5 Monster Laut Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 04 Maret 2021

5 Monster Laut Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Beberapa makhluk prasejarah yang paling besar, paling menakutkan, paling luar biasa hidup berjuta-juta tahun yang lalu. Selama 135.000.000 tahun dinosaurus menjadi penguasa di muka bumi tanpa ada yang menganggu dan bisa jadi akan tetap menjadi penguasa di bumi di jaman ini kalau bukan hantaman asteroit di bumi 65.000.000 tahun yang lalu.

Tapi bukan berarti hanya hewan darat yang menjadi terbesar, terkuat, dan paling menyeramkan di jaman itu. Hewan-hewan laut pun tidak kalah besar dan tidak kalah kuatnya.

Berikut daftar Monster Laut Terbesar yang pernah menjelajahi samudera di masa prasejarah yang sudah berhasil kami rangkum untuk Anda. Mungkin dengan sedikit penjelasan dibawah ini dapat menambah ilmu pengetahuan kalian semua.

Monster Laut Terbesar Di Zaman Prasejarah

Jika ditanya hewan apa yang paling besar dilautan, pasti kebanyakan akan menjawabnya Hiu Megalodon. Namun tidak hanya Megalodon saja yang menjadi Monster Laut Terbesar Di Dunia yang tinggal dilautan, faktanya ada juga beberapa jenis lain yang besarnya hampir menyerupai hiu tersebut.

1. Ikan Bertulang Tegak Terbesar

Apa itu ikan bertulang tegak..?? Maksudnya ikan bertulang tegak disini adalah ikan yang mempunyai struktur rangka yang tegak lurus. Misalnya ikan konsumsi, seperti contohnya ikan tuna, tongkol, dan sebagainya.

Nah untuk kelas spesies ini yang paling besar bernama Leedsichthys Problematicus. Ikan ini diperkirakan hidup pada 170.000.000 tahun yang lalu, panjang tubuhnya sendiri mencapai 21 meter dengan berat 50 ton.

Ikan ini juga bisa digolongkan sebagai predator karena memburu ikan-ikan kecil. Banyangkan jika kalau ikan ini masih ada, terus dipakai untuk acara bakar-bakar ikan, pasti tidak akan habis-habis.

2. Mamalia Laut Terbesar

Basilosaurus adalah paus pertama yang muncul dan populasinya hidup dilaut yang sekarang adalah daerah Mesir yang pada masa eosen akhir sekitar 36.000.000 tahun yang lalu. Panjangnya bisa mencapai 20 meter dengan berat sampai dengan 17 ton.

Paus modern memangsa plankton sebagai makanannya, tapi berbeda dengan Basilosaurus. Makanan utama Basilosaurus adalah daging yang membuatnya menjadi predator laut dominan pada masanya.

Makanan Basilosaurus meliputi Dorudon, Mammalodon, Hiu Prasejarah. Tubuhnya yang panjang membuat Paleontologi pada mulanya mengira ini adalah fosil reptilia laut prasejarah.

Baca Juga : Ternyata Terdapat 5 Kisah Dibalik Awal Film Disney Itu Mengerikan

Tubuh mereka yang panjang dan rahang mereka yang mengerikan membuat Basilosaurus terlihat mirip dengan riptilia laut prasejarah yang bernama Mosasaur. Dibandingkan dengan paus, tidak ada paus modern yang berbentuk seperti ini.

Hal lain yang menarik dari Basilosaurus adalah sirip kecil yang terletak pada pangkal ekornya, paus modern tidak memiliki sirip semacam ini lagi. Kemungkinan sirip ini digunakan Basilosaurus untuk saling memegang saat mereka kawin.

3. Reptil Laut Terbesar

Buat kalian yang sudah menonton film Jurasic World yang dirilis pada bulan Juni 2015, Liupreurodon yang pernah tampil sebagai bintang di film ini. Meskipun di film itu tidak murni Liupreurodon, tapi perawakannya terinspirasi dan didasarkan dari perawakan Liupreurodon.

Reptil laut raksasa ini memiliki gigi sepanjang 30 cm dan tengkorak kepala sekitar 5 meter, panjang maksimal tubuh monster ini adalah sekitar 25 meter. Makanan monster ini tentu saja tubuh paus dan berbagai makhluk berdaging banyak lainnya.

Liupreurodon tidak bisa berenang dengan cepat, tapi mereka sangat lincah. Reptil ini juga bisa membuat serangan pendek dan cepat seperti layaknya buaya. Liupreurodon diperkirakan hidup di 140.000.000 tahun yang lalu.

4. Buaya Laut Terbesar

Buaya raksasa ternyata pernah juga menghuni lautan di bumi. Para peneliti belum lama menemukan jejaknya lewat penemuan fosil di gurun Tunisia. Para Paleontologi memprediksi panjang buaya purba yang dinamai Machimosaurus Rex itu mencapai 9,6 meter.

Dengan ukurannya buaya tersebut menjadi buaya laut terbesar pada zamannya. Frederico Fanty dari Bologna University yang memimpin riset menemukan fosil tengkorak dan tulang-tulang lainnya lewat ekspedisi yang didukung National Geographic Society.

Fosil-fosil raksasa itu memang terfragmentasi, namun ilmuan cukup yakin bahwa ukuran buaya purba itu memang raksasa meski pun tidak sebesar buaya diperairan darat yang hidup pada masa yang lebih modern.

Buaya perairan darat terbesar yang pernah ada adalah Sarcosuchus Imperator yang hidup pada 112.000.000 tahun yang lalu dan memiliki panjang 12 meter. Frederico Fanty mengatakan meski Machimosaurus Rex memiliki gigi yang gendut, pendek, dan bulat.

Baca Juga : Orang Kaya Mah Bebas, Bocah SMA Ini Ke Sekolah Bawa Mobil Mewah

Tengkoraknya yang besar membuatnya punya kemampuan menggigit dengan kuat. Dengan karakteristik yang dimiliki monster itu, Frederico Fanty menganggap Machimosaurus Rex memburu apa saja dan tidak menargetkan jenis mangsa tertentu.

Bagi para ilmuan sisi menarik dari penemuan buaya laut purba ini bukan pada ukurannya, buaya laut purba itu menjadi petunjuk dari ada atau tidaknya kepunahan massal pada akhir masa jurasic 145.000.000 tahun yang lalu.

5. Ikan Predator Terbesar

Killer Whale atau Paus Pembunuh jadi predator paling ganas dan terbesar dilautan. Selain itu ada juga hiu putih besar yang dari ukurannya sedikit lebih pendek dari paus pembunuh.

Nah kalau diurut kebelakang, kira-kira siapa yang menjadi penguasa lautan dengan ukuran terbesar. Mungkin kalian sudah mengetahui siapa hewan satu ini. Yaa, hewan satu ini yaitu Carcharodon Megalodon.

Hewan satu ini adalah nenek moyang dari hiu modern yang memiliki panjang tubuh bisa mencapai 20 meter, berat tubuhnya sendiri bisa mencapai 103 ton. Kalau kita bandingkan ukurannya dengan manusia, maka tinggi kita cuma 3/4 dari panjang sirip atasnya saja atau ukurannya lebih besar dari bus transjakarta.

Megalodon sendiri sering dikatakan masih eksis dilautan bumi sampai sekarang ini.

Bayangkan bagaimana jika ada Monster Laut Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup di zaman sekarang. Mungkin hal tersebut akan menjadi petaka bagi para nelayan atau kapal-kapal laut yang melintas dilautan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments