Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 Terbaru dan Terlengkap - Tips Tutorial Bersama

Senin, 16 November 2020

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 Terbaru dan Terlengkap

Setiap tahun ponsel Android yang telah resmi di keluarkan oleh pabrikan asal Asus ini telah meningkat tajam dalam segi penjualan di pasaran. Salah satunya adalah dengan smartphone Asus Zenfone Max Pro M1 ini, ponsel tersebut telah banyak di cari oleh para pengguna, karena harganya pun yang tidak mahal serta memiliki spesifikasi yang tidak di ragukan lagi.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap perangkat Android baru yang telah dikeluarkan oleh pabrik masih dalam keadaan terkunci. Dengan kata lain, sistem perangkat tersebut tidak dapat di modifikasi dengan cara apapun. Untuk dapat memodifikasinya, kita harus melakukan proses Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Root Asus Zenfone Max Pro M1 Via TWRP Recovery

Untuk kalian yang baru pertama kali melakukan langkah ini, tenang saja cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Jika menurut pendapat saya sendiri, saya yakin bahwa kalian akan dapat melakukannya dengan benar setelah mengikuti semua instruksi yang diberikan dengan benar.

Asus Zenfone Max Pro M1 Unlock Bootloader

Pada perangkat Asus Zenfone ini telah dilengkapi dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 636 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core dengan midrange unggulan mereka, selain itu untuk kapasitas baterai pada ponsel ini sudah ditenagai dengan kekuatan 5000 mAh. Maka pada postingan saya di bawah ini, saya akan membuatkan tutorial tentang cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 Official. Walaupun Official tapi nyatanya cara tersebut bisa terbilang tidak resmi.

Karena pada setiap pertama kali ponsel ini diluncurkan, Asus memang tidak menyediakan fitur unlock bootloader official. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukannya, sejauh yang sudah saya ketahui bahwa setiap ponsel Android memiliki peluang untuk di unlock bootloader.

Berkat dari para developer, mereka telah berhasil menemukan cara untuk membuka kunci bootloader pada perangkat Asus Zenfone Max Pro M1 ini. Dengan begitu kalian semua dapat melakukan modifikasi sistem seperti melakukan root, install twrp, install custom rom, dan masih banyak lagi. Namun sebelum kalian memulainya, ada baiknya kalian mengetahui sedikit informasi mengenai produk smartphone Asus Zenfone ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M1

Smartphone Android yang di banderol dengan harga 2 juta rupiah sampai dengan 3 juta rupiah pasti akan disambut baik oleh sebagian kalangan menengah, baik di negara Indonesia maupun di luar negeri. Salah satunya adalah seperti pada ponsel Asus Zenfone ini.

Meskipun perangkat ini cukup murah, namun dalam segi spesifikasi dan sejumlah fitur yang di sediakan tidak kalah menarik dengan ponsel Android kelas atas. Asus Zenfone Max Pro M1 ini telah dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh, dan hal tersebut telah menjadi salah satu produk andalan mereka, terutama untuk para pencinta game.

Baca Juga : Cara Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 Via Minimal ADB Fastboot

Pada produk Asus Zenfone Max Pro M1 ini telah tersedia tiga veriasi yang berbeda, diantaranya adalah memiliki RAM 3 GB dan Memori Internal 32 GB, RAM 4 GB dan Memori Internal 64 GB, serta RAM 5 GB dan Memori Internal 64 GB.

Name Detail
Brand Asus
Detail Prosessor Qualcomm Snapdragon 636 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core
RAM 3 GB
OS Android
Detail OS Android Oreo
Jaringan 2G/3G/4G LTE
Sim Card Dual Nano SIM
Display 5.99 Inch
Resolusi Full HD+ (2160 by 1080) 18:9 Full View IPSv
Memori Internal 32 GB
Memory External Supports up to 2TB microSD card
Kamera 13MP+5MP Dual Rear Camera with Portrait Mode for Bokeh Effect, Front Camera : 8MP
Audio 5-magnet loudspeaker
Video 4K UHD (3840 x 2160) video recording
Baterai 5000 mAh
Dimensi Produk 159 x 76 x 8.45 mm
Berat 180 g

Untuk ponsel Asus yang memiliki RAM 3 GB dan 4 GB memiliki fitur dan spesifikasi yang sama, namun pada Asus yang memiliki RAM 6 GB memiliki beberapa spesifikasi yang lebih tinggi dan sejumlah fitur yang berbeda.

Pengertian Unlock Bootloader

Unlock Bootloader adalah sebuah posisi ponsel yang sudah tidak terkunci. Dimana setelah Anda melakukan unlock bootloader pada ponsel Android, maka kalian dapat melakukan root atau menginstal custom recovery twrp.

Tanpa melakukan langkah unlock bootloader di Android terlebih dahulu, maka jangan harap dapat berhasil melakukan root, install twrp, custom rom, dan lain sebaginya. Unlock bootloader adalah langkah utama dan syarat utama untuk melakukan semua hal tersebut, tanpa melakukannya terlebih dahulu, maka ponsel akan mengalami kegagalan saat proses root.

Persyaratan Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Melakukan Langkah Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1

Untuk dapat melakukan proses unlock bootloader pada perangkat Asus ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukannya. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan Anda pun akan akan berhasil melakukannya secara lancar tanpa mengalami kesulitan.

Baca Juga : Cara Flashing Asus Zenfone Max Pro M1 Via Command Prompt

  1. Buatlah backup-an data terlebih dahulu, karena ada kemungkinan akan terhapusnya semua data tersebut selama proses berlangsung.
  2. Perhatikan dengan seksama dalam setiap langkah yang telah saya sampaikan, untuk menghindari terjadinya salah langkah dan menyebabkan terjadinya bootloop atau hardbrick pada ponsel Asus ini.
  3. Garansi resmi akan hilang.

Cara UBL Asus Zenfone Max Pro M1 Terbaru

Sebelum Anda memulai untuk melakukan modifikasi pada perangkat Android yang satu ini, hal pertama yang harus di lakukan adalah dengan proses unlock bootloader. Tanpa langkah tersebut, maka Anda tidak dapat melanjutkan ke langkah root pada Asus Zenfone Max Pro M1 ini.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu, melalui menu developer option yang terdapat dalam pengaturan ponsel.
  2. Download UnlockBootloader.rar, jika sudah lalu ekstrak file tersebut di komputer kalian.
  3. Download Asus USB Driver, jika sudah install di komputer kalian.
  4. Jika semua langkah di atas sudah Anda terapkan semuanya, lalu matikan ponsel dan boot ke dalam mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  5. Jika sudah, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  6. Selanjutnya buka folder hasil ekstrakan tadi, lalu buka folder UBL dan jalankan file unlock.cmd.
  7. Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah prosesnya selesai maka Anda akan melihat status Finished.
  8. Selesai.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 Tanpa PC dengan menggunakan PC atau tanpanya. Jika kalian mengalami kesulitan selama proses berlangusng, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments