Cara Install TWRP Recovery HTC One M9 Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 25 Maret 2021

Cara Install TWRP Recovery HTC One M9 Terbaru

Para Developer telah berhasil membuat fitur TWRP khusus yang dapat dioperasikan pada perangkat HTC M9 yang berfungsi sebagai TWRP Recovery yang dapat menginstal berbagai mod. Hal tersebut merupakan kabar gembira untuk kalian semua pengguna ponsel HTC, di bawah ini telah saya siapkan beberapa langkah untuk Install TWRP HTC M9 Anda.

Seperti yang diketahui bahwa HTC M9 ini merupakan seri lanjutan dari ponsel HTC One M8 yang telah resmi rilis beberapa tahun lalu. Setelah meluncurnya perangkat ini, pihak HTC memutuskan untuk tidak mengubah ponsel sepenuhnya. Ponsel M9 ini secara desain memiliki tampilan yang sama seperti pada HTC One M8, meliputi layar Full HD dan speaker BoomSound yang menghadap ke depan.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader HTC One M9 Secara Lengkap

Perangkat ini merupakan salah satu ponsel yang cukup hebat yang mengusung Android 7.0, dan membuat segalanya menjadi lebih baik. Akan tetapi jika Anda ingin memanfaatkan ponsel ini secara sepenuhnya, maka Anda harus melakukan root terlebih dahulu pada HTC One M9 ini.

Maka dari itu Anda harus melakukan Install TWRP HTC One M9 ini terlebih dahulu, karena file root yang akan digunakan untuk rooting M9 ini menggunakan metode Recovery TWRP. Dengan kata lain, Anda tidak dapat me-root ponsel tanpa menggunakan Recovery Custom ini.

Install Custom Recovery TWRP Di HTC One M9

How To Install TWRP On HTC M9 atau dalam bahasa Indonesianya menjadi Cara Install TWRP di HTC M9 sebenarnya memiliki dua langkah berbeda untuk dapat menginstal Custom Recovery TWRP. Cara tersebut meliputi akses root atau non-root, namun yang akan saya jelaskan di bawah ini adalah yang non-root.

Jadi dengan kata lain, walaupun ponsel Anda belum di root, tetapi Anda masih bisa memasang TWRP tesebut di perangkat yang belum memiliki akses root. Namun untuk melakukan hal tersebut ada beberapa faktor yang harus dilakukan terlebih dahulu, jika tidak maka proses instalasi TWRP ini tidak dapat berjalan lancar.

Baca Juga : Cara Root HTC M9 Terbaru di Android 7 (Nougat)

Sebelumnya Anda sudah mengetahui mengenai Custom Recovery ini atau belum, jika belum Anda dapat mencari kelebihan dan kekurangannnya di google. Namun intinya adalah untuk memflash file zip mod yang sering dilakukan oleh para pengguna Android. Selain itu dapat juga merestore ulang ponsel ke dalam pengaturan pabrik.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Anda harus melakukan beberapa langkah sebelumnya agar dapat menginstal TWRP ini. Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja langkah tersebut, Anda dapat melihatnya melalui postingan yang telah saya berikan di atas.

  1. Ponsel harus sudah dalam keadaan di Unlock Bootloader, jika belum Anda dapat melihatnya melalui postingan yang sudah saya berikan di atas.
  2. Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50%, untuk menghindari terjadinya mati mendadak selama proses berlangsung.
  3. Download twrp-2.8.7.0-hima.img, jika sudah lalu rename menjadi twrp.img.
  4. Download dan Install Android sdk platform-tools, jika Anda sudah mengikuti proses unlock bootloader, maka Anda sudah menginstall Android sdk ini.

Baca Juga : Cara Flashing HTC One M9 Via Fastboot RUU Firmware

Sampai disini Anda harus mempersiapkan semua langkah-langkah sebelumnya seperti yang sudah saya katakan. Jika Anda sudah melakukan semua hal tersebut, maka Anda dapat melihat caranya di bawah ini untuk dapat Install TWRP HTC One M9.

Cara Install Custom Recovery TWRP di HTC One M9

Pastikan Anda sudah mengetahui apa resiko yang akan dialami setelah berhasil menginstall Recovery TWRP HTC M9 ini. Jika terjadi sesuatu dalam proses berlangsung, kami tidak bertanggung jawab akan hal tersebut. Karena disini kami hanya membuatkan langkah-langkahnya saja, namun jika Anda mengikutinya secara benar maka tidak akan terjadi sesuatu pada ponsel Anda.

  1. Pastikan bahwa ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  2. Pastikan PC yang digunakan sudah di install HTC USB Driver dan Android SDK Platforms Tools.
  3. Download file twrp.img yang dibutuhkan, lalu rename menjadi twrp.img. Jika Anda mengalami kegagalan rename menjadi twrp saja.
  4. Pindahkan file twrp.img tersebut ke dalam folder instalasi Android SDK berada, biasanya terletak di data C.
  5. Selanjutnya boot ponsel Anda ke dalam Mode Download, dengan cara matikan ponsel lalu tekan dan tahan Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  6. Jika sudah, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  7. Selanjutnya buka folder instalasi Android SDK tempat tadi Anda menyimpan file twrp.img, lalu klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan Shift + klik kanan secara bersamaan, lalu pilih Open command window here.
  8. Maka Anda akan melihat layar cmd atau command prompt, selanjutnya masukkan perintah di bawah ini, lalu tekan enter.
    fastboot flash recovery twrp.img
  9. Setelah Anda menekan enter, maka ponsel HTC M9 tersebut akan merestart dan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  10. Selesai.

Note: Jika Anda mengalami kegagalan dalam command prompt tersebut, ponsel Anda tidak akan mengalami masalah apapun.Jadi tenang saja jangan takut atau panik.

Dengan begitu Anda telah berhasil Install TWRP Recovery HTC One M9 dengan sukses. Jika Anda mengikuti cara di atas secara benar, maka Anda akan berhasil melakukannya. Jika Anda mengalami kesulitan apa pun, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.