Cara Unlock Bootloader Oppo A11W Via Fastboot

Dalam tutorial ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana melakukan Unlock Bootloader Oppo A11W. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan dengan mudah. Oppo Joy 3 (Oppo A11W) merupakan ponsel kelas menengah yang memiliki spesifikasi yang lumayan bagus dan harganya pun cukup terjangkau.

Jika Anda pengguna ponsel Oppo dan ingin melakukan rooting pada device, maka Anda harus melakukan unlock bootloader terlebih dahulu. Namun untuk melakukannya akan sedikit sulit, bagi kalian yang baru pertama kali mencobanya.

Baca Juga : Cara Install TWRP Oppo A11W Tanpa PC

Oppo secara resmi tidak mengizinkan penggunanya untuk membuka kunci bootloader dari smartphone Oppo mereka. Jika kalian tetap ingin membuka kunci bootloader pada ponsel satu ini, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Oppo A11W Via Fastboot

Untuk dapat melakukan Unlock Bootloader Oppo A11W bisa dengan menggunakan Mode Fastboot. Perlu kalian ingat, setelah melakukan unlocking maka garansi resmi Oppo Joy 3 milik kalian akan hilang dan kalian juga dapat menanggung sendiri jika proses membuka kunci bootloader mengalami kegagalan.

Membuka kunci bootloader pada ponsel Android, merupakan langkah penting sebelum Anda melakukan Root, Install Custom Recovery TWRP, atau Install Custom ROM. Tanpa melakukan unlock bootloader terlebih dahulu, maka Anda tidak dapat melakukan semua hal tersebut pada smartphone ini.

Pengertian unlock bootloader

Unlock Bootloader adalah sebuah posisi ponsel yang sudah tidak terkunci. Dimana setelah Anda melakukan unlock bootloader pada ponsel Android, maka kalian dapat melakukan root atau menginstal custom recovery twrp.

Tanpa melakukan langkah unlock bootloader di Android terlebih dahulu, maka jangan harap dapat berhasil melakukan root, install twrp, custom rom, dan lain sebagainya. Unlock bootloader adalah langkah utama dan syarat utama untuk melakukan semua hal tersebut, tanpa melakukannya terlebih dahulu, maka ponsel akan mengalami kegagalan saat proses root.

Tentang unlock booloader

Untuk membuka kunci bootloader bukanlah langkah yang sulit, akan tetapi jika kalian tidak melakukannya dengan cara yang benar, maka perangkat Anda akan mengalami kerusakan system (bootloop atau softbrick). Jika Anda ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar, pastikan kalian telah mengikuti semua instruksi yang telah kami sebutkan di bawah ini.

Jadi jangan coba-coba untuk melewatkan satu langkah pun, melewatkan satu langkah saja dapat membahayakan perangkat Anda seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Untuk Unlock Bootloader Oppo A11W, pastikan Anda telah mengaktifkan USB Debugging dari opsi pengembang yang terdapat pada pengaturan ponsel. Untuk dapat melakukannya kalian bisa mengikuti langkah-langkah ini, buka Pengaturan > Tentang Perangkat > Tap 7 Kali Pada Built Number, jika sudah selanjutnya kembali ke Pengaturan > Opsi Pengembang > USB Debugging. Ini akan mengaktifkan USB Debugging pada Oppo Joy 3.

Spesifikasi Oppo A11W

Jika Anda ingin membeli sebuah ponsel Oppo Joy 3, hal yang harus kalian perhatikan adalah dengan mengetahui Spesifikasi Oppo A11W yang terdapat pada ponsel ini. Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa Oppo selalu memiliki tampilan body yang elegan dan spesifikasi yang cukup baik.

Oppo A11W atau biasa dikenal sebagai Oppo Joy 3 merupakan smartphone dengan ukuran layar 4.5 Inch IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 480 x 854 pixels. Smartphone ini dibekali dengan OS Android v4.4 (KitKat) dan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7. Smartphone ini juga dibekali dengan kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP serta kapasitas baterai 2000 mAh.

  1. Chipset: OS Android OS, v4.4 (KitKat) Chipset Mediatek MT6582 CPU Quad-core 1.3 GHz 2. Cortex-A7 GPU Mali-400MP2
  2. Slot Memori Eksternal: Micro SD up to 32 GB
  3. Memori Internal: 4 GB
  4. Ukuran Layar : 4.5 Inch
  5. Sim Card: Dual Micro SIM
  6. Operating System: Android
  7. Memory: 1 GB
  8. Kapasitas Baterai: 2000 mAh
  9. Kamera: 2 MP & 5 MP (Depan & Belakang)

Seperti itulah semua daftar Spesifikasi Oppo A11W yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memulai untuk melakukan unlock bootloader. Maka jika ponsel Oppo Anda sesuai dengan spesifikasi yang telah saya sampaikan di atas cocok dengan spesifikasi ponsel Oppo kalian, maka Anda dapat menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

Persyaratan yang harus kalian ikuti

  1. Pastikan ponsel Oppo A11W Anda memiliki cukup daya baterai hingga 50% keatas.
  2. Install semua driver yang diperlukan pada komputer atau PC Anda.
  3. Pastikan telah mengikuti semua instruksi yang akan kami berikan di bawah ini, jangan melakukannya dengan terburu-buru agar tidak ingin mengalami kegagalan selama proses berlangsung.
  4. Download semua file yang dibutuhkan melalui link yang akan kami sediakan di bawah ini.
  5. Untuk melakukan Unlock Bootloader Oppo Joy 3 akan menghapus semua data-data yang tersimpan dalam penyimpanan internal ponsel, pastikan Anda telah mem-backup semua data-data tersebut.

Download file-file yang dibutuhkan

  1. Magictricks.zip
  2. Oppo USB Driver
  3. Driver Adb dan Fastboot Oppo

Cara Unlock Bootloader Oppo Joy 3 / Oppo A11W

Untuk membuka kunci bootloader Oppo A11W, maka Anda harus membuat ponsel tidak dapat dibuka terlebih dahulu, kemudian membuka kunci bootloader. Itulah mengapa langkah pertama yang harus kalian ikuti, pertama kami akan menjelaskan tentang cara membuat Oppo Joy 3 tidak dapat dibuka dan kemudian kami akan menjelaskan tentang cara membuka kunci bootloader Oppo Joy 3.

  1. Pastikan Anda telah mengikuti semua persyaratan yang sudah kami sebutkan di atas.
  2. Download file Magictricks.zip dari link download yang sudah kami sediakan di atas.
  3. Lalu simpan file tersebut di komputer atau PC Anda.
  4. Selanjutnya ekstrak file tersebut dengan menggunakan WinRar atau WinZIP.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel Oppo A11W Anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB.
  6. Jika sudah, lalu pindahkan file Magictricks.zip ke ponsel Anda.
  7. Jika sudah, lalu matikan ponsel.
  8. Selanjutnya boot ponsel Anda ke dalam Mode Recovery, dengan menekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  9. Selanjutnya pilih Bahasa Inggris dari menu bahasa yang tersedia dalam mode tersebut.
  10. Setelah ponsel sudah berhasil masuk ke dalam mode recovery, lalu pilih Install from storage option (dengan menggunakan tombol volume).
  11. Selanjutnya cari file yang tadi sudah Anda pindahkan ke dalam penyimpanan ponsel, lalu flash file tersebut.
  12. Setelah Anda melakukan hal tersebut, ini akan membuat bootloader tidak dapat dibuka dan akan membawa fastboot ke dalam ponsel Oppo Joy 3 Anda.
  13. Download dan Install driver adb dan fatsboot di PC Anda.
  14. Enable USB Debugging dan OEM Unlock melalui developer option yang terdapat dalam pengaturan ponsel.
  15. Selanjutnya buka folder adb dan fastboot di PC Anda, kemudian tekan tombol Shift + klik kanan pada area kosong yang terdapat dalam folder, kemudian pilih Open Command Windows here.
  16. Maka Anda akan melihat tampilan command promt, lalu pada tampilan tersebut masukkan perintah di bawah ini dan tekan enter.
    adb reboot bootloader
  17. Setelah Anda melakukan perintah tersebut maka ponsel akan masuk ke dalam mode fastboot.
  18. Setelah ponsel masuk dalam mode fastboot, lalu masukkan perintah di bawah ini.
    fastboot oem unlock
  19. Setelah Anda memasukkan perintah tersebut, lalu jika Anda melihat pesan apa pun yang terdapat pada layar ponsel, tekan ya untuk mengonfirmasi membuka kunci bootloader.
  20. Setelah prosesnya sudah selesai, lalu masukkan perintah di bawah ini.
    fastboot reboot
  21. Selesai.

Kini ponsel Oppo A11W Anda telah berhasil di unlock bootloader, selanjutnya jika Anda ingin melakukan root atau ingin menginstal custom recovery twrp, Anda dapat melakukannya tanpa mengalami hambatan.

Baca Juga : Cara Root Oppo A11W Tanpa PC

Semoga dengan tutorial yang telah kami buat ini tentang bagaimana cara Unlock Bootloader Oppo A11W dapat membantu Anda yang ingin melakukan rooting pada ponsel atau ingin menginstall TWRP. Jika Anda mengalami masalah saat proses berlangsung, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar