Cara Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 Via Minimal ADB Fastboot

Setelah kamu berhasil melakukan langkah unlock bootloader pada perangkat Asus ini, pastinya kamu juga ingin melakukan langkah Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 ini kan. Karena setelah berhasil melakukan hal tersebut, tentunya kamu juga akan dapat melanjutkan ke tahap modifikasi seperti halnya root.

Namun demikian file twrp yang akan saya berikan ini merupakan sebuah twrp unofficial, yang berarti twrp tersebut dibuat secara tidak resmi oleh para developer. Namun secara teknik cara kerja dalam twrp recovery ini sama saja dengan twrp yang official, serta kamu juga tetap bisa melakukan hal-hal lainnya seperti melakukan custom rom.

Baca Juga : Cara Root Asus Zenfone Max Pro M1 Via TWRP Recovery

Hal terpenting dalam pemasangan custom recovery pada Asus Zenfone ini, kamu harus melakukan langkah unlock bootloader terlebih dahulu. Sebab menurut pengalaman saya sendiri dalam dunia oprekan, tanpa membuka kunci bootloader maka ponsel apapun tidak akan dapat melakukan instalasi twrp tersebut.

Cara install TWRP di Asus Zenfone Max Pro M1

Pada postingan saya yang sebelumnya, saya telah membuatkan tentang cara unlock bootloader pada perangkat Asus ini. Setelah kamu berhasil membuka kunci bootloader tersebut, maka kamu juga bisa melakukan pemasangan twrp baik di Android Pie atau Oreo. Namun dalam Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 Android 10 masih belum dapat dilakukan, karena pihak developer belum mengeluarkan twrp untuk versi Android 10.

Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa pada perangkat Asus ini telah ditenagai dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 636 Mobile Platform with 14nm 64-bit Octa-core. Serta memiliki 3 varian RAM diantaranya 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Dengan memiliki ukuran RAM sebesar itu, maka ponsel ini juga sangat cocok sekali untuk bermain game HD sekalipun.

Jika kamu telah membaca postingan ini, maka di bawah ini akan saya bantu kalian semua untuk dapat melakukan instalasi custom recovery twrp di ponsel Asus Zenfone Max Pro ini sampai dengan berhasil. Pastikan untuk mengikuti semua instruksi yang telah saya sampaikan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M1

Smartphone Android yang di banderol dengan harga 2 juta rupiah sampai dengan 3 juta rupiah pasti akan disambut baik oleh sebagian kalangan menengah, baik di negara Indonesia maupun di luar negeri. Salah satunya adalah seperti pada ponsel Asus Zenfone ini.

Meskipun perangkat ini cukup murah, namun dalam segi spesifikasi dan sejumlah fitur yang di sediakan tidak kalah menarik dengan ponsel Android kelas atas. Asus Zenfone Max Pro M1 ini telah dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh, dan hal tersebut telah menjadi salah satu produk andalan mereka, terutama untuk para pencinta game.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M1 Terbaru dan Terlengkap

Pada produk Asus Zenfone Max Pro M1 ini telah tersedia tiga veriasi yang berbeda, diantaranya adalah memiliki RAM 3 GB dan Memori Internal 32 GB, RAM 4 GB dan Memori Internal 64 GB, serta RAM 5 GB dan Memori Internal 64 GB.

Name Detail
Brand Asus
Detail Prosessor Qualcomm Snapdragon 636 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core
RAM 3 GB
OS Android
Detail OS Android Oreo
Jaringan 2G/3G/4G LTE
Sim Card Dual Nano SIM
Display 5.99 Inch
Resolusi Full HD+ (2160 by 1080) 18:9 Full View IPSv
Memori Internal 32 GB
Memory External Supports up to 2TB microSD card
Kamera 13MP+5MP Dual Rear Camera with Portrait Mode for Bokeh Effect, Front Camera : 8MP
Audio 5-magnet loudspeaker
Video 4K UHD (3840 x 2160) video recording
Baterai 5000 mAh
Dimensi Produk 159 x 76 x 8.45 mm
Berat 180 g

Untuk ponsel Asus yang memiliki RAM 3 GB dan 4 GB memiliki fitur dan spesifikasi yang sama, namun pada Asus yang memiliki RAM 6 GB memiliki beberapa spesifikasi yang lebih tinggi dan sejumlah fitur yang berbeda.

Pengertian TWRP dan Fungsinya

Terkadang kita pernah mendengar istilah TWRP pada ponsel Android, pada saat ingin melakukan proses Root, Upgrade OS, atau Flashing. Biasanya untuk dapat melakukan semua hal tersebut melalui Custom Recovery TWRP., karena dengan menggunakan TWRP ini langkah-nya pun cukup mudah dan Anda tidak akan mengalami kesulitan selama proses tersebut berlangsung.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan custom pada perangkat Android, sudah Anda sudah tidak asing lagi dengan kata TWRP. Tapi untuk kalian yang baru pertama kali melakukan customisasi pada ponsel Android, maka nama TWRP ini sangat terasa asing sekali di telinga kalian.

Dengan kata lain, fungsi dan manfaat dari TWRP ini adalah dengan sama-sama melakukan recovery pada ponsel atau menginstal dan lain sebagainya. Setiap ponsel Android pasti memiliki sistem recovery bawaan, namun hal tersebut memiliki keterbatasan yang dapat dilakukan, maka dari itu sebagian besar pengguna Android ingin menginstal Custom Recovery TWRP pada perangkat mereka.

