Paus Terunik Di Dunia Yang Jarang Sekali Diketahui - Tips Tutorial Bersama

Paus Terunik Di Dunia Yang Jarang Sekali Diketahui

Dari beberapa hewan yang ada di dunia ini, Paus adalah salah satu hewan yang paling menarik untuk dipelajari. Selain ukurannya yang luar biasa besar, hewan satu ini juga mempunyai sejumlah keunikan daripada hewan lainnya.

Jika berbicara mengenai Paus, kita pasti membayangkan makhluk dengan ukuran sangat besar. Bahkan salah satu jenis dari hewan ini merupakan hewan dengan ukuran paling besar di muka bumi.

Diketahui bahwa ada sekitar 40 jenis paus dan beberapa diantaranya memiliki keunikan, yang akan membuat hewan satu ini sangat mengagumkan. Dari semua keunikan yang dimiliki dari semua hewan satu ini ada beberapa hal unik lainnya yang mungkin jarang sekali diketahui.

Keunikan Dari Paus Yang Jarang Sekali Diketahui Kebanyakan Orang

Untuk kamu yang suka sekali melihat hewan besar yang hidup di lautan bebas dan dalam, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Tapi tahukah kamu bahwa ikan paus ini memiliki keunikan tersendiri, yuk langsung saja kita lihat tentang Paus Terunik Adalah di bawah ini.

1. Paus Biru

Paus Biru yang memiliki nama ilmiah Balaenoptera Musculus adalah mamalia laut yang tergolong dalam Subordo Paus Balin. Diketahui bahwa hewan satu ini memiliki panjang mencapai lebih 33 meter dan beratnya tercatat sebesar 181 pon atau lebih.

Selain itu binatang ini juga diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui hidup di bumi, karena ukuran tubuhnya yang luar biasa. Tidak heran bagian-bagian tubuhnya pun sangat besar.

Diketahui bahwa berat lidah dari hewan ini bisa mencapai 2,7 ton atau setara dengan berat gajah dewasa. Selain itu, ukuran paru-paru dan jantungnya juga diketahui sangat besar.

Menurut para ilmuan, kapasitas paru-parunya mencapai 5.000 liter, sedangkan jantungnya berbobot sekitar 680 kg. Namun dengan ukuran sebesar itu, makanan hewan besar satu ini justru adalah Krill sejenis udang kecil yang berukuran 1 hingga 2 cm.

2. Paus Bungkuk

Paus Bungkuk yang memiliki nama ilmiah Megaptera Novaeangliae adalah salah satu paus balin dan salah satu spesies rorqual terbesar. Diketahui bahwa panjang paus bungkuk dewasa bisa mencapai 12 hingga 16 meter dan memiliki berat sekitar 36.000 kg.

Paus bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa dengan sirip dada panjang dan kepala yang menonjol. Paus bungkuk sebenarnya tidak benar-benar bertubuh bungkuk dan hewan ini mendapatkan namanya dari kebiasaannya dalam melengkungkan tubuh saat melompat keluar dari air.

Baca Juga : Agama Paling Aneh Dan Unik Yang Pernah Ada Di Dunia

Inilah yang menjadi salah satu keunikan dari paus bungkuk karena sangat aktif berakrobat di permukaan air. Selain itu paus bungkuk juga unik karena memiliki ukuran sirip yang sangat besar. Seperti paus biru, paus bungkuk juga makan hewan-hewan kecil seperti Krill dan Plankton.

3. Paus Sperma

Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak yang memiliki nama ilmiah Physeter Macrocephalus adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi terbesar di dunia. Paus ini dinamakan demikian, karena bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada kepalanya, yang pada awalnya dikira sebagai sperma.

Keunikan yang dimiliki oleh hewan satu ini adalah bentuk kepalanya yang besar dan bentuk keseluruhannya yang berbeda. Namun belakang diketahui bahwa cairan tersebut sama sekali berbeda dengan sperma untuk berkembang biak.

Diyakini, para ilmuan masih belum yakin apa fungsi dari cairan tersebut. Namun diperkirakan bahwa cairan itu membantu hewan satu ini dalam menghasilkan suara yang lebih keras.

Satu hal lagi, paus sperma adalah paus bersuara terkeras di dunia dengan suara mencapai 230 desibel.

4. Paus Paruh Cuvier

Paus Paruh Cuvier yang memiliki nama ilmiah Ziphius Cavirostris adalah jenis paus yang paling banyak tersebar dari semua paus berparuh. Diketahui bahwa spesies paus satu ini memegang rekor sebagai mamalia yang mampu menyelam hingga 2.992 meter di bawah permukaan laut, dengan penyelaman terlama sekitar 220 menit.

Paus ini bersama dengan paus berparuh lainnya banyak dikira orang sebagai lumba-lumba, padahal mereka adalah paus. Seorang ahli zoologi bernama Georges Cuvier yang menamakan paus ini ditahun 1823 memiliki keunikan karena bentuk moncongnya seperti paruh unggas.

Baca Juga : Dinosaurus Yang Dikabarkan Masih Hidup Dan Berkeliaran Di Afrika

Diketahui bahwa paus paruh cuvier adalah karnivora bergigi yang mampu berburu cumi-cumi, dan mereka kerap menyelam dikedalaman luar biasa untuk menangkap mangsanya.

5. Paus Beluga

Paus Beluga atau Paus Putih yang memiliki nama ilmiah Delphinapterus Leucas adalah salah satu jenis paus yang terdapat di wilayah perairan laut kutub utara dan sekitarnya. Paus beluga sendiri adalah salah satu dari dua jenis paus yang berasal dari keluarga Monodontidae bersama dengan Narwhal, atau Paus Bertanduk.

Mamalia laut ini dikenal secara umum sebagai beluga atau kenari laut, karena ciri khas dari lengkingan suaranya yang tinggi.

Diketahui bahwa panjang paus beluga dapat mencapai 5 meter dengan warna tubuh yang putih, sementara kepalanya berbentuk melon sehingga paus ini disebut juga Melonhead Whale.

Hewan satu ini adalah satu-satunya paus berwarna putih polos, dan merupakan paus yang paling éksprésif. Diketahui bahwa hewan satu ini bisa membuat ekspresi wajah yang lucu dan menghasilkan berbagai macam suara.

Hal inilah yang membuat paus beluga disebut sebagai paus terunik di dunia.

6. Paus Narwhal

Narwhal atau yang sering disebut Unicorn Laut merupakan paus bertanduk yang sepanjang tahun hidup diperairan Arktik sekitar Greenland, Kanada, dan Rusia. Diketahui bahwa paus bertanduk Narwhal terbiasa hidup di perairan yang airnya sangat dingin.

Selain itu paus narwhal juga memiliki penampilan yang bisa dikatakan unik, karena berbeda dengan ikan paus pada umumnya, yaitu sebuah tanduk panjang yang ada pada kepalanya.

Tidak hanya itu, paus narwhal juga sering disebut dengan duyung unicorn, yang merupakan nama salah satu paus yang paling tidak diketahui oleh manusia. Alasan ketidak tahuannya adalah karena habitat makhluk laut ini hanya hidup diperairan kutub utara, tepatnya di samudera arktik yang jangkauannya sangat sulit ditempuh oleh manusia.

Baca Juga : Kemampuan Biksu Shaolin Yang Mengagumkan

Tanduk yang dimiliki oleh paus ini sendiri sebenarnya adalah gading alias bagian gigi mereka yang memanjang. Bahkan beberapa dari paus narwhal mempunyai dua gading, dan ada juga yang sama sekali tidak mempunyai gading.

Diketahui bahwa fungsi dari gadingnya tersebut untuk mencari makan dan memiliki hingga 10 juta saraf.

7. Paus Kelabu

Paus Kelabu yang memiliki nama ilmiah Eschrichtius Robustus adalah paus balin yang setiap tahunnya bermigrasi antara tempat berbiak dan tempatnya mencari makan. Diketahui bahwa panjang tubuh hewan satu ini dapat mencapai hingga 15,2 meter dengan berat mencapai 36 ton, dan usia maksimal 50 hingga 70 tahun.

