Cara Menghapus Cache Adobe Premiere Pro Di Windows - Tips Tutorial Bersama

Senin, 11 Oktober 2021

Cara Menghapus Cache Adobe Premiere Pro Di Windows

Tahukah kalian bahwa Adobe Premiere Pro juga terdapat file cache di dalamnya. Lantas apakah kamu ingin mengetahui bagaimana cara clear cache tersebut?

Cara Menghapus Cache Adobe Premiere bagi kebanyakan orang masih banyak yang belum mengetahuinya. Padahal file cache pada software Adobe ini sangat penting sekali, karena dapat menyebabkan performa komputer atau laptop menjadi menurun.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui cara menghapus file ini, maka kamu dapat melihatnya melalui artikel yang akan saya buat kali ini. Namun sebelum memulainya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Seperti yang diketahui bahwa setiap video yang berhasil di import ke dalam aplikasi Adobe Premiere, akan melalui proses generating terlebih dahulu. Proses tersebut dapat mengakibatkan cache akan semakin menumpuk.

Nah, jika kamu sering menggunakan Adobe Premiere untuk mengedit video. Tahukah kamu bahwa file video tersebut akan menyisakan cache di dalam aplikasinya. Selain itu, jika cache nya sudah semakin banyak, maka ruang penyimpanan pada Data C akan semakin berkurang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kamu harus menghapus seluruh file cache yang terdapat pada Adobe Premiere. Untuk langkah-langkahnya nanti dapat kamu lihat di bawah ini.

Apa Itu Cache?

Cache adalah sebuah sisa-sisa file yang terdapat setelah seseorang melakukan proses setelah menggunakan browsing atau penggunaan pada suatu aplikasi. Biasanya cache tersebut akan menyisakan sedikit informasi atau beberapa data yang dilakukan oleh penggunanya.

Seperti halnya yang terdapat pada browser Google Chrome. Pada browser tersebut pasti kamu pernah melihatnya saat sedang ingin menghapus data history. Ketika kamu melakukan hal ini, pasti disana terdapat keterangan berapa jumlah size dari keseluruhan file cache tersebut.

Pada Adobe Premiere Pro pun juga akan mengalami hal yang serupa, yaitu dimana seseorang mengimpor video ke dalamnya, maka akan menyisakan sedikit file sampah dari video tersebut. Semakin banyak sampah tersebut, maka Data C di komputer kamu juga akan ikut berkurang.

Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana mengatasi drive C yang berkurang tersebut? Jawabannya adalah kamu harus menghapus seluruh cache yang berada di dalamnya, jika ingin mengembalikan kapasitas Data C yang penuh agar kembali normal.

Langkah Menghapus Cache Di Aplikasi Adobe Premiere Pro

Bagi teman-teman yang ingin menghapus sampah cache di Adobe Premiere Pro, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan pada semua versi Adobe Premiere Pro, dimulai dari CS2 hingga Adobe Premiere Pro CC 2020.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Adobe Premiere Pro yang sudah terinstal di komputer kalian masing-masing.
  2. Setelah berhasil terbuka, kemudian klik menu Edit >> Preferences >> Media.
  3. Maka nanti kamu akan melihat layar Media Cache Files.
  4. Kemudian klik tombol Clean untuk memulai menghapus cache nya.
  5. Maka nanti proses penghapusan akan langsung berjalan secara otomatis.
  6. Jika sudah selesai, kemudian klik OK.
  7. Selesai.

Sampai disini kamu sudah selesai dan berhasil menghapus file cache yang terdapat di dalam aplikasi Adobe Premiere Pro. Sekarang kapasitas penyimpanan yang terdapat pada Data C di PC kalian sudah kembali bertambah dengan sendirinya.

Cara Mengetahui Apakah File Cache Sudah Berhasil Terhapus Atau Belum

Jika kamu ingin memastikan apakah cachenya sudah berhasil terhapus atau belum, kamu dapat melihatnya melalui folder C:\Users\HP\AppData\Roaming\Adobe\Common. Untuk dapat mengeceknya, kamu bisa mencarinya melalui menu pencarian.

Lalu pada bagian HP, silahkan ganti dengan merk laptop atau PC kalian masing-masing. Setelah berhasil ketemu foldernya, maka nanti kamu akan melihat folder yang bernama Media Cache Files. Pada folder tersebut akan menyimpan seluruh cache yang terdapat di Adobe Premiere Pro.

Jika masih terdapat beberapa cache, kamu bisa langsung menghapusnya dari situ. Tetapi, jika cachenya ternyata sudah tidak ada lagi, berarti tandanya kamu telah berhasil menghapus semuanya tanpa ada yang tersisa sedikit pun.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat clear cache pada aplikasi Adobe Premiere Pro versi berapapun, kamu dapat menghapusnya melalui menu yang telah tersedia pada bawaan dari aplikasi tersebut. Jadi kamu tidak perlu menginstal aplikasi apapun untuk bisa menghapusnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: