Cara Root HTC M9 Terbaru di Android 7 (Nougat) - Tips Tutorial Bersama

Cara Root HTC M9 Terbaru di Android 7 (Nougat)

Setelah Anda berhasil melakukan Root HTC M9 pada perangkat Android yang digunakan tersebut, maka setelahnya Anda dapat memiliki hak akses penuh terhadap ponsel tersebut. Namun sebelum Anda memulainya, pastikan terlebih dahulu semua persiapan yang dibutuhkan sudah Anda siapkan semuanya.

Jika tidak, maka proses rooting ini tidak akan berjalan lancar sesuai harapan kalian. Seperti yang sudah diketahui, bahwa setelah melakukan root pada device Android selanjutnya Anda dapat dengan mudah untuk memodifikasi ponsel tersebut. Baik yang ingin menginstall Custom Rom atau Pemasangan Custom Recovery TWRP.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader HTC One M9 Secara Lengkap

Selain itu, Anda juga dapat mempercantik tampilan layar ponsel dan dapat memungkinkan untuk meningkatkan kinerja CPU pada ponsel HTC M9 yang Anda gunakan. Tidak hanya itu saja yang akan Anda dapatkan setelah melakukan root, karena masih banyak fitur-fitur tersedia yang tidak dapat Anda temukan dalam rom bawaan pabrik.

Maka sebab dari itu disini saya akan membantu kalian semua untuk dapat melakukan Root HTC One M9 sampai dengan berhasil atau sukses. Satu hal yang pasti, Anda harus berani mengambil resiko bila apa yang akan terjadi setelahnya atau mengalami kegagalan selama proses rooting berlangsung.

Root Smartphone Android HTC M9 Di Android Nougat

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya mengenai Root HTC M9 Android 7 terdapat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Namun jika Anda belum pernah mendengar istilah root atau belum pernah mencobanya di perangkat apapun, pastikan terlebih dahulu mengenai resiko atau masalah yang akan Anda temukan.

Karena prosesnya ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, walau Anda mengikuti semua tutorial yang sudah diberikan. Akan tetapi biasanya ada saja masalah yang terjadi selama proses root HTC M9 berlangsung, baik tidak terdeteksi di PC atau ada saja file yang tidak support dengan perangkat HTC yang Anda kenakan.

Walaupun demikian, tidak akan menyebabkan kerusakan parah pada perangkat tersebut. Seperti yang sudah saya ketahui tentang langkah instalasi root ini, walau mengalami kegagalan tapi tidak akan menyebabkan ponsel Anda mengalami mati. Hanya saja proses mengalami kegagalan, tapi ponsel masih dapat masuk kedalam menu.

Kecuali, jika sebelum melakukan proses rooting ini Anda sudah terlebih dahulu menghapus semua data atau biasa yang dikenal sebagai wipe data. Tapi menurut saya sendiri, untuk melakukan root tidak harus mengclear data pada ponsel Android. Oke, sebelum memulainya pastikan beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Spesifikasi Lengkap Smartphone HTC One M9

Smartphone flagship HTC One M9 ini pertama kali resmi dan diungkap pada sebuah acara yang berlangsung di Barcelona pada Minggu 1 Maret 2015 silam. Ponsel yang mengandalkan kamera untuk selfie Ultrapixel, dengan prosesor Qualcomm octa-core dan berbagai fitur lainnya yang menarik serta terkini.

Untuk para pesaing yang setara dengan Smartphone Android ini tidak boleh dianggap sebelah mata. Lantara bodi metalnya yang kuat telah menjadi ciri khas dari perangkat versi One tetap dipertahankan di ponsel M9 ini. Meski jika dilihat secara sekilas, ponsel satu ini memang hampir mirip dengan pendahulunya yakni M8.

Baca Juga : Cara Install TWRP Recovery HTC One M9 Terbaru

Namun pada HTC One M9 ini telah mengusung spesifikasi yang mumpuni serta hardware yang tidak bisa diremehkan untuk sekelas HTC ini. Selain itu HTC M9 ini memiliki ukuran layar sebesar 5 inci, dan cukup puas untuk Anda yang suka bermain game online pada ponsel Android.

Selain mempunyai layar 5 inci, ponsel ini juga tidak luput dari spesifikasi lainnya. Serta sudah dibekali RAM sebesar 3 GB, dan menggunakan Snapdragon 810. Tidak hanya itu saja kelebihannya, untuk Anda yang suka berfoto ponsel ini sudah dilengkapi dengan kamera utama 20 MP. Dijamin foto yang diambilnya akan memiliki kualitas gambar yang cukup jernih, tidak kalah dengan ponsel-ponsel lainnya.

Pengertian Root Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti sering mendengar istilah root, namun Anda tidak benar-benar mengetahui apa sebenarnya root itu. Jika kalian masih belum mengetahui tentang root yang sebenarnya, kami sarankan kalian jangan melakukannya, karena jika prosesnya mengalami kegagalan ponsel Anda akan mengalami kerusakan system.

1. Pengertian Root

Root dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kata Akar, maka dalam istilah Android. Root bisa juga diartikan sebagai Akar Ponsel Android, maka setelah kalian berhasil melakukan root pada smartphone, kalian akan mendapatkan suatu kendali penuh atau kalian juga bisa mendapatkan hak akses penuh pada smartphone Android tersebut.

Dengan kata lain, setelah kalian me-root ponsel. Kalian dapat melakukan apapun pada ponsel Android tersebut, termasuk kalian dapat memodifikasi sebuah Firmware atau OS dengan kehendak kalian secara bebas.

2. Kelebihan Root

Setelah berhasil me-root ponsel Android, maka kalian dapat memanfaatkan berbagai jenis kelebihan setelah melakukan root, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat menghapus aplikasi bawaah.
  2. Backup dan Restore aplikasi yang telah terinstal.
  3. Dapat mengontrol Kernel dan CPU secara bebas.
  4. Dapat mengedit Build.prof.
  5. Dapat menginstal berbagai jenis Module di dalam apk Magisk Manager.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa kelebihan setelah melakukan root dapat Anda lihat dalam daftar tersebut. Namun bukan hanya itu saja kelebihannya, masih banyak jenis kelebihan yang lainnya yang bisa kalian manfaatkan.

3. Kerugian Root

Walaupun setelah melakukan root terdapat banyak hal kelebihan yang bisa kalian manfaatkan setelah mendapatkan akses root, akan tetapi root juga mempunyai sisi bahayanya sebagai berikut:

  1. Garansi resmi akan hilang.
  2. Tidak dapat melakukan update sistem yang terdapat dalam pengaturan.
  3. Celah keamanaan yang terdapat pada ponsel akan semakin kecil, dan akan semakin besar peluang ponsel akan termasuki oleh malware.
  4. Dapat menurunkan performa.
  5. Malfungsi pada system ponsel.

Nah, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Dalam daftar tersebut terdapat berbagai kerugian yang akan Anda dapatkan setelah melakukan root pada ponsel Android.

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Proses Root HTC M9

Untuk dapat berhasil melakukan instalas root pada perangkat HTC One M9, maka Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan semua bahan-bahan atau langkah-langkah yang sudah disarankan. Jika Anda mengabaikan salah satu langkah tersebut, maka proses root tidak dapat berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Flashing HTC One M9 Via Fastboot RUU Firmware

  1. Smartphone HTC One M9 Anda harus sudah dalam keadaan Unlock Bootloader. Jika belum, maka Anda dapat melakukannya melalui postingan yang sudah saya berikan diatas.
  2. Selanjutnya persiapan yang harus dilakukan adalah dengan Instalasi TWRP, karena proses root ini menggunakan metode dari Custom Recovery TWRP. Untuk dapat melakukannya, Anda dapat mengikuti caranya melalui postingan yang sudah saya berikan diatas.
  3. Jika kedua hal tersebut sudah Anda lakukan semuanya, maka selanjutnya Anda harus download file SuperSU. Karena SuperSU ini yang akan menjadi bahan penting dalam proses root HTC M9.
  4. Download SR4-SuperSU-v2.78-SR4-20161115184928.zip.

Setelah Anda sudah mengikuti semua persiapan diatas tadi, maka selanjutnya Anda sudah dapat melakukan langkah proses root pada HTC One M9. Untuk dapat mengetahuinya, Anda dapat melihat step by step nya dibawah ini dengan lengkap.

Cara Root HTC One M9 Melalui Custom Recovery TWRP

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, jika Anda sudah yakin dan mantab ingin melakukan root pada perangkat yang Anda pakai. Anda dapat mengikuti semua langkah proses root pada HTC M9 dibawah ini. Perlu diingat, disini saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada smartphone kalian. Karena disini saya hanya membagikan tutorialnya saja, semua keputusan dan resiko ada ditangan kalian semua.

  1. Pastikan bahwa ponsel Anda sudah di Unlock Bootloader dan sudah di Install Custom Recovery TWRP.
  2. Pastikan juga baterai ponsel Anda cukup daya selama proses ini akan berlangsung.
  3. Pastikan juga bahwa Anda sudah mendownload file SuperSu, dan pindahkan SuperSU tersebut kedalam penyimpanan internal atau eksternal di ponsel.
  4. Jika sudah semuanya, silahkan boot HTC tersebut kedalam Mode Recovery. Untuk melakukannya Anda bisa menekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan. Ingat, untuk dapat masuk ke Mode TWRP, ponsel dalam keadaan mati lalu tekan kedua tombol tersebut.
  5. Jika sudah di dalam Mode Recovery, lalu pilih menu Install dan cari SuperSU yang tadi sudah Anda salin ke penyimpanan ponsel.
  6. Jika sudah, lalu pilih confirm the install process. Maka proses root akan berjalan secara otomatis. Selanjutnya Anda tinggal tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  7. Jika prosesnya sudah selesai, silahkan reboot atau restart ponsel. Untuk dapat melakukannya, Anda bisa kembali ke menu utama TWRP dan pilih Reboot.
  8. Selesai.

Jika Anda mengikuti semua petunjuk yang sudah diberikan diatas, maka proses root dapat berjalan lancar. Jika Anda tidak mengalami kesalahan apapun selama proses berlangsung, maka Anda akan melihat aplikasi yang bernama SuperSU. Jika aplikasi tersebut ada di ponsel kalian, maka proses root berhasil dilakukan.

Namun jika Anda merasa masih kurang yakin apakah sudah di root atau belum, Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker di Playstore lalu install aplikasi tersebut diponsel. Jika sudah, lalu buka Root Checker dan lihat hasilnya apakah sudah di root atau belum.

Nah begitulah langkah-langkah Cara Root HTC M9 dengan menggunakan TWRP Recovery. Sebenarnya untuk dapat melakukan root di ponsel ini ada satu cara lagi yang berbeda, namun cara tersebut tidak saya jelaskan disini, karena metode tersebut tidak selamanya dapat berjalan lancar atau berhasil.

Bagikan artikel ini

Anda diperbolehkan untuk menyalin artikel yang ada diblog ini dengan syarat menyertakan link sumber. Jadi blog Anda tidak akan dihapus, deindex, dan adsense Anda juga tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya. Terimakasih banyak atas kerja samanya.