Nama paus kelabu sendiri berasal dari kulit yang berwarna gelap dengan pola kelabu, ditambah bercak-bercak putih. Pola kelabu putih ini berasal dari bekas luka yang ditinggalkan oleh parasit yang menempel di atas kulit mereka.

Diketahui bahwa hewan mamalia laut satu ini memakan plankton yang berasal dari dasar laut.

8. Paus Sungai Thames

Beberapa waktu lalu seekor paus bungkuk sepanjang 10 meter mati di Sungai Thames, yaitu sungai yang berada dibagian timur kota London, Inggris. Diketahui bahwa paus tersebut ditemukan diperairan dangkal di Greenhithe, Kent dan dipindahkan pada malam harinya dari bawah jembatan QE2 ke Dermaga Otoritas London di Gravesend.

Mengetahui hal tersebut, himpunan dari para dokter hewan London tengah melakukan program investigasi pendamparan paus, yang akan menyelidiki penyebab kematian paus tersebut.

Baca Juga : Rumah Mobil Terkeren Di Dunia

Seorang juru bicara untuk badan amal untuk konservasi paus dan lumba-lumba mengatakan, bahwa kematian paus tersebut tidak dapat dijelaskan. Namun program investigasi yang dilakukan himpunan dokter menjelaskan, bahwa paus tersebut mati terdampar karena kelaparan.

9. Paus Whale 52

Whale 52 adalah seekor paus paling kesepian di dunia yang sama sekali tidak memiliki pasangan hidup atau pun kawanan, hal ini dikarenakan paus paling kesepian di dunia memiliki jenis frekuensi suara yang berbeda dengan jenis kawanan paus lainnya ditengah samudera.

Diketahui bahwa kelompok paus ini biasanya terdiri dari 6 - 10 ekor paus dewasa yang akan bermigrasi setiap tahunnya sesuai pergantian musim. Paus kesepian ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti biota laut bernama Dr. William Watkins dari Oceanographic Institution Woods Hole.

Saat itu Dr. Watkins sedang mempelajari siklus perkawinan sekelompok paus bungkuk dan paus biru di laut Samudera Fasifik. Saat tengah mempelajari frekuensi suaranya yang khas yang dihasilkan paus jantan selama musim kawin, Dr. Watkins tiba-tiba menangkap frekuensi suara seekor paus jantan yang berbeda dari yang lain.

Paus jantan tersebut menghasilkan suara nyanyian pada frekuensi 52 hertz, frekuensi ini lebih tinggi daripada frekuensi komunikasi paus normal yang ada pada umumnya, hanya bekisar pada 12 - 40 hertz.

Hal inilah yang menyebabkan paus satu ini merupakan jenis paus paling unik, sekaligus paus paling kasihan di dunia.

10. Paus Kepala Busur

Paus Kepala Busur yang memiliki nama ilmiah Balaena Mysticetus adalah spesies paus yang memiliki warna gelap tanpa sirip punggung, dan dapat tumbuh hingga 20 meter panjangnya, dengan berat maksimum mencapai 136 ton.

Diketahui bahwa paus ini hidup sepenuhnya diperairan Arktik dan sub-Arktik, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk mencari makan atau berproduksi. Selain itu hewan satu ini juga dikenal sebagai paus Greenland atau paus Arktik, dan merupakan mamalia laut yang memiliki usia hidup terpanjang, yaitu sampai 200 tahun.

Keunikan lain yang dimiliki oleh jenis paus ini adalah mulutnya yang merupakan mulut terbesar di dunia dari jenis paus lainnya.

Demikianlah tentang penjelasan yang telah kami sampaikan di atas mengenai spesies Paus Terunik yang pernah ada di luasnya lautan dan berbagai penjuru samudera. Apakah dari berbagai jenis paus tersebut, pernah kamu lihat sebelumnya..??

Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.