1 Pengertian TWRP

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project. Dengan kata lain, TWRP Recovery ini memiliki menu custom yang tidak tersedia bawa mode recovery bawaan keluaran pabrik. Biasanya setiap ponsel Android pasti memiliki mode recovery masing-masing, hanya saja dalam menu recovery tersebut memiliki keterbatasan fitur, sehingga kalian tidak dapat melakukan banyak hal pada mode recovery standart tersebut.

2. Fungsi TWRP

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa terdapat banyak kelebihan yang dapat Anda manfaatkan jika dibandingkan dengan menggunakan twrp bawaan pada ponsel. Dengan menggunakan custom recovery, Anda dapat melakukan proses root, install custom rom, backup os, atau menginstal berbagai module.

TWRP dapat kita pasang dengan menggunakan berbagai langkah yang berbeda, tergantung dari merek ponsel tersebut. Karena setiap merek dan tipe ponsel Android tersebut, memiliki langkah yang berbeda untuk dapat menginstal TWRP Recovery pada ponsel tersebut.

Persyaratan Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Melakukan Langkah Install TWRP di Asus Zenfone Max Pro M1

Untuk dapat melakukan proses instalasi twrp pada perangkat Asus ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukannya. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan kamu pun akan akan berhasil melakukannya secara lancar tanpa mengalami kesulitan.

Baca Juga : Cara Flashing Asus Zenfone Max Pro M1 Via Command Prompt

  1. Buatlah backup-an data terlebih dahulu, karena ada kemungkinan akan terhapusnya semua data tersebut selama proses berlangsung.
  2. Perhatikan dengan seksama dalam setiap langkah yang telah saya sampaikan, untuk menghindari terjadinya salah langkah dan menyebabkan terjadinya bootloop atau hardbrick pada ponsel Asus ini.
  3. Garansi resmi akan hilang.

Setelah kamu sudah mengikuti semua persayaratan di atas, maka kamu dapat melanjutkan ke tahap cara install twrp di Asus Zenfone Max Pro M1 di bawah ini. Saya sarankan, kamu jangan melakukan secara tergesa-gesa jidak tidak ingin mengalami kegagalan.

Cara Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1

Bagi kamu semua yang suka mengoprek ponsel Android, tentunya twrp merupakan syarat utama dalam memodifikasi sistem tersebut baik pada perangkat yang menggunakan Android 8 atau 9. Untuk dapat memudahkan semua hal tersebut, maka kamu harus melakukan Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 Pie. Tentunya cara ini juga dapat dilakukan pada perangkat yang sudah menggunakan Android Oreo.

Fitur terbesar yang biasa digunakan oleh para pengguna Android, twrp ini sering digunakan untuk melakukan root baik dengan menggunakan Magisk atau SuperSU. Selain itu ada juga beberapa masalah yang terjadi setelah melakukan instalasi twrp, biasanya twrp yang sudah di pasang hanya dapat digunakan sekali saja dan untuk selanjutnya twrp tersebut sudah tidak ada lagi.

Tapi tenang saja, dalam tutorial ini saya yakin bahwa twrp recovery tersebut dapat digunakan secara permanen. Agar setiap kali ingin memodifikasi smartphone tersebut, kamu tidak perlu lagi melakukan instalasi twrp.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu, caranya dapat kamu lihat melalui postingan yang sudah saya berikan di atas.
  2. Download twrp.img terlebih dahulu, lalu ekstrak file tersebut.
  3. Download juga minimal_adb_fastboot_1.4.3_portable terlebih dahulu dan install di komputer kamu.
  4. Download juga decrypt.zip, lalu pindahkan ke dalam penyimpanan ponsel.
  5. Download juga Asus USB Driver dan install di komputer kamu.
  6. Jika semua hal tersebut sudah kamu lakukan, lalu copy file twrp.img ke dalam folder instalasi Minimal ADB Fastboot.
  7. Langkah selanjutnya adalah boot ponsel Asus kamu ke dalam Mode Fastboot, dengan cara matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  8. Jika sudah, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Langkah selanjutnya adalah buka folder tempat instalasi ADB tadi di install, lalu klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil tekan tombol Shift + Klik Kanan secara bersamaan, lalu pilih Open command windows here. Maka selanjutnya tampilan layar command prompt akan terbuka.
  10. Pada layar command prompt tersebut, lalu ketikan perintah di bawah ini untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung dengan komputer atau tidak.
    fastboot devices
  11. Selanjutnya ketikan perintah di bawah ini untuk memulai proses pemasangan twrp di Asus Zenfone Max Pro M1.
    fastboot flash recovery twrp.img
  12. Setelah berhasil memasukan perintah di atas, maka ponsel akan langsung masuk ke dalam mode recovery. Jika tidak, kamu bisa menggunakannya secara manual dengan cara matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  13. Jika kamu melihat pesan yang terdapat pada twrp tersebut, kamu bisa memilih Swipe allow to modification. Hal tersebut untuk memberikan izin modifikasi pada twrp recovery.
  14. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu Wipe, lalu pilih Factory Reset >> Swipe to factory reset.
  15. Jika sudah, lalu kembali ke menu utama twrp dan pilih menu Install, lalu flash file decrypt.zip yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan ponsel.
  16. Jika proses flash tersebut sudah berhasil, kamu bisa restart ponsel Asus tersebut dengan cara klik Reboot System.
  17. Lalu tunggu sampai ponsel menyala kembali, mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.
  18. Selesai.

Nah dengan begitu kamu telah berhasil melakukan Cara Install TWRP Asus Zenfone Max Pro M1 dengan menggunakan bantuan Minimal ADB Fastboot. Jika kamu mengalami masalah selama proses tersebut, kamu bisa memberikan komentar di bawah ini. Semoga dengan postingan yang saya sampaikan di atas dapat membantu kalian semua yang membutuhkannya.


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar