembunyi ini justru halaman hijaunya menjadi atap dari rumah ini.

Rumah ini terletak di Lower Silesia, Polandia. Dimana terciptanya rumah ini didalangi oleh KWK Promes. KWK menghadirkan hunian bergaya modern dan tetap menghadirkan santuhan alam.

Baca Juga : 5 Hewan Peliharaan Paling Menakutkan Dan Paling Berbahaya

Untuk ke dalam rumah, tamu seakan menuruni tangga. Atap rumput ini sekaligus menjadikan katalistor suhu dingin yang menyelimuti Polandia.

Rumah tersembunyi ini juga berada di dalam tanah dan hampir mustahil untuk dilihat dari luar, karena bagian atap rumah ini di desain sedemikian rupa yang menjadi sebuah taman yang subur dengan rerumputan yang menutupi pintu sebagai akses masuk ke dalam rumah.

5. Rumah Bawah Tanah Earth, Bermed

Jika kamu bertanya-tanya apa itu rumah bawah tanah Earth Bermed, itu hanyalah sebuah rumah yang dibangun dibawah tanah dengan tanah pada dua atau tiga sisi rumah. Rumah ini tentu menyediakan beberapa isolasi termal dan juga menyembunyikan sebuah rumah yang berada di bawah tanah.

Ada sebuah sisi disebelah selatan dan bisa menciptakan interior cerah yang akan memaksimalkan cahaya matahari. Rumah ini dibuat dengan bahan yang menggunakan tambahan bekas dan kayu ceri hitam yang merupakan produk dari penduduk lokal setempat.

Bagian dalam dibalut dengan sebuah dinding kayu dan tentunya sangat indah, begitu pula dengan mejanya dan beberapa rak yang ada. Juga terdapat sebuah kursi panjang yang dapat dijadikan banyak orang sebagai tempat bersantai yang menghadap ke dinding jendela yang diluarnya terdapat pemandangan hutan yang sangat luar biasa.

Tentu saja orang-orang dapat menikmati pemandangan itu secara gratis.

Semoga setelah kamu melihat desain dan gaya arsitektur dari deretan rumah tersebut, dapat menjadi sebuah Inspirasi Rumah Bawah Tanah yang ingin segera kamu bangun. Dengan ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua tentang pembahasan diatas.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments