Cara Install Android Studio v4.1.2 Stable Latest Version

Untuk Anda yang ingin membuat atau belajar aplikasi Android, maka untuk dapat melakukan hal tersebut pastinya Anda akan memerlukan sebuah software. Software tersebut biasa digunakan oleh para pengembang, yakni Android Studio. Namun sebelum memulainya pastikan lerlebih dahulu untuk menginstallnya di PC Anda, maka sebab dari itu disini akan kami buatkan langkah Cara Install Android Studio dengan mudah.

Perlu Anda perhatikan terlebih dahulu mengenai spesifikasi yang direkomendasikan untuk dapat menginstal software yang satu ini, hal tersebut dapat berguna demi kelancaran selama pemakaian Android Studio di Windows. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan adalah memiliki RAM 8 GB, minimal penyimpanan di drive C tersedia 4 GB atau lebih, serta resolusi layar minimum 1280 x 800.

Baca Juga : Cara Install Adobe Premiere Pro CS6 Full Aktivasi

Dengan menggunakan spesifikasi tersebut, maka selama Anda menjalankan Android Studio ini tidak akan mengalami lag atau hal apa pun yang dapat menghambat pekerjaan Anda sebagai seorang developer. Dengan melakukan langkah Cara Install Android Studio Di Windows 10 sangatlah mudah sekali, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Install Android Studio Di PC Windows

Seperi yang sudah saya katakan sebelumnya mengenai Cara Install Android Studio Di Windows sangat mudah sekali dilakukan, hanya saja spesifikasi komputer yang Anda pakai sudah memiliki spesifikasi yang sudah direkomendasikan. Owh ya, karena disini kami menggunakan Android Studio v4.1.2 yang telah support dengan Windows 10.

Maka jika Anda masih menggunakan Windows 7, kami sarankan untuk menggunakan versi Android Studio yang dibawahnya. Sebab hal ini sudah kami praktekkan dalam Windows 7, dan Android Studio versi terbaru ini tidak dapat di install jika masih menggunakan versi windows tersebut dan akan mengalami kegagalan selama proses berlangsung.

1. Download Android Studio

Sebelum Anda memulai untuk proses instalasinya, pastikan bahwa Anda telah mendownload software Android Studio ini. Dengan kata lain Anda harus Download Android Studio v4.1.2 terlebih dahulu.

2. Ekstrak File

Setelah Anda berhasil mendownloadnya, lalu ekstrak file yang tadi sudah Anda download. Anda bisa menyimpannya dimana saja, pastikan menaruhnya di tempat yang mudah ditemukan.

3. Android Studio Setup

Setelah proses ekstraknya sudah selesai, lalu buka folder tersebut dan jalankan file Android-Studio-ide-201.7042882-windows.exe dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator. Maka tampilan instalasinya akan terbuka, lalu klik Next.

3.1. Choose Components

Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke tampilan Choose Components. Dalam tampilan ini silahkan Anda beri tanda centang atau ceklis pada Android Virtual Device, jika sudah klik Next.

3.2. Configuration Settings

Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke dalam tampilan Configuration Settings. Dalam tampilan ini akan menjadi lokasi penyimpanan instalasi Android Studio, disini Anda bisa memilihnya secara default dengan lokasi C:\Program Files\Android\Android Studio atau Anda bisa juga memilih tempat penyimpanan secara bebas sesuai dengan keinginan Anda, jika sudah klik Next.

3.3. Choose Start Menu Folder

Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke dalam tampilan Choose Start Menu Folder. Dalam tampilan layar tersebut Anda dapat memilihnya secara default, lalu klik Install.

3.4. Installing

Maka selanjutnya proses instalasinya akan berjalan, disini Anda tinggal menunggunya saja sampai proses instalasinya selesai mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

3.5. Completing Android Studio Setup

Setelah proses instalasinya sudah selesai, lalu beri tanda centang pada Start Android Studio agar setelah di klik Finish software tersebut akan langsung otomatis terbuka dengan sendirinya.

4. Install Android ADK Platform Tool

Android SDK Platform Tool merupakan sebuah software yang sering digunakan oleh para pengembang untuk dapat membuat sebuah aplikasi yang berbasis Android dengan bantuan dari software ini. Maka dari itu software ini sangat penting sekali bagi mereka yang bekerja dalam bidang tersebut.

Tinggal beberapa langkah terakhir untuk menyelesaikan proses instalasinya, selanjutnya Anda tinggal mengikuti semua langkah tersebut di bawah ini untuk menyelesaikannya dan dapat segera dipakai Android Studio tersebut.

4.1.Import Android Studio Settings

Setelah proses instalasinya sudah selesai, lalu jalankan Android Studio yang tadi sudah berhasil terinstall di komputer. Maka setelah terbuka Anda akan melihat pesan yang bertuliskan Import Android Studio Settings, jika Anda baru pertama kali mencobanya Anda bisa memilih Do not import settings lalu klik Ok untuk melanjutkannya.

4.2. Data Sharing

Maka selanjutnya Anda akan melihat pesan yang bertuliskan Data Sharing. Dalam pesan tersebut Google akan menerima semua data yang masuk dari Android Studio ini, maka dengan begitu Anda bisa memilih Send usage statistics to Google.

4.3. Android Studio Setup Wizard

Maka selanjutnya Anda akan melihat tampilan Android Studio Setup Wizard, pada halaman Welcome Android Studio ini klik pada Next untuk melanjutkannya ke tahap berikutnya.

4.4. Install Type

Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke dalam tampilan berikutnya Install Type. Pada halaman ini Anda bisa mengcustom jenis instalasinya atau dengan menggunakan instalasi Standard, agar lebih memudahkan Anda bisa memilih yang Standard saja lalu klik Next untuk melanjutkannya.

4.5. Select UI Theme

Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke dalam tampilan Select UI Theme, dalam tampilan ini Anda bisa memilih thema yang akan dipakai di Android Studio. Jika Anda memilih Darcula, maka tampilan themanya akan menjadi mode gelap atau dark mode. Sedangkan yang Light adalah kebalikannya.

Jadi Anda dapat memilih sesuai selera masing-masing, baik yang Darcula atau Light. Jika sudah lalu klik Next untuk melanjutkannya.

4.6. Verify Settings

Pada tampilan Verify Settings ini, Anda harus mendownload semua file yang tercantum dalam daftar tersebut. Karena semua file tersebut adalah semua komponen yang dibutuhkan dalam Android Studio, maka pastikan jaringan internet di komputer Anda sudah terkoneksi dengan baik. Jika sudah terhubung dengan internet, Anda bisa klik Next untuk melanjutkannya.

4.7. Downloading Components

Sampai disini Anda tinggal tunggu saja sampai semua proses download semua komponen yang dibutuhkan dalam Android Studio sampai dengan selesai. Biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari kecepatan internet yang Anda pakai dalam koneksi tersebut.

4.8. Downloading Components Complete

Jika proses downloadnya sudah selesai, Anda bisa mengklik Finish untuk menyelesaikannya. Dan dengan begitu Anda telah berhasil menginstal Android Studio v4.1.2 Stable di Windows 10.

Note: Jika Anda menginstal Android Studio v4.1.2 terbaru ini dengan menggunakan Windows 7 dan mengalami error, maka solusinya adalah dengan menginstal Android Studio dengan versi sebelumnya atau Anda juga bisa menggunakan komputer yang sudah memakai Windows 10 bila ingin menggunakan versi Android Studio yang terbaru ini.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya mengenai Cara Install Android Studio Di Windows 7 32bit Anda harus menggunakan versi yang sebelumnya. Semoga dengan tutorial yang telah kami berikan ini dapat membantu teman-teman semua.


Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar