Cara Install Adb and Fastboot Di Mac, Linux, Dan Windows - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 14 Oktober 2021

Cara Install Adb and Fastboot Di Mac, Linux, Dan Windows

.

Bagi kamu yang ingin melakukan Unlock Bootloader atau Install TWRP pada ponsel Android, maka wajib download Minimal Adb and Fastboot versi terbaru.

Adb and Fastboot biasanya digunakan oleh pengguna ponsel Android untuk dapat melakukan proses Unlock Bootloader atau Install TWRP Recovery. Maka dari itu, melalui artikel yang akan saya buatkan ini, disini saya akan membagikan link download secara gratis.

Tidak hanya itu saja, melainkan saya juga akan memberikan untuk versi Linux, Mac OS X, dan juga Windows. Dengan menggunakan salah satu dari platform tools ini, maka kamu bisa memastikan bahwa perangkat ponsel kamu sudah berhasil melakukan drivers are installed.

Karena, jika kamu belum menginstal drivernya di PC atau laptop, kamu tidak akan bisa menggunakan tool yang satu ini. Apakah saat ini teman-teman sedang mencari file driver fastboot untuk dapat melakukan Unlock Bootloader atau Install TWRP?

Jika iya, maka kamu bisa mengambilnya melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini. Selain itu, adb dan fastboot ini juga dapat digunakan untuk Windows Xp, 7, 8, 8.1, 10, dan Windows 11.

Apa Itu Adb and Fastboot?

Adb and Fastboot adalah sebuah alat yang dapat membantu seseorang untuk membuka hak akses penuh terhadap sistem yang berada di ponsel Android. Dengan menggunakan adb ini, maka orang tersebut dapat membuka kunci bootloader atau unlock bootloader di ponsel Android.

Sebenarnya adb fastboot ini memiliki beberapa varian yang berbeda, tergantung dari fungsi dan cara penggunaannya. Akan tetapi, tetap memiliki fungsi yang utama, yaitu untuk bisa membuka kunci keamanan dari ponsel yang masih menggunakan setelan pabrik.

Karena setiap ponsel Android yang masih dalam keadaan terkunci bootloader, tidak akan bisa melakukan modifikasi seperti root atau install twrp. Oleh karena itu adb and fastboot drivers ini sangat wajib dimiliki atau di install di perangkat Windows maupun Mac OS X.

Perlu kalian ketahui, bahwa alat ini dapat digunakan tanpa perlu menginstalnya di komputer. Selain itu ukuran dari filenya pun terbilang cukup kecil, jadi tidak akan membuat PC atau laptop yang digunakan menjadi ngelag.

Apa Itu Fastboot?

Fastboot adalah suatu sistem yang terdapat di dalam perangkat ponsel Android. Untuk dapat mengakses fastboot ini penggunanya tidak perlu mengaktifkan usb debugging atau oem unlock, karena cara kerja dari fitur ini hampir mirip dengan apa yang ada di mode recovery.

Hanya saja mereka memerlukan sebuah tambahan seperti Android USB Driver yang di install di komputer. Hal tersebut berguna untuk bisa memberikan berbagai perintah ke dalam PC agar dapat diteruskan ke ponsel.

Biasanya perintah-perintah ini bertujuan untuk dapat melakukan unlock bootloader, install twrp, factory reset, dan masih banyak lagi. Dengan memasukkan salah satu baris perintah ke dalam command prompt atau cmd, maka ponsel bisa langsung masuk ke dalam mode fastboot.

Walaupun dapat dilakukan melalui command prompt untuk memasukkan baris perintah, tetapi ada satu tool lagi yang juga mempunyai fungsi serupa. Hanya saja tool tersebut mempunyai ukuran file sebesar 500 MB, yaitu Android SDK Platform Tools.

Pentingnya Mode ADB and Fastboot

Jika kamu baru pertama kali mencoba memasuki dunia opreker, maka kamu juga harus mengetahui betapa pentingnya adb dan fastboot. Karena adb fastboot ini merupakan salah satu faktor terpenting untuk bisa melakukan modifikasi pada ponsel Android.

Hanya sebagian orang saja yang memahami penggunaan dari tool ini, yaitu bagi mereka yang bekerja sebagai tukang jasa service ponsel. Namun bagi kamu yang tidak mengetahuinya, alangkah baiknya jangan kamu kerjakan sendiri.

Karena, jika prosesnya mengalami kegagalan akan menyebabkan terjadinya error atau kerusakan pada system wide. Oleh karena itu, untuk bisa menggunakannya dengan benar, maka harus mengetahui terlebih dahulu mengenai petunjuk pemakaiannya.

Kegunaan Perintah ADB

Untuk urusan memodifikasi pada smartphone Android, ADB and Fastboot adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Untuk dapat memulai langkah awalnya, adb driver ini digunakan untuk bisa melakukan booting ponsel ke mode fastboot atau mode download.

Selain itu, minimal adb fastboot ini juga bisa digunakan untuk menginstal atau menghapus aplikasi yang terdapat di dalam ponsel langsung dari PC. Tidak hanya itu saja, melainkan melalui perintah dari adb ini juga mampu mentransfer file dari PC ke ponsel.

Dan yang paling penting dari fungsi utamanya adalah mampu menjalankan perintah adb untuk melakukan tweak atau modifikasi pada sistem operasi dari ponsel Android itu sendiri, seperti yang telah saya sampaikan di atas.

Kebutuhan Akan Perintah Fastboot

Nah, berbicara mengenai modifikasi, ada yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu mengenai fastboot. Perlu kalian perhatikan, bahwa sebelum melakukan langkah modifikasi, kamu harus melewati OEM terlebih dahulu.

Karena seperti yang telah diketahui, bahwa pada setiap perangkat Android yang masih dalam keadaan bootloader terkunci, maka penggunanya masih belum bisa melanjutkan ke tahap modifikasi ini. Maka lebih baik menginstal Android SDK package terlebih dahulu.

Selain itu, dengan membuka bootloader dan OEM adalah salah satu syarat utama yang wajib dilakukan pertama kali. Nah, untuk bisa melakukan kedua hal tersebut harus melewati mode fastboot.

Karena sebagian besar ponsel Android tidak dapat dilakukan secara langsung melalui menu pengaturan. Tidak seperti pada ponsel Samsung yang dapat membuka dan mengaktifkan OEM melalui opsi developer option yang ada di pengaturan bawaan ponsel.

Jadi, bagi mereka yang menggunakan merk ponsel yang berbeda dari Samsung, maka harus mengaktifkannya secara manual dengan menggunakan adb and fastboot dan menggunakan beberapa perintah adb yang diperlukan.

Keuntungan tool adb and fastboot

  • Kompatibel dengan semua perangkat Android.
  • Dapat digunakan di sistem operasi Windows atau Mac OS X.
  • Install custom rom.
  • Install custom recovery twrp.
  • Dapat melakukan proses root.
  • Bisa melakukan unlock bootloader / lock bootloader.

Set up Adb and Fastboot di Windows dan Mac

Sebelum memulai proses langkah menggunakan adb and fastboot, penggunanya harus mengaktifkan developer option terlebih dahulu dan mengaktifkan USB Debugging. Jika kamu tidak melakukan hal ini dahulu, maka sudah bisa dipastikan bahwa ponsel tidak akan terdeteksi di PC Windows atau Mac.

Setelah semua persyaratan tersebut sudah dilakukan semuanya, maka proses unlock bootloader akan berjalan 15 seconds adb installer. Hal itu juga jika kamu dapat melakukan prosesnya dengan tepat dan benar.

Versi windows yang didukung

  • Windows 7.
  • Windows 8.
  • Windows 8.1.
  • Windows 10.
  • Windows 11.

Download Adb and Fastboot Tool

Bagi teman-teman yang ingin download adb and fastboot, maka kamu bisa mengambilnya melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini. Selain itu, disini saya juga telah menyiapkan file adb dengan latest version yang dapat di download secara gratis dan lengkap.

Nah, sekarang kamu sudah berhasil download file adb and fastboot dengan melalui link yang telah saya berikan di atas. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan dan menjalankan tool tersebut di PC yang kamu gunakan.

Cara Menjalankan Adb and Fastboot Di PC

Setelah kamu berhasil download salah satu file adb di atas, selanjutnya tinggal kamu lakukan saja proses install adb and fastboot di PC atau laptop yang kalian gunakan. Jika kamu tidak mengetahui langkah-langkahnya, kamu bisa melihatnya melalui tutorial di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di ponsel kalian.
  2. Jika sudah, selanjutnya kita akan menuju folder adb and fastboot.
  3. Setelah kamu berhasil download filenya di atas, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Kemudian buka folder platform-tools yang tadi telah kamu extract.
  5. Selanjutnya tinggal menjalankan command prompt di dalam folder tersebut.
  6. Untuk dapat menjalankan layar command prompt atau cmd terdapat dua cara yang berbeda.
    1. Cara pertama: buka folder platform-tools yang tadi telah kamu extract, kemudian klik pada kolom address baru di atas dan ketikkan cmd, lalu tekan enter.
    2. Cara kedua: buka folder platform-tools yang tadi telah kamu extract, kemudian klik pada area kosong di dalam folder tersebut. Kemudian tekan tombol Shift pada keyboard + klik kanan secara bersamaan, lalu pilih Open PowerShell windows here.
  7. Maka nanti kamu akan melihat layar cmd di PC kalian.
  8. Selanjutnya tinggal kamu masukkan saja perintah yang dibutuhkan di dalam layar command prompt tersebut.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menjalankan adb and fastboot. Namun perlu kalian perhatikan, bahwa jika ingin ponsel terdeteksi di dalam adb fastboot ini, kamu harus sudah menginstal USB Drivers terlebih dahulu. Karena jika tidak, maka ponsel tidak akan terdeteksi di PC.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat menjalankan minimal adb and fastboot, kamu harus sudah mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock yang terdapat di dalam ponsel terlebih dahulu. Karena dengan melakukan hal tersebut merupakan syarat utama yang wajib dilakukan sebelum membuka akses penuh terhadap smartphone Android.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda