Cara Unlock Bootloader HTC One M9 Secara Lengkap

Untuk dapat memodifikasi ponsel HTC One M9 pasti akan sangat menyenangkan sekali, terutama untuk menginstal Custom Rom, Mod, Kernel, serta instalasi TWRP Recovery. Namun untuk dapat bisa melakukan semua hal tersebut, pertama-tama Anda harus melakukan langkah Unlock Bootloader HTC M9 ini terlebih dahulu. Jika tidak, maka ponsel akan tetap terkunci dan tidak dapat melakukan modifikasi apapun.

Jika Anda berencana ingin memulai langkah flashing custom rom atau berbagai mod pada ponsel, ada satu hal yang wajib dilakukan sebelumnya, dan itu adalah membuka kunci bootloader pada perangkat HTC One M9 milik Anda. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jika ponsel masih dalam terkunci berarti Anda tidak dapat melakukan apa pun.

Baca Juga : Cara Install TWRP Recovery HTC One M9 Terbaru

Untungnya, untuk dapat membuka kunci bootloader HTC One M9 ini prosesnya sangat mudah sekali dan sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka situs resmi khusus dari HTC untuk dapat membuka kunci bootloader tanpa bersusah payah. Sedangkan untuk dapat unlock bootloader pada perangkat lain, biasanya mempunyai beberapa langkah yang cukup rumit.

Maka sebab dari itu, dibawah ini telah saya siapkan beberapa langkah penting untuk Anda yang ingin melakukan Unlock Bootloader HTC One M9 ini. Jika Anda ingin melakukannya, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah saya siapkan dibawah ini.

Unlock Bootloader HTC One M9

Perlu Anda ketahui bahwa setelah melakukan unlock bootloader pada perangkat HTC M9 ini dapat menghilangkan garansi resminya. Jika Anda sudah bersiap akan hal tersebut, maka Anda bisa mengikuti petunjuk mengenai How To Unlock Bootloader HTC One M9 atau biasa yang kita kenal sebagai membuka kunci OEM bootloader.

Setelah berhasil membuka kunci bootloader terhadap perangkat ini, dapat menyebabkan hilangnya semua data-data apa pun yang tersimpan di dalam ponsel. Maka pastikan sebelum Anda memulainya, backup semua data tersebut jika tidak ingin kehilangan. Anda bisa membackupnya melalui SD Card atau simpan di dalam komputer yang Anda gunakan.

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebelumnya kepada kalian semua yang ingin melakukan cara ini. Namun sebelum memulainya ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terlebih dahulu mengenai HTC M9 atau Unlock Bootloader. Tidak ada salahnya kan jika Anda mengetahuinya juga.

Spesifikasi Lengkap Smartphone HTC One M9

Smartphone flagship HTC One M9 ini pertama kali resmi dan diungkap pada sebuah acara yang berlangsung di Barcelona pada Minggu 1 Maret 2015 silam. Ponsel yang mengandalkan kamera untuk selfie Ultrapixel, dengan prosesor Qualcomm octa-core dan berbagai fitur lainnya yang menarik serta terkini.

Untuk para pesaing yang setara dengan Smartphone Android ini tidak boleh dianggap sebelah mata. Lantara bodi metalnya yang kuat telah menjadi ciri khas dari perangkat versi One tetap dipertahankan di ponsel M9 ini. Meski jika dilihat secara sekilas, ponsel satu ini memang hampir mirip dengan pendahulunya yakni M8.

Baca Juga : Cara Root HTC M9 Terbaru di Android 7 (Nougat)

Namun pada HTC One M9 ini telah mengusung spesifikasi yang mumpuni serta hardware yang tidak bisa diremehkan untuk sekelas HTC ini. Selain itu HTC M9 ini memiliki ukuran layar sebesar 5 inci, dan cukup puas untuk Anda yang suka bermain game online pada ponsel Android.

Selain mempunyai layar 5 inci, ponsel ini juga tidak luput dari spesifikasi lainnya. Serta sudah dibekali RAM sebesar 3 GB, dan menggunakan Snapdragon 810. Tidak hanya itu saja kelebihannya, untuk Anda yang suka berfoto ponsel ini sudah dilengkapi dengan kamera utama 20 MP. Dijamin foto yang diambilnya akan memiliki kualitas gambar yang cukup jernih, tidak kalah dengan ponsel-ponsel lainnya.

Pengertian Unlock Bootloader

Unlock Bootloader adalah sebuah posisi ponsel yang sudah tidak terkunci. Dimana setelah Anda melakukan unlock bootloader pada ponsel Android, maka kalian dapat melakukan root atau menginstal custom recovery twrp.

Tanpa melakukan langkah unlock bootloader di Android terlebih dahulu, maka jangan harap dapat berhasil melakukan root, install twrp, custom rom, dan lain sebaginya. Unlock bootloader adalah langkah utama dan syarat utama untuk melakukan semua hal tersebut, tanpa melakukannya terlebih dahulu, maka ponsel akan mengalami kegagalan saat proses root.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulainya

Sebelum Anda memulai masuk ke langkah Cara Unlock Bootloader HTC One M9, pastikan bahwa Anda telah mengikuti semua syarat-syarat yang sudah diberikan dibawah ini. Jika tidak, ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan selama proses tersebut berlangsung.

Baca Juga : Cara Flashing HTC One M9 Via Fastboot RUU Firmware

  1. Pastikan untuk mengisi daya baterai ponsel HTC M9 tersebut sebelum memulainya, setidaknya isi sampai mencapai 50% atau diatasnya. Hal tersebut untuk menghindari jika ponsel mati mendadak selama proses berlangsung.
  2. Install USB Driver di perangkat komputer atau PC yang Anda gunakan. Jika belum maka Anda dapat download USB Driver HTC tersebut dan install di komputer yang akan digunakan untuk proses unlock bootloader ini.
  3. Aktifkan USB Debugging di perangkat Anda, untuk melakukannya bisa mencari melalui menu developer options yang terdapat pada menu pengaturan ponsel.
  4. Download ADB and Fastboot platform-tools di komputer Anda. Karena ini akan membantu Anda untuk membuka kunci bootloader.
  5. Backup semua data yang tersimpan di dalam ponsel, jika Anda tidak ingin kehilangannya.
  6. Buat akun HTC di situs resminya.

Jika Anda sudah mengikuti semua persyaratan tersebut, maka Anda dapat melanjutkan proses unlock bootloader HTC M9 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya siapkan dibawah ini. Pastikan untuk mengikuti semuanya, dan jangan sampai ada yang terlewat satu pun.

Cara Unlock Bootloader HTC One M9 Secara Lengkap

Untuk dapat membuka kunci bootloader atau biasa yang dikenal sebagai unlock bootloader pada HTC M9, Anda dapat mengikuti setiap langkah yang sudah saya berikan dibawah ini. Sebelum memulainya, saya ingin mengingatkan untuk kalian semua bahwa kalian harus mempersiapkan semua syarat-syarat yang sudah diberikan diatas.

Langkah 1:

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun HTCDev, untuk melakukannya Anda dapat mengunjungi situs htcdev.com.

Langkah 2:

Setelah situs tersebut sudah berhasil terbuka, lalu klik Register untuk memulai proses pembuatan akun.

Langkah 3:

Selanjutnya Anda tinggal mengisi semua kolom tersebut sesuai dengan akun HTCDev yang ingin Anda buat, seperti Nama, Email, Username, Password, dan Negara.

Langkah 4:

Jika sudah maka Anda akan diminta untuk memverifikasi akun HTC tersebut, silahkan Anda buka di kotak masuk email yang telah Anda daftarkan tersebut, dan klik link verifikasi yang telah diberikan tersebut.

Langkah 5:

Setelah Anda berhasil memverifikasinya, maka Anda telah berhasil membuat akun HTCDev tersebut.

Langkah 6:

Selanjutnya Anda tinggan Login saja ke situs tersebut dengan menggunakan akun yang tadi telah Anda buat.

Langkah 7:

Setelah berhasil masuk, lalu klik Unlock Bootloader seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 8:

Selanjutnya klik lagi pada Get Started, seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 9:

Selanjutnya pada bagian Supported Devices, silahkan cari dan pilih All Other Supported Models.

Langkah 10:

Jika sudah lalu klik Begin Unlock Bootloader, seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 11:

Jika muncul tampilan layar seperti pada gambar di bawah ini, klik saja Yes untuk memulainya.

Langkah 12:

Maka selanjutnya Anda harus menyetujui perjanjian Legal Terms, silahkan beri tanda ceklis pada semua kolom tersebut, dan jika sudah klik Proceed to Unlock Instructions.

Langkah 13:

Selanjutnya pada bagian Required Resources yang berada disebelah kanan, silahkan Anda download semua file tersebut dan install di komputer yang akan Anda gunakan untuk proses unlock bootloader ini.

Langkah 14:

Jika semua file tersebut sudah berhasil Anda download dan install di PC semua, langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan OEM Unlock yang terdapat di Developer Options.

Untuk dapat melakukannya Anda bisa buka Settings >> About >> Software Information >> More dan tap Build Number sebanyak 7x, maka menu Developer Options akan terbuka. Silahkan Anda buka Developer Options tersebut dan aktifkan OEM Unlock.

Langkah 15:

Langkah selanjutnya adalah dengan membuka folder Platform Tools yang tadi telah berhasil Anda install di komputer, lalu pada folder tersebut klik pada area kosong sambil menekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan dan pilih Open command window here.

Langkah 16:

Maka Anda akan melihat layar command prompt atau CMD, pada layar command prompt tersebut masukan perintah di bawah ini untuk mengecek apakah ponsel sudah berhasil terdeteksi atau belum. Jika tidak terdeteksi, pastikan Anda telah menginstall HTC USB Driver dan USB Debugging sudah diaktifkan.

adb devices

Langkah 17:

Jika ponsel HTC M9 Anda sudah terdeteksi oleh commad prompt tersebut, lalu lepaskan ponsel dari PC dan boot ke dalam Mode Download. Untuk dapat melakukannya Anda bisa matikan terlebih dahulu ponsel tersebut, lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

Langkah 18:

Dalam Mode Download atau Fastboot tersebut, lalu pilih Bootloader dengan menekan tombol Power.

Langkah 19:

Maka ponsel akan masuk ke dalam Mode Fastboot, lalu hubungkan kembali ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Jika sudah lalu buka kembali command prompt seperti cara sebelumnya, lalu ketikan perintah di bawah ini untuk memastikan apakah ponsel sudah terhubung ke PC atau belum.

adb devices

Langkah 20:

Jika sudah terdeteksi, lalu kembali ke halaman situs HTCDev. Selanjutnya klik pada Proceed To Step 5, seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 21:

Jika sudah lalu kembali pada command prompt, dan masukan perintah di bawah ini.

fastboot oem get_identifier_token

Maka selanjutnya command prompt akan berubah menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu copy text yang terdapat pada cmd tersebut, copy dimulai dari <<<<  Identifier Token Start  >>>>  sampai dengan <<<<<  Identifier Token End  >>>>>. Seperti pada contoh gambar di atas.

Langkah 22:

Lalu pastekan text tersebut di kolom My Device Identifier Token: dan klik Submit. Maka Anda akan menerima email yang berisikan file .bin yang akan dibutuhkan untuk membuka kunci bootloader.

Langkah 23:

Sekarang cek pada kotak masuk di email Anda, jika tidak ada cek di bagian spam. Setelah menemukan file .bin tersebut lalu download dan simpan di dalam folder tempat tadi Anda membuka command prompt.

Langkah 24:

Jika sudah, lalu tutup command prompt yang sebelumnya lalu buka kembali dengan cara yang sama di folder .bin tadi berada. Selanjutnya masukan perintah di bawah ini.

fastboot flash unlocktokenbin

Jika Anda melakukannya dengan benar, maka ponsel akan menampilkan pesan apakah Anda ingin membuka kunci bootloader. Gunakan tombol volume atas atau bawah untuk memilih Yes, dan tekan tombol power untuk mengonfirmasikannya.

Maka selanjutnya ponsel HTC M9 Anda akan boot ulang, dan setelah berhasil menyala kembali ponsel sudah berhasil di unlock bootloader.

Langkah 25:

Selesai.

Sampai disini dengan begitu Anda telah berhasil membuat ponsel HTC One M9 Unlock Bootloader dengan menggunakan cara di atas. Jika Anda mengalami kesulitasn apa pun, Anda dapat bertanya melalui komentar di bawah ini.

Harap Perhatiannya

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi postingan dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini. Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran Hak Cipta dari kami yